Cara Merawat Batu Belimbing Aceh

Batu belimbing juga dipercaya masuk kedalam kategori Idocrase yang memiliki ciri-ciri berwarna kuning kehijau-hijauan . Salah satu kelebihan dari jenis batu ini adalah warna hijau yang berpadu dengan kuning , membuat batu terlihat Indah . Namun , salah satu kelemahan dari batu belimbing adalah memiliki kepadatan dan kekerasan yang sangat rendah , sehingga sangat rentan terjadi retakan .

Cara Merawat Batu Belimbing Aceh

Batu Belimbing Aceh Super

Untuk merawat batu belimbing , anda dianjurkan untuk tidak melakukan teknik perendaman dengan menggunakan air kelapa . Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan batu menjadi berlubang atau bolong . Pada saat ini banyak batu belimbing yang belum cukup usia namun sudah ditambang dan dijadikan batu akik . Padahal , prosesnya di alam belum sepenuhnya sempurna .

Mengolesi Minyak Kayu Putih/Minyak Jaitun

Anda dapat mengolesi batu belimbing dengan minyak kayu putih . Minyak kayu putih dianggap mampu meresap kedalam batu dan dapat menambah kekerasan . Selain itu juga , minyak kayu putih mampu melunturkan kapur sisa penggosokkan yang tidak terikut .

Menggunakan Air Sabun Saat Membersihkan

Anda dianjurkan untuk menggunakan air sabun dan dibantu oleh penyikat gigi , untuk merawat dan membersihkan bagain-bagian batu yang tersembunyi oleh cangkang . Selain itu juga , anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk membantu membersihkan batu belimbing .

Menggosok Batu Dengan Daun Pisang

Jika anda ingin agar batu belimbing aceh terlihat selalu mengkilap  , maka anda dapat menggosoknya dengan menggunakan daun pisang atau juga bisa kertas pasir ( Amplas ) ukuran girt 5000 dan grit 7000 jika ada . Saat menggosok , usahakan penggosokkan berada di dalam air . Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko batu yang terlalu panas sehingga dapat menyebabkan retakkan .

Tips bagi anda yang memiliki batu belimbing , usahakan anda memiliki kotak penyimpanan tersendiri untuk batu tersebut . Jangan campurkan satu kantung dengan jenis batu lainnya , karena batu ini sangat sensitif terhadap benda-benda yang keras .

Baca juga : Mengetahui Ciri-Ciri Batu Belimbing Aceh Super

Saat batu belimbing tergores atau retak , anda dapat mensiasatinya dengan memakai minyak jaitun . Oleskan minyak pada permukaan batu yang retak setiap hari . Minyak dapat menutupi keretakkan walupun tidak secara permanen .

Cara Merawat Batu Belimbing Aceh | Siopung | 4.5