Cara Merawat Batu Panca Warna Garut

Batu panca warna garut memiliki kekerasan antara 5.5 – 6 Skala Mohs . Tidak menutup kemungkinan adanya spesies Panca Warna lainnya yang memiliki kekerasan dibawah angka tersebut . Oleh sebab itu , anda harus berhati-hati dan teliti dalam memilih bahan dari bongkahan Panca Warna tersebut . Adapun tekstur yang bisa anda lihat untuk menentukan kualitas terbaik adalah tidak ditemukannya kecacatan seperti lubang atau sisi yang keropos .

Cara Merawat Batu Panca Warna Garut

Gambar Batu Panca Warna Garut via Google.co.id

Merawat batu panca warna tentu sangat mudah . Anda hanya memerlukan beberapa bahan tradisional dan ringan . Kami menganjurkan untuk anda agar tidak menggunakan bahan kimia . Beberapa jenis bahan kimia yang beredar di pasaran , dapat menyebabkan warna dari batu tersebut menghilang . Dan tentunya ini dapat mengurangi keindahan dari batu panca warna milik anda .

Cara Membersihkan Batu Panca Warna Garut

Untuk membersihkan batu panca warna , anda dapat menggunakan air sabun dan juga jeruk nipis . Untuk penggunaan jeruk nipis , kami menganjurkan untuk tidak memakainya secara berlebihan . Karena dapat mengakibatkan komposisi kandungan kalsium yang ada didalam batu semakin berkurang . Apalagi untuk jenis batu panca warna garut edong .

Padahal , mineral kalsium yang ada didalam batu panca warna , membentuk warna yang menambah keindahaan dari batu tersebut . Ciri khas dari batu panca warna terletak dari banyaknya warna yang terlihat . Saat warna tersebut menghilang , tentunya dapat mengurangi keindahaan dari batu .

Selain menggunakan Jeruk Nipis dan air sabun , anda juga dapat menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat . Metode ini sendiri digunakan untuk tetap menjaga warna dan anda juga dapat menerapkan metode ini pada jenis batu lainnya . Kain yang sudah dibasahi dengan air hangat , anda gosokkan secara perlahaan secara searah pada area permukaan batu . Selain dapat membuat batu menjadi lebih bersih , anda juga dapat membuat batu tetap terjaga kekerasan dan kepadatannya .

Untuk penggunaan minyak , anda dapat mengolesi batu dengan minyak goreng yang baru . Minyak goreng dapat membuat penampilan batu menjadi lebih indah . Tetapi jangan menggunakan minyak jelantah , karena minyak jelantah mengandung senyawa karsinogen yang sifatnya merusak dan dapat mengendap didalam batu .

Cara Mengkilapkan Batu Panca Warna Garut

Untuk mengkilapkan batu panca warna garut , anda dapat menggunakan Amplas ukuran 5000 . Gunakan terlebih dahulu ukuran 2000 , untuk menghaluskan dan memperbaiki bagian-bagian yang kurang baik . Setelah anda memastikan permukaan batu sudah halus saat diraba dengan jemari , maka selanjutnya anda dapat menggunakan ukuran yang 5000 . Proses ini harus dikerjakan secara bertahap , untuk mendapatkan hasil yang maksimal .

Sebagian dari spesies Panca Warna Garut , memiliki bentuk kristal yang hanya bisa dilihat dari mikroskop . Jika bentuk kristalnya seperti itu , maka anda tidak bisa melihat batu dalam keadaan tembus cahaya saat disenter . Selain bentuk kristal yang tidak dominan , senyawa logam pengotor yang tertanam di dalam batu , juga menyebabkan cahaya terhalang alias tidak tembus .

Bagaimana membuat batu panca warna tembus cahaya ? . Sampai saat ini masih belum ada metode akurat untuk membuat batu tersebut tembus cahaya . Namun berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari banyaknya para gemslover , teknik perendaman sangat membantu proses batu lebih cepat tembus . Salah satu cairan yang digunakan untuk merawat batu akik adalah air hujan .

Cara kerja air hujan sendiri adalah melunakkan senyawa logam yang ada didalam batu , dan juga merangsang senyawa untuk keluar melalui pori-pori pada lapisannya . Saat senyawa pengotor berhasil dikeluarkan , maka batu pancawarna anda akan menjadi tembus cahaya .

Untuk jenis panca warna , perendaman dengan air kelapa sangat tidak direkomendasikan . Karena dapat menyebabkan batu menjadi bolong , atau pori-pori menjadi melebar . Saat pori-pori batu menjadi melebar , dikhawatirkan akan mengkibatkan batu menjadi lebih rapuh . Faktor utama air kelapa tidak direkomendasikan adalah tidak menentunya kekerasan dan kepadatan dari Batu Panca Warna .

Cara Merawat Batu Panca Warna Garut | Siopung | 4.5