Cara Merawat Batu Red Raflesia Bengkulu Agar Lebih Merah

Raflesia Bengkulu adalah varian batu akik berwarna merah dengan kandungan Chalcedony . Namun nyatanya , anda akan sulit untuk menemukan jenis red raflesia dengan warna merah super . Hal ini sangat wajar , dikarenakan varian Chalcedony memiliki warna yang bermacam-macam di alam . Diantaranya adalah jenis raflesia putih dan cempaka madu . Raflesia putih ( White Chalcedony ) memiliki kandungan dan komposisi yang sama dengan red raflesia ,  hanya warna saja yang berbeda .

Cara Merawat Red Raflesia Bengkulu

Gambar Beberapa Varian Red Raflesia Bengkulu Via Google.co.id

Treatment: Merawat Batu Red Raflesia

Untuk dapat mengubah batu raflesia miliki kita agar menjadi lebih merah , ada beberapa perawatan umum yang bisa anda terapkan dirumah . Beberapa metode ini mungkin sudah pernah anda dengar sebelumnya , namun sampai saat ini metode tersebut masih digunakan untuk perawatan warna dari berbagai batuan Chalcedony lainnya . Berikut beberapa metode merawat batu red raflesia yang bisa anda coba nanti dirumah .

1. Heat Treatment : Memanaskan Batu Red Raflesia

Metode pertama adalah heat treatment . Ini adalah metode yang sampai saat ini masih digunakan oleh para pengrajin batu mulia di seluruh dunia . Heat Treatment adalah metode rekayasa mineral dimana dalam penerapannya , kita meneruskan fungsi dari alam sebagai pembentuk awal dari batu tersebut . Di Indonesia , metode ini sering disebut pengasapan atau pemanggangan batu akik . Dengan metode ini , anda dapat menemukan warna yang lebih kuat dari batu red raflesia anda .

Simak juga : Cara Melihat Batu Red Raflesia Fanta Super Bengkulu

Dalam penerapannya , anda dapat menggunakan tungku api pembakaran , atau alat-alat lainnya yang dapat menghasilkan panas . Lama proses heat treatment sekitar 4 – 5 jam . Setiap batuan mineral , memiliki perubahaan yang berbeda-beda dalam penerapan perawatan tersebut .

2. Waxing : Memberikan Batu Red Raflesia Minyak

Selain untuk menghilangkan hairline atau retakkan , minyak alami juga dapat menambah kualitas dari warna batu akik . Walaupun tidak bersifat permanen , tetapi sampai saat ini metode ini dianggap yang paling aman diantara metode lainnya setelah perendaman . Minyak yang dapat anda gunakan adalah bermacam-macam . Seperti minyak goreng , minyak zaitun , minyak kayu putih dan minyak yang berasal dari tumbuhan lainnya .

Tahukah anda .. jenis batu akik yang sama dengan Red Raflesia Bengkulu juga ditemukan di Aceh . Simak selengkapnya Cempaka Merah Aceh Harga Khasiat dan Perawatan

Dalam penerapan sehari-hari , anda dapat mengolesi minyak ke permukaan batu akik saat ingin keluar rumah atau berpergian . Olesi sekucupnya sampai merata . Berdasarkan pengakuan dari banyaknya gemslover , seiring berjalannya waktu , minyak ternyata mampu membuat batu akik anda menjadi indah . Prosesnya tidak cepat , namun lebih aman daripada merendam dengan cairan kimia .

Cara Merawat Batu Red Raflesia Bengkulu Agar Lebih Merah | Siopung | 4.5