Daftar Nama Batu Akik Yang Berwarna Merah

Batu akik Indonesia memiliki keunikannya masing-masing . Mungkin anda saat ini sedang berusaha untuk belajar dan mengenal berbagai jenis batu akik yang berwarna merah di Indonesia . Selain di Indonesia , ada beragam jenis batu luar negeri yang juga berwarna merah . Kami akan menggabungkan tetapi tidak semuanya , untuk dapat menambah wawasan anda secara lebih luas .

Batu Red Raflesia Bengkulu

Red Raflesia Bengkulu Berwarna Merah

Gambar via Kompas.com

Kita mulai dari sisi barat Indonesia . Sebuah batu yang sangat fenomenal dan termasuk kedalam salah satu jenis Chalcedony terbaik Indonesia , menjadi jenis batu warna merah pertama yang harus anda ketahui . Pada saat ini , batu red raflesia mungkin sudah sangat populer di telinga kita . Dimana banyak media yang meliput keindahaan dari batu tersebut .

Beberapa tahun terakhir ini , Red Raflesia menjadi bahan perbincangan setelah beberapa kali memenangkan kontes batu nasional . Batu yang disebut juga cempaka merah ini , nyatanya saat ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari .

Jenis red raflesia yang paling banyak dicari adalah fanta super . Red raflesia fanta super memiliki warna merah pada seluruh area batu . Sering disebut sebagai jenis batu tua dan memenuhi syarat untuk dijadikan permata .

Jika anda pergi ke para pedagang yang menjual bongkahan batu red raflesia , maka anda akan banyak menemukan red raflesia yang belum cukup usia . Red raflesia yang belum cukup usia , memiliki warna putih (White Raflesia ) dan kuning ( Yellow Raflesia ) pada sebagian sisinya . Hal ini menjadikan batu ditawar dengan harga murah .

Untuk red raflesia super ( yang memiliki warna merah pekat ) , harganya bisa mencapai jutaan rupiah . Namun untuk jenis yang belum super , anda bisa mendapatkan bongkahaannya seharga puluhan hingga ratusan ribu , tergantung ukuran dan warna dari batu tersebut .

Cempaka Merah Aceh

Batu Cempaka Aceh Yang Berwarna Merah

Gambar Cempaka Merah Via Google.co.id

Cempaka Merah atau merah delima aceh merupakan jenis batu chalcedony yang tidak jauh berbeda dengan Red Raflesia . Jika red raflesia Bengkulu barangnya sangat mudah didapatkan , lain hal dengan Cempaka Merah Aceh . Batu tersebut menurut pengakuan dari mereka para pemburu , sangat sulit untuk didapatkan .

Saat anda mendapatkan bongkahan cempaka merah , belum tentu batu tersebut benar-benar merah setelah digosok atau dijadikan. Bisa jadi batu tersebut adalah cempaka madu . Yang memiliki ciri-ciri warna kuning kemerah-merahaan . Kelebihan dari cempaka madu aceh adalah warnanya yang sangat pekat dan benar-benar terlihat seperti madu . Tidak kuning pucat seperti jenis cempaka madu dari daerah lain.

Ada yang menyebutkan bahwa cempaka merah sendiri merupakan bentuk metamorfosis dari cempaka madu . Namun ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa cempaka madu lebih memiliki usia yang lebih tua daripada cempaka merah . Hal ini dikarenakan adanya bukti dari bongkahaan cempaka merah yang memiliki warna madu pada struktur dalamnya .

Batu Red Borneo ( Kalimantan )

Red Borneo adalah Batu Akik Yang Berwarna Merah

Red borneo atau batu merah kalimantan yang masuk dalam kelas Rhodonite dan juga sering disebut rubi Kalimantan , yang memiliki warna merah yang unik. Walaupun tidak semerah chalcedony Bengkulu , batu red borneo pantas masuk didalam daftar batu akik yang berwarna merah .

Red Borneo menjadi salah satu jenis batu kebanggan masyarakat Kalimantan , dimana batu tersebut sangat langka dan sulit ditemukan di daerah lain di Indonesia . Namun beberapa tahun terakhir , hal itu berhasil dipatahkan . Karena sebenarnya , Sumbawa juga menghasilkan batu jenis Rhodonite yang juga memiliki bentuk dan warna yang hampir sama dengan red borneo . Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat . Selain di Indonesia , anda juga dapat menemukan batu ini di Nevada , New Jersey , beberapa Negara bagian Amerika , dan di Eropa .

Umumnya , Red Borneo memiliki kekerasan 5.5 – 6 Skala Mohs . Dalam situasi tertentu , kekerasan batu red borneo bisa lebih rendah lagi . Hal ini disebabkan oleh iklim dan kondisi geografis dimana batu tersebut ditemukan .

Batu Akik Ati Ayam

Batu Akik Ati Ayam

Batu akik ati ayam atau Jasper Chalcedony ( Sebian gemslover menyebut jenis ini sebagai kelas Carnelian ) memiliki ciri-ciri berwarna merah darah . Jenis batu yang satu ini tidak diklaim oleh daerah manapun , karena penyebarannya sangat merata di seluruh Indonesia . Termasuk jenis batu yang sangat populer , dimana batu ini sering dianggap sebagai batu nenek moyang dari Panca Warna dan memiliki banyak mitos yang beredar .

Batu akik ati ayam yang sebenarnya yaitu Jasper Chalcedony , untuk jenis yang sudah mengkristal dengan baik , umumnya memiliki kekerasan 6 – 7 Skala Mohs dan memiliki spesifik gravitasi 2.7 . Disebut sebagai ati ayam , karena warna pada batu sangat mirip dengan jeroan ayam .

Artikel ini Bersambung .. Kami akan selalu update artikel ini dengan tambahan informasi baru setiap 2 hari sekali , karena ada banyak sekali nama dan jenis batu akik yang harus dituliskan . Oleh karena itu , anda dapat mengikuti selalu perkembangan artikel ini dengan mengetikkan di google “siopung batu akik yang berwarna merah”

Daftar Nama Batu Akik Yang Berwarna Merah | Siopung | 4.5