Cara Merawat Batu Akik Tapak Jalak Dengan Mudah

Treatment batu akik kini telah banyak berkembang melalui beberapa inovasi yang dikeluarkan oleh para gemslover . Diantar inovasi tersebut , cenderung menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan dirumah . Salah satunya adalah untuk perawatan batu akik tapak jalak . Batuan ini merupakan jenis golongan Chalcedony dengan berbagai varian warna dan memiliki kekerasan sekitar 5.5 Skala Mohs. Asal usul batuan ini dinamakan demikian , dikarenakan memiliki motif unik yang menyerupai tapak burung jalak . Berikut ulasan lengkap tentang tips merawat batu akik tapak jalak yang kami rangkum khusus untuk anda .

Cara Merawat Batu Akik Tapak Jalak

Gambar Batu Akik Tapak Jalak Via Bukalapak.com

Tips Sederhana Merawat Batu Akik Tapak Jalak

Para gemslover memandang berbeda jenis batu akik jalak yang berkualitas . Sebagian berpendapat bahwa motif atau corak menjadi yang paling utama bila dibandingkan dengan kekristalan atau warnanya . Karena jenis batuan yang satu ini masuk kedalam kategori unik dan langka . Oleh sebab itu , tidak sedikit diantara gemslover mengabaikan perawatan tambahan untuk jenis batuan tersebut . Namun jika anda belum mendapatkan model batu dalam tampilan terbaik , maka beberapa perawatan sederhana dibawah ini bisa anda coba dirumah .

Merawat Batu Tapak Jalak Yang Retak РJika anda mendapati permasalahaan demikian , maka anda tidak perlu khawatir . Anda dapat mencoba treatment dengan menggunakan metode waxing ( meminyaki batu ) yang sudah sejak lama dikenal sebagai perawatan untuk menyamarkan retakan pada batu mulia . Walaupun tidak menunjukkan proses perbaikan pada struktur batu , namun hal ini sudah cukup untuk membuat batu tapak jalak terlihat normal tanpa adanya retakan .

Merawat Batu Akik Tapak Jalak Agar Tembus Cahaya ( kristal ) – Dominan tapak jalak ditemukan dari jenis batuan Chalcedony dan cenderung tembus cahaya . Namun faktanya dilapangan bahwa ada beberapa jenis yang ditemukan memiliki motif sejenis dan sama sekali tidak tembus cahaya . Contohnya saja batuan yang berasal dari jenis Septarian Nodules atau lebih dikenal dengan istilah batu akik sisik naga .

Untuk membuatnya menjadi tembus cahaya , tentu sangatlah tidak mudah . Anda membutuhkan proses pemanasan ( Heat Treatment ) untuk dapat mengubah susunan mineral yang ada didalamnya . Namun hal ini sangat beresiko untuk merusak motif dari batu kesayangan anda . Para gemslover lebih menyukai treatment menggunakan air biasa atau perendaman . Hal ini dimaksudkan untuk melarutkan beberapa senyawa mineral yang ada didalam batu , sehingga cahaya yang masuk tidak terhalang .

Baca juga : Cara Merawat Batu Akik Dengan Memanfaatkan Suhu Panas

Demikian artikel tentang cara merawat batu akik tapak jalak dengan metode sederhana . Untuk tetap menjaga kekilauannya , anda dapat menggosoknya setiap hari menggunakan kain jeans yang dicampur dengan serbuk intan .

Cara Merawat Batu Akik Tapak Jalak Dengan Mudah | Siopung | 4.5