Cara Merawat Batu Fosil Kayu Dengan Metode Sederhana

Batu fosil kayu adalah jenis batuan turunan organik yang telah berubah menjadi bebatuan mineral . Jenis ini dianggap unik , karena memberikan gambaran kepada kita bagaimana bentuk sebuah kayu yang telah mati dan menjadi batu . Dahulu , batu fosil kayu dipakai untuk perhiasan rumah . Namun seiring perkembangan jaman , batuan fosil kayu telah dijadikan perhiasan bagi manusia . Baik berupa cincin , kalung , gelang , dan lain-lain . Terkait batuan fosil kayu , kami akan membeberkan beberapa treatment sederhana untuk merawat batu fosil kayu dirumah .

Cara Merawat Batu Fosil Kayu Cocok Untuk Anak Muda

Gambar Batu Fosil Kayu Via Google.co.id

Merawat Batu Fosil Kayu

Adapun beberapa tujuan gemslover untuk merawat batu fosil kayu adalah menjaga dan mengubah . Menjaga adalah perawatan yang dilakukan untuk melindungi keindahaan dari sebuah fosil kayu , agar tetap terlihat indah dan tidak berubah . Mengubah adalah perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan keindahaan baru , dengan mengubah warna dan inklusi pada batu tersebut .

Mengubah dan Menjaga Keindahaan Batu Fosil Kayu

Untuk menjaga keindahaan dari batu fosil kayu , maka anda dapat menggunakan minyak alami . Minyak alami bertujuan untuk dapat membuat lapisan pada permukaan batu terlihat berkilau . Selain itu , minyak juga berfungsi untuk tetap menjaga keindahaan dari warna batu fosil kayu milik anda . Dalam dunia gemstone , Minyak sering digunakan untuk menghilangkan hairline atau garis cacat seperti retakkan halus pada batu .

Anda dapat menyediakan minyak dari tumbuhan , seperti kayu putih , minyak goreng , minyak zaitun , dan lain-lain . Untuk perawatannya , ada dua cara yang dapat anda terapkan . Yang pertama adalah merendam dan kedua mengolesi . Ada baiknya jika batu fosil kayu hanya diolesi dengan minyak saja , ketika sedang ingin dipakai . Namun bagi anda yang ingin mendapatkan hasil yang lebih baik , anda juga bisa merendam batu tersebut . Treatment ini juga sangat cocok untuk fosil kayu bulu macan .

Simak juga : Batu Akik Bulu Macan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Selain menggunakan minyak , anda juga dapat menggunakan cairan khusus . Saat ini sudah banyak dijual cairan khusus untuk perawatan fosil kayu agar lebih terlihat glass atau mengkristal . Namun bagi anda yang ingin menggunakan bahan sederhana , anda dapat menggunakan air hujan untuk ini . Adapun tips yang bisa anda terapkan sebelum merendam batu akik fosil kayu dengan air hujan adalah membuat tekstur lapisannya menjadi kasar .

Untuk membuat tekstur lapisan fosil kayu menjadi kasar dan tidak mengkilap , anda dapat menggunakan kertas pasir atau amplas ukuran Grit 1000 . Hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori pada lapisan batu akik tersebut . Setelah anda mendapatkan struktur lapisan pada batu menjadi kasar , anda dapat merendam batu fosil kayu dengan air hujan selama kurang lebih 1 minggu .

Batu fosil kayu memiliki kekerasan dan kepadatan yang berbeda-beda . Untuk itu , anda harus rajin melakukan uji coba terhadap jenis batu fosil kayu anda . Saat ini Fosil kayu adalah salah satu jenis batu akik yang paling banyak diincar oleh gemslover di Indonesia . Selain memiliki keindahaan yang unik , gemslover percaya jika batu fosil kayu dapat memberikan khasiat berupa ketenangan pada hati .

Simak juga : Batu Akik Fosil Kayu Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Demikian beberapa perawatan sederhana yang dapat anda terapakan dirumah nanti . Sebenarnya ada banyak sekali metode perawatan untuk Fosil Kayu , seperti heat treatment . Heat Treatment adalah sebuah metode perawatan batu mulia dengan memanfaatkan suhu panas .

Cara Merawat Batu Fosil Kayu Dengan Metode Sederhana | Siopung | 4.5