Cara Merawat Batu Bulu Macan Agar Cepat Jadi

Batu bulu macan adalah jenis fosil kayu yang memiliki karakteristik unik dibandingkan varian batu akik lainnya . Disaat yang lain mengandalkan kekristalan dan kejernihan , gemslover pecinta batu bulu macan lebih memilih untuk mengincar jenis yang memiliki motif real dari hewan macan . Bagi mereka , motif bulu macan yang terdapat pada sebuah batu akik , merupakan karya cipta alam yang sangat luar biasa . Namun nyatanya , tidak semua batu bulu macan memiliki penampilan yang baik . Berikut kami akan membeberkan beberapa tips sederhana untuk merawat batu bulu macan agar semakin indah dan berkilau .

Merawat Batu Bulu Macan Serat Emas

Gambar Batu Akik Bulu Macan Serat Emas Via Google.co.id

Berbagai Perawatan Batu Bulu Macan

Sebelumnya kami telah menuliskan artikel ( Baca juga : Batu Akik Bulu Macan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat ) , kini saatnya kami akan membeberkan beberapa metode yang biasa digunakan oleh gemslover untuk merawat batu bulu macan . Untuk merawat batu bulu macan , anda dapat menggosok batu dengan menggunakan kain jeans setiap hari dan juga dapat mengolesi dengan minyak . Mengolesi batu akik dengan minyak ( Waxing ) , dapat memberikan tekstur warna yang kuat pada batu bulu macan ( cepat tua )

Treatment Batu Akik Bulu Macan Dengan Metode Heat Treatment

Di Indonesia , metode ini lebih dikenal dengan istilah pengasapan ( Smoke Proccess ) dan Pemanggangan . Dimana sebuah batu akik diletakkan disebuah tempat yang memiliki suhu tinggi , untuk mengubah ataupun memperbaiki senyawa mineral yang terdapat pada batu akik tersebut . Batu bulu macan kita ketahui merupakan jenis dari turunan organik , dimana batu tersebut dahulunya merupakan Kayu yang telah memfosil , dimana kandungan organik pembentuknya telah digantikan oleh mineral-mineral tertentu .

Metode heat treatment adalah proses lanjutan yang terjadi di bumi ketika batu pertama kali terbentuk . Untuk dapat menerapkan metode ini , anda dapat menggunakan tungku pembakaran , dimana batu dibungkus dengan aluminium foil dan diletakkan sekitar 30 Cm dari kayu pembakaran . Alangkah lebih baik jika kayu pembakaran telah menjadi bara api . Heat treatment adalah proses yang ditemukan secara tidak sengaja oleh orang jaman dulu , dimana mereka mempercayai hal-hal yang berbau takhayul , dengan memanggang atau membakar batu permata untuk menurunkan hujan . Tanpa disadari , batu permata milik mereka berubah menjadi lebih berkilau dan indah .

Cara Merawat Batu Bulu Macan Dengan Teknik Perendaman

Merawat batu akik dengan metode perendaman adalah treatment paling populer dikalangan gemslover indonesia . Hingga sampai saat ini , belum ada penjelasan ilmiah terkait manfaat air hujan terhadap batuan mineral . Namun berdasarkan uji coba dan pengakuan banyak gemslover , metode ini pantas anda coba dirumah .

Perendaman menggunakan air hujan dapat dilakukan sekitar seminggu . Hal ini akan membuat tekstur lapisan pada batu bulu macan milik anda akan semakin lembut , dan warna-nya juga akan semakin kuat . Selain menggunakan air hujan , anda juga dapat menggunakan air kelapa. Untuk merendam batu bulu macan dengan menggunakan air kelapa , anda dapat mencampurnya dengan jeruk nipis .

Simak juga : Cara Membuat Batu Akik Cepat Tua Dengan Air Kelapa

Metode perendaman adalah salah satu teknik yang paling aman dan bisa anda terapkan dirumah dengan mudah . Berbagai cairan kini mulai dikembangkan . Mungkin anda pernah melihat cairan yang digunakan untuk merawat batu akik . Beberapa cairan yang beredar di pasaran , merupakan cairan yang terbuat dari bahan kimia . Anda tentu harus berhati-hati , karena setiap batu akik memiliki kandungan mineral yang berbeda-beda , dan mineral pada batu akik anda belum tentu cocok dengan bahan kimia dari cairan tersebut .

 

Cara Merawat Batu Bulu Macan Agar Cepat Jadi | Siopung | 4.5