Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Akik

Batu akik tertentu mengandung zat kalsium alami yang terbentuk akibat dari reaksi mineral terhadap kondisi suatu lingkungan . Untuk dijadikan sebagai batu cincin , zat kapur yang terdapat pada batu akik seharusnya dihilangkan karena dapat berakibat buruk pada penampilan batu .

Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Akik

Untuk menghilangkan kapur pada batu akik , anda dapat menggunakan beberapa bahan yang mempunyai sifat melunakkan kandungan Calcium . Salah satu bahan yang bisa anda gunakan adalah asam . Asam sendiri bisa anda dapatkan pada Jeruk Nipis maupun air cuka .

Menghilangkan Kapur Dengan Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan kapur dengan menggunakan Jeruk Nipis , anda dapat menyediakan sebuah mangkuk yang berisi air secukupnya , kemudian masukkan Jeruk Nipis yang sudah dipotong-potong kedalam air tersebut . Rendam batu akik selama satu harian , untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat menutupnya .

Selain itu juga , anda dapat melakukkan penggosokkan menggunakan Jeruk Nipis untuk mendapatkan warna batu akik yang kuat . Disaat asam bertemu dengan zat kapur , biasanya akan muncul sebuah reaksi gas . Namun , jika batu akik anda tidak memiliki reaksi apapun , bisa dipastikan bahwa kandungan kapur pada batu akik sudah tidak ada lagi . Cara tersebut bisa anda terapkan untuk mengetahui kandungan kapur pada batu akik .

Menghilangkan Kapur Dengan Air Cuka

Cuka sendiri memiliki rumus C2H4O2 . Rumus ini juga sering kali ditulis dalam bentuk CH3-COOH, CH3COOH, atau CH3CO2H . Para gemslover di dunia , sering memakai cairan ini untuk mereduksi jumlah kapur yang ada pada batu . Untuk menerapkannya , anda dapat menyediakan sebuah kain .

Kain tersebut dapat anda basahi dengan air cuka . Dan setelah kain benar-benar terbasahi dengan ai cuka , bungkus batu akik didalam kain tersebut . Setelah menunggu kurang lebih 5 jam , anda dapat membersihkan batu akik dengan menggunakan air panas .

Tips ini dapat diterapkan untuk melunturkan kandungan kapur pada batu akik . Namun jangan terlalu dipaksakan apabila kapur juga belum terangkat . Cara terakhir yang bisa anda terapkan adalah merendam batu dengan cairan kimia khusus untuk menghilangkan kapur pada batu .

Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Akik | Siopung | 4.5