Ciri-Ciri Bongkahan Batu Intan atau Berlian Asli

Batu Intan atau Berlian adalah salah satu mineral bebatuan dengan karakteristik dan sifat yang istimewa . Salah satu keistimewaan dari Batu Intan adalah tingkat kekerasan dan kemampuannya untuk membentuk biasan cahaya yang indah . Pada saat ini , jenis batu intan banyak yang dipalsukan . Untuk itu , anda harus mengetahui bagaimana mengenal ciri-ciri bongkahaan batu intan atau berlian yang asli . Kami akan membeberkan beberapa metode sederhana yang dapat anda terapkan dirumah . Berikut ulasan lengkapnya khusus untuk anda .

Ciri-Ciri Bongkahan Batu Intan

Gambar Batu Intan atau Berlian

Mengetahui Ciri-Ciri Bongkahan Batu Intan / Berlian Asli atau Palsu

Untuk pengetesan dan memastikan kebenaran tentang keaslian dari batu intan milik anda , sebaiknya anda mendatangi lab batu mulia dengan metode yang sudah disepakati oleh komunitas gemstone dunia . Disini kami hanya akan membeberkan metode sederhana yang dapat anda terapkan dirumah . Untuk memastikan lebih lanjut , tetap kami rekomendasikan untuk anda mendatangi laboratorium .

1. Mengetes Keaslian Batu Intan Dengan Metode Uji Kabut

Posisikan batu intan di depan mulut anda . Berikan udara yang berasal dari mulut anda . Jika batu terlihat berkabut selama beberapa detik , kemungkinan besar batu tersebut palsu . Berlian memiliki sifat menyebar panas , jika berlian tersebut asli maka tidak ada kabut di permukaannya . Kalau memang kabut tersebut ada , maka kabut tersebut akan sangat mudah untuk menghilang . Anda dapat melakukan uji coba tersebut dengan membandingkan uap kabut yang anda buat di cermin , dengan uap kabut yang anda buat di batu berlian .

2. Melihat Keaslian Batu Intan Dengan Menggunakan Kaca Pembesar

Jika anda tidak memiliki kaca pembesar sendiri dirumah , anda dapat meminjamnya di Toko Perhiasan . Berlian alami biasanya memiliki ketidaksempurnaan . Ketidaksempurnaan berlian alami terlihat dari bintik mineral yang disebut “Inklusi” . Anda dapat mengamati bintik tersebut atau area yang memiliki perubahaan warna tipis dengan menggunakan kaca pembesar . Namun , jangan jadikan acuan ini untuk melihat semua jenis berlian .

3. Menjatuhkan Batu Intan Di Dalam Air

Batu intan memiliki  struktur kepadatan yang tinggi . Oleh sebab itu , ia akan tenggelam dengan sangat cepat . Ada beberapa jenis berlian palsu yang terbuat dari plastik atom dan kaca . Metode pengetesan menjatuhkan batu intan didalam air dapat anda barengi dengan menggunakan pengetesan api .

Simak juga : Jenis Batu Akik Papua Asli Hingga Harga Yang Termahal

Demikian metode sederhana untuk mengetahui keaslian dari batu intan atau berlian anda . Untuk memastikan keasliannya dengan lebih baik lagi , anda dapat mendatangi gemologist yang ada di daerah anda . Namun anda harus berhati-hati dan mengamati dengan cermat sertifikat yang dikeluarkan oleh mereka .

Ciri-Ciri Bongkahan Batu Intan atau Berlian Asli | Siopung | 4.5