Cara Mengkilapkan Batu Giok Dengan Cepat dan Mudah

Batu giok adalah mineral silika yang merupakan turunan dari batuan metamorf . Tipikal batu giok sangat sulit mengkilap dikarenakan perpaduan warna hijau dan putih yang membuat gradiasi warnanya terlihat kusam . Untuk mengkilapkan batu giok , dibutuhkan kesabaran dan teknik tambahaan daripada batuan biasanya . Kali ini kami akan membeberkan kepada rahasia cepat untuk mengkilapkannya dengan menggunakan metode tradisional dan tips perawatannya .

Mengkilapkan Batu Giok

Batu Giok Nephrite Aceh Via Google.co.id

Mengkilapkan Batu Giok

Beberapa metode tradisional yang banyak digunakan untuk mengkilapkan batu akik masih dianggap belum cukup dalam proses pengkilapan yang sempurna . Oleh karena itu , inovasi-inovasi baru dari para pengrajin batu dianggap penting untuk dapat menemukan metode yang tepat dalam mengkilapkan batu giok . Ada beberapa metode lama yang sebenarnya masih bisa digunakan untuk mengkilapkan batuan yang berwarna hijau ini . Diantaranya adalah menggunakan bambu ,  daun pisang , dan menggunakan kertas pasir atau Amplas Grid tinggi .

Beberapa pengrajin sering menggunakan tambahan bahan alami seperti jeruk nipis , abu sekam padi , dan bahan-bahan lainnya dalam proses pengkilapan . Hal ini tentu sangat baik untuk mempercepat prosesnya . Namun perlu anda ketahui bahwa warna dari batu giok akan terlihat kusam apabila anda mencampurnya dengan larutan asam seperti jeruk nipi . Hal ini disebabkan adanya reaksi pertemuan antara asam dengan beberapa kandungan mineral yang terdapat pada batu giok .

Untuk mengkilapkan batu giok dengan cepat , adakalanya anda mempersiapkan beberapa bahan-bahan dibawah ini .

  1. Kertas Pasir/Amplas Grid 1500 , 5000 , dan 8000 .
  2. Minyak \goreng/ Abu Padi / atau Bedak ( Sebagai rekomendasi bahan tambahan ).
  3. Daun pisang kering yang mendapatkan suhu hangat untuk mengeluarkan minyak alaminya .

Yang harus anda lakukan adalah memastikan tekstur penggosokkan dalam keadaan sempurna . Anda bisa memulainya dengan menggosokkan batu dengan Amplas Grid 1500 . Perhatikan area-area yang menurut anda belum memiliki bentuk sempurna . Setelah bagian ini selesai , anda mendapatkan tektur lapisan batu masih kasar dan belum mengkilap . Kini anda bisa menggunakan amplas Grid 5000 dalam tahap fhinshingnya .

Campurkan bahan-bahan yang kami rekomendasikan untuk anda . Diantaranya minyak goreng/abu padi / atau bedak , dan anda dapat memilih salah satunya . Jika anda menggunakan bedak , taburkan bedak di permukaan amplas Grid 5000 . Hal ini untuk memudahkan proses penggosokkan untuk mendapatkan tekstur batu yang mengkilap . Jika anda menggunakan minyak goreng , anda dapat mengolesinya pada permukaan batu yang akan digosok .

Simak juga : Batu Giok Aceh Termahal Berdasarkan Pasaran Harga

Umumnya , setelah anda melewati bagian ini , batu giok akan terlihat mengkilap dengan baik . Namun , untuk tetap memastikan batu memiliki kekilauan yang sempurna , anda dapat menggosoknya dengan menggunakan Amplas Grid 8000 . Kini batu giok anda sudah terlihat mengkilap dan indah . Metode ini bisa anda terapkan pada batu giok aceh , sojol , dan jenis lainnya yang ada di Indonesia . Demikian artikel tentang tips mengkilapkan batu giok , selamat mencoba .

Cara Mengkilapkan Batu Giok Dengan Cepat dan Mudah | Siopung | 4.5