Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Gosok

Berbagai macam teknik mengkilapkan batu akik dikembangkan oleh para pengerajin . Mulai dari menggunakan amplas , serbuk intan , bambu , bahkan sampai menggunakan abu gosok ( sekam padi ) . Teknik yang sangat tradisional tetapi cukup ampuh untuk membuat batu akik mengkilap .

Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Gosok

Kunci utama mengkilapkan batu akik adalah bagimana anda dapat membuat permukaannya menjadi halus , sehinggga pori-pori yang terdapat pada lapisan batu menjadi menutup dikarenakan adanya goskkan dari benda tertentu .
Untuk mengkilapkan batu akik dengan abu gosok ( sekam padi ) , anda hanya memerlukan peralatan pembantu lainnya , seperti sendal bekas atau kulit dan juga bisa menggunakan kain Jeans .

Berikut beberapa tips yang dapat anda terapkan dalam menggosok batu akik dengan abu gosok .

Mempersiapkan Abu Gosok ( Sekam Padi )

Anda dapat membeli satu plastik abu gosok seharga 500 rupiah . Sangat murah , dan biasanya abu gosok sering digunakan untuk membersihkan kuali atau peralatan dapur lainnya . Selain menggunakan abu sekam padi , anda juga dapat menggunakan abu sisa pembakaran kayu .

Mempersiapkan Alas Menggosok

Untuk alas menggosoknya , anda dapat menggunakan kain Jeans , kulit , atau juga sendal karet bekas . Yang kami rekomendasikan kepada anda , karena terbukti paling ampuh adalah kain jeans bekas . Tekstur kain Jeans , memungkin proses pengkilapan berjalan lebih cepat .

Menaburkan Abu Gosok Pada Alas

Anda dapat menaburkan secara merata abu gosok pada alas seperti kain jeans . Taburkan secukupnya , sampai permukaan alas benar-benar tertutup semuanya . Sebelum menaburkan abu gosok , anda juga dapat menggunakan minyak penggorengan sebagai bahan tambahan untuk memudahkan penggosokkan .

Menggosok Batu Akik

Saatnya memulai penggosokkan . Gunakan gerakkan searah dalam menggosok batu , untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal . Anda juga dapat menggunakan sumpit yang dikasih lem setan ( super ) sebagai alat untuk menempelkan batu akik . Sehingga lebih memudahkan anda dalam menggosok tiap-tiap sisi dari batu tersebut .
Namun , untuk jenis batu tertentu memang abu gosok belum dapat secara maksimal mengkilapkannya . Untuk berjaga-jaga , anda bisa menyiapkan amplas ukuran 5000 ,untuk hasil yang lebih maksimal . Atau juga dapat menggunakan amplas grit 7000 .

Dalam menggosok ,selalu perhatikan suhu batu . Untuk tetap mengontrol suhu batu agar tidak terlalu panas , anda dapat menambahkan minyak seperti yang dijelaskan sebelumnya . Selain minyak , anda juga dapat menggunakan air .
Jika batu akik terlalu panas , akan dapat mengakibatkan warna batu menjadi berubah , terjadi retakkan ( track ) atau jalan air , bahkan untuk hal yang terburuk adalah pecah .

Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Gosok | Siopung | 4.5