Ciri-Ciri Batu Kecubung Api Aceh

Kecubung api merupakan salah satu spesies batu yang berlimpah di Aceh . Batu yang mengandung zat Chalcedony tersebut , memiliki peminat yang cukup tinggi . Apalagi harga batu kecubung api masih bisa dikatakan sangat murah disana . Walaupun bukan yang paling diunggulkan , namun jenis ini dianggap menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh para gemslover dari Aceh bahkan dari luar daerah di seluruh Indonesia .

Ciri-Ciri Batu Kecubung Api Aceh

Mengetahui Ciri-Ciri Kecubung Api Aceh

Batu kecubung api yang berasal dari Aceh , memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang berasal dari Bengkulu , Kalimantan , dan Baturaja ( Lampung , Sumatera Selatan ) . Salah satu keunikan yang bisa anda lihat adalah warna hitam pekat yang berpadu dengan bias warna kecoklatan .

Warna kecoklatan tersebut diduga merupakan bentuk dari beberapa gabungan warna merah dan hitam dari kandungan senyawa yang ada didalam batu . Untuk kasus tertentu , anda juga akan melihat adanya biasan kotoran berwarna hitam saat disenter . Kotoran tersebut diduga merupakan bentuk dari abu vulkanik , yang mempengaruhi proses terbentuknya warna dari batu kecubung api .

Ada yang menyebutkan bahwa sebenarnya kecubung api merupakan jenis Agate ( Chalcedony ) yang hampir sama dengan jenis cempaka merah , madu dan juga red raflesia bengkulu . Namun , debu vulkanik yang tertanam didalam batu menyebabkan batu terlihat berwarna hitam . Pengujian ini bisa anda lakukan untuk bongkahaan red raflesia yang memiliki kulit berwarna coklat .

Walaupun kulit atau kandungan kapur red raflesia berwarna coklat dan terkadang putih , namun saat disenter akan terlihat berwarna merah ( tembus cahaya ) . Seperti itu lah contoh penjelasan dari jenis batu kecubung api yang terlihat berwarna hitam namun saat disenter terlihat berwarna merah .

Baca juga: Jenis Batu Akik Aceh Yang Baik Untuk Kesehatan

Selain itu , ciri-ciri unik lainnya yang bisa anda lihat dari jenis kecubung api aceh adalah batu ini anti gores . Pengujian dan cara mengetes-nya , bisa anda lakukan dengan menggesekkan batu secara perlahan ke dinding . Jika terdapat goresan yang menyebabkan kecacatan pada batu , maka batu tersebut bisa dipastikan bukan kecubung api aceh . Karena kecubung api aceh mengandung mineral kuarsa ( Quartz ) , yang menyebabkan ia sangat tahan terkena goresan kecil .

Jenis dan Macam-Macam Batu Kecubung Api Aceh

Kecubung api aceh ternyata dikalangan para gemslover khususnya yang ada di Aceh , memiliki beragam penyebutan. Salah satunya adalah kecubung api sulaiman junjung drajat . Jenis ini sendiri banyak dicari karena keunikan motif junjung drajat-nya . Selain unik , batu akik yang memiliki motif tersebut , dipercaya sangat bertuah alias dapat memberikan keberuntungan .

Selain itu juga , ada batu kecubung api serat emas . Jenis ini sangat langka dan sulit didapatkan . Sehingga harganya pun dibandrol dengan sangat tinggi . Selain itu juga , penyebutan lain dari kecubung api adalah yaman wulung.

Ciri-Ciri Batu Kecubung Api Aceh | Siopung | 4.5