Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Akik

Berbagai macam teknik dan cara tradisional dalam mengkilapkan batu aki mungkin telah terlupakan saat ini . Para pengerajin lebih memilih bahan-bahan yang modern , karena dapat menghemat waktu pengerjaan . Salah satu bahan modern yang sudah digunakan adalah amplas . Amplas termasuk barang modern , dimana dahulu bahan tersebut tidak pernah kita temukan .

Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Akik

Dari berbagai macam cara tradisional mengkilapkan batu akik . Mungkin beberapa cara ini , mengingatkan anda , atau menambah wawasan anda , bahwa sebenarnya dahulu para pengerajin menggunakan bahan-bahan dibawah ini sebagai alat untuk mengkilapkan batu akik . Berikut beberapa penjelasan singkat , terkait cara mengkilapkan batu akik dengan menggunakan bahan tradisional .

Mengkilapkan Batu Akik Dengan Bambu

Bambu merupakan bahan yang serba guna . Selain digunkan untuk membangun rumah , atap , dinding , dan benda-benda kerajinan tangan lainnya , ternyata bambu juga dapat digunakan untuk mengkilapkan batu akik . Bambu yang digunakan bisa kuning , hijau . Yang terpenting adalah memiliki sisi dan lebar yang baik , sehingga memudahkan anda untuk menggosok batu akik dengan bambu .

Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Gosok

Mungkin cara ini masih banyak dilakukan saat ini . Dengan menggunakan abu  bekas pembakaran sekam padi , anda sudah dapat membuat batu menjadi mengkilap dengan sangat baik . Metode pengkilapan batu akik dengan menggunakan abu gosok , memiliki resiko kerusakan yang lebih sedikit daripada menggunakan bahan-bahan lainnya .

Abu padi tersebut , dapat digunakan kembali walaupun sudah dipakai sebelumnya . Jadi dapat menghemat pengeluaran anda . Sebelumnya , kami telah membahas tentang teknik yang satu ini . Untuk bisa mengetahui prosesnya lebih detail , anda dapat menyimak Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Gosok .

Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Rokok

Mungkin ini merupakan metode turunan dari abu gosok . Saat anda tidak memiliki abu gosok , maka anda dapat menggunakan abu rokok sebagai penggantinya . Teknik ini sangat sederhana dan bahan-bahannya sangat mudah untuk didapatkan . Namun , untuk mengkilapkan batu akik dengan abu rokok , anda harus menambah beberapa perlengkapan lagi , untuk menunjang percepatan proses pengkilapan batu akik tersebut .

Sebelumnya , kami telah menuliskan secara lebih detail tentang bagaimana mengkilapkan batu akik dengan abu rokok dan bahan-bahan apa saja yang sebenarnya diperlukan . Anda dapat menyimak Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Rokok .

Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Akik | Siopung | 4.5