Cara Merawat Batu Kecubung Api

Batu kecubung api adalah jenis mineral kuarsa , zat Chalcedony dan juga mengandung beberapa senyawa pembentuk lainnya . Senyawa tersebut telah mengalami proses oksidasi yang cukup lama , sehingga membentuk biasan warna hitam pekat . Kandungan senyawa tersebut diantaranya adalah besi oksida , silikon dioksida , dan lain-lain . Selain itu , anda juga dapat melihat senyawa lainnya yang telah mengalami proses metamorfosis , sehingga membentuk biasan warna coklat dan merah . Anda dapat melihatnya dengan cara diterawang menggunakan senter .

Cara Merawat Batu Kecubung Api

Gambar Batu Kecubung Api via Google.co.id

Metode dan Teknik Merawat Batu Kecubung Api

Pada umumnya , jenis batu kecubung api memiliki tingkat kekristalan yang cukup baik . Sama halnya dengan jenis batuan mineral kuarsa ( Quartz ) lainnya yang juga memiliki daya tahan terhadap goresan kecil . Karena batu ini memiliki struktur kristal heksagonal , sehingga bisa dipastikan bahwa kekerasannya berkisar antara 6 – 7 Skala Mohs .

Untuk merawat batu kecubung api , anda tidak memerlukan metode khusus . Jika batu hendak dibersihkan , anda dapat menggunakan air biasa yang sudah dicampur dengan sabun atau deterjen . Tidak ada resiko dalam metode tersebut , karena kandungan sabun dan deterjen sama sekali tidak merusak batu .

Namun untuk kecubung api , anda tidak boleh menggunakan odol ( pasta gigi ) dalam membersihkannya . Dikhawatirkan bahwa warna hitam pada batu akan menjadi berubah kusam atau pucat kecoklatan . Sehingga mengurangi ciri khas dan keindahaan dari batu tersebut yang memiliki warna hitam pekat .

Untuk membuat penampilannya selalu terlihat bagus , anda dapat menambahkan teknik metode lainnya yaitu dengan menggunakan minyak . Untuk batu ini , kami tidak mengajurkan anda menggunakan minyak jaitun . Karena minyak jaitun memiliki sifat anti-oksidan yang sangat tinggi . Dan dikhawatirkan dapat mengubah warna pada batu .

Minyak yang kami anjurkan untuk dipakai adalah minyak goreng biasa . Karena bahan ini sendiri sangat mudah untuk didapatkan . Anda dapat mengolesinya dan menggosoknya menggunakan kain Jeans . Ini adalah bentuk dari upaya anda untuk membuat batu kecubung api terlihat lebih mengkilap .

Baca juga: Cara Merawat Batu Belimbing Aceh

Sering-seringlah merawat batu kecubung api menggunakan minyak goreng . Karena metode tersebut akan membuat batu anda memiliki warna hitam yang lebih pekat dan juga kinclong .

Cara Merawat Batu Kecubung Api | Siopung | 4.5