Cara Praktis dan Cepat Mengkilapkan Batu Akik

Walaupun teknik dan metode mengkilapkan batu akik sudah banyak beredar di Internet , mungkin anda masih mengalami masalah dengan metode tersebut . Masalah yang muncul biasanya adalah hasil yang tidak memuaskan , dan sulitnya mencari bahannya . Teknik mengkilapkan yang cepat dan tepat atau praktis sebenarnya tidak membutuhkan berbagai macam jenis bahan yang rumit . Salah satu yang paling mudah adalah menggunakan amplas .

Cara Praktis dan Cepat Mengkilapkan Batu Akik

Amplas sendiri bukanlah barang yang mahal . Dengan isi kantong 10 ribu saja , anda sudah bisa membeli amplas atau kertas pasir tersebut . Selain itu , manfaat yang bisa anda dapatkan adalah prosesnya yang sangat cepat . Hanya dalam waktu 10 menit penggosokkan , anda sudah dapat melihat hasilnya .

Proses Mengkilapkan Batu Akik

Berbeda dengan cara tradisional seperti daun pisang , bambu , kulit , dan abu gosok yang memerlukan waktu yang cukup lama . Karena metode tersebut hanyalah tips sederhana dengan biaya murah , namun membutuhkan proses yang sedikit lebih lama alias mengeluarkan banyak tenaga hingga sampai mengkilat .

Anda dapat menggunakan berbagai macam ukuran amplas . Mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar . Adapun beberapa ukuran amplas yang digunakan untuk batu akik , telah kami ulas di artikel sebelumnya . Anda dapat menyimak Amplas Untuk Mengkilapkan Batu Akik .

Selain menggunakan amplas , anda dapat menggunakan serbuk intan . Serbuk intan dinilai ampuh dalam mengkilapkan batu akik . Namun , bahan serbuk intan sendiri terkadang sulit didapatkan . Selain itu , harganya yang relatif lebih mahal , membuat banyak pengerajin yang melupakan bahan tersebut .

Metode tradisional saat ini lebih banyak digunakan . Walaupun membutuhkan proses yang lebih lama , namun tidak mengeluarkan biaya sepeserpun . Teknik tradisional yang paling populer saat ini adalah menggunakan abu gosok ( sekam padi ) . Harganya relatif sangat murah , namun hasilnya tidak sama sekali tidak murahan .

TIPS

Dalam menggosok dan mengkilapkan batu akik , selalu perhatikan kondisi suhu batu tersebut . Untuk beberapa jenis batu tertentu , anda akan melihat perubahaan warna apabila batu tersebut terlalu panas . Untuk mengakali hal ini , anda dapat menggunakan air atau minyak . Untuk mengurangi resiko retak untuk beberapa jenis batu yang memiliki kekerasan yang rendah , anda dapat menggosok atau memolesnya di dalam air .

Cara Praktis dan Cepat Mengkilapkan Batu Akik | Siopung | 4.5