Cara Merawat Batu Akik Pandan Segala Jenis

Merawat batu akik pandan memang gampang-gampang susah . Di satu sisi , anda akan menemukan jenis yang memiliki kekerasan mencapai 7 Skala Mohs dan disisi lainnya , anda akan menemukan jenis yang berada dibawah 5.5 Skala Mohs . Kekerasan tersebut sangat rentan untuk membuat batu menjadi retak . Selain itu , batu pandan memiliki perubahaan warna yang diakibatkan oleh radiasi bebas dan seiring pemakaian .

Cara Merawat Batu Akik Pandan

Gambar Batu Akik Pandan Via Google.co.id

Merawat Batu Akik Pandan

Batu pandan berasal dari beberapa daerah di Indonesia . Seperti Aceh , Bengkulu , Palembang , Sumatera Utara , Lampung , Bogor , Banten , Sukabumi dan Garut ( Jawa Barat ) , Jakarta dan beberapa daerah lainnya yang ada di Indonesia . Batu pandan sangat populer dikalangan orang betawi , yang mana batu akik dengan berbagai macam varian warna tersebut sudah menjadi ciri khas bagi pria-pria betawi dahulu .

Banyak beredar metode perawatan batu pandan yang tersebar di berbagai artikel internet . Namun , anda harus berhati-hati , bahwa setiap treatment memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing . Untuk itu , anda harus mengetahui karakteristik batuan yang anda miliki sebelum memustuskan treatment mana yang akan anda terapkan . Berikut beberapa treatment yang aman untuk batu pandan.

Air Cuka – Larutan air cuka dapat memperkikis selaput kotoran yang ada pada lapisan batu akik anda . Namun , untuk menggunakan metode yang satu ini , anda harus berhati-hati dan jangan membiarkannya terendam terlalu lama . Pastikan bahwa cuka tercampur dengan air panas . Perbandingannya banyak cuka yang dimasukkan adalah sekitar 2/10 dengan air panas .

Rendam beberapa saat batu pandan , kemudian gosok menggunakan serbet atau kain jeans yang ada dirumah anda. Hasil yang anda dapatkan setelah menggunakan treatment ini adalah warna dari batu akan kembali menjadi cerah . Dan kotoran yang berada pada pori-pori batu akan hilang , sehingga tampilan batu akan kembali sedia kala seperti pertama kali anda mendapatknya. Bahkan , air cuka sangat ampuh untuk menghilangkan kapur yang melekat pada batu pandan milik anda .

Waxing – Ini adalah metode memberikan minyak diatas lapisan atas batu pandan . Hal ini sebenarnya trik untuk menyamarkan crack dan membuat batu terlihat lebih mengkilap dan menghindari warna yang kusam . Namun trik ini hanya bersifat sementara . Namun sangat ampuh untuk digunakan beberapa saat sebelum anda memakai batu keluar rumah .

Heating – Metode ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk jenis batuan yang sudah mengkristal . Jenis yang mengkristal dapat dilihat dengan cara menyorotkan cahaya pada bagian batu . Jika terlihat mengkristal , maka metode ini sangat tidak dianjurkan . Anda dapat menggunakan alat elektronik penghangat untuk memberikan perawatan pada batu pandan .Perawatan yang diperlukan agar batu sampai mengkristal dengan baik bisa memakan waktu berminggu-minggu .

Simak juga: Batu Akik Pandan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Pastikan anda selalu memberikan suhu hangat terhadap batu , untuk mengubah struktur mineral yang ada didalamnya .

Cara Merawat Batu Akik Pandan Segala Jenis | Siopung | 4.5