Daftar Negara Di Dunia Yang Memiliki Hutan Terluas

Hutan adalah area luas yang ditunbuhi oleh pehonan dan tumbuh-tumbuhan yang lebat dan memiliki fungsi penting bagi kehidupan di bumi ini . Salah satu fungsi hutan adalah menampung karbon dioksida dan mengubahnya menjadi Oksigen . Oksigen ini lah yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya . Selain itu , hutan juga menjadi tempat tinggal ( habitat ) para hewan , menjaga tanah , dan menjadi salah satu apek biosfer bumi yang sangat penting .

Hutan Terluas

Hutan Menjadi Tempat Tinggal Para Hewan Termasuk Orang Utan Yang Kini Jumlahnya Semakin Berkurang Akibat Perburuan Liar dan Pembakaran Hutan Via Viva.co.id

Fungsi Hutan Bagi Kehidupan Di Bumi

Sebelum kita mengetahui negara di dunia yang memiliki hutan terluas , ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat hutan bagi kehidupan di bumi ini . Sebagai penambah informasi bagi anda , kami sertakan beberapa manfaat hutan yang diulas secara singkat khusus untuk anda .

  1. Hutan Sebagai Paru-Paru Dunia
    Hutan memiliki beragam jenis tumbuh-tumbuhan dan pephonan yang ada di dunia ini . Proses fotosintesis alami yang dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan adalah menyerap gas karbon dioksida dan mengubahnya menjadi Oksigen . Hal ini sangatlah penting mengingat oksigen menjadi kebutuhan paling utama bagi kehidupan di dunia . Dan efek domino apabila hutan dijaga kelestariannya , maka polusi udara yang ditimbulkan oleh aktifitas manusia dapat dikontrol . Selain dapat menjaga polusi udara , hutan juga bermanfaat sebagai tempat menyimpan air dan pengendali banjir .
  2. Hutan Memiliki Nilai Ekonomi
    Hutan merupakan kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran bersama . Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memanfaatkan hutan sebagai pendorong ekonomi nasional . Walaupun pada kenyataannya , banyak pihak yang melanggar peraturan dan ketentuan yang telah dibuat oleh pemerintah , sehingga memiliki dampak negatif dibandingkan positifnya bagi kemakmuran bersama .

Negara Yang Memiliki Hutan Terluas di Dunia

Berikut ini kami sertakan 5 negara di dunia yang masih memiliki hutan tropis terluas di dunia , dan menjadi aspek penting bagi kehidupan di dunia . Berikut kami sertakan data yang kami kutip melalui Word Resources Institute .

  1. Brazil : 1.800.000 Mil Persegi
  2. Republik Demokratik Kongo : 683.000 Mil Persegi
  3. Indonesia : 490.000 Mil Persegi
  4. Peru : 289.576 Mil Persegi
  5. Kolombia : 258.688 Mil Persegi

Simak juga : Buaya Terbesar di Dunia Yang Pernah Ditemukan

Demikian beberapa negara yang masih memiliki hutan luas di dunia . Indonesia sendiri berada di peringkat ke 3 , dan dikabarkan bahwa setiap tahunnya luas hutan di indonesia mengecil dikarenakan pembalakan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab . Berdasarkan data lainnya dari wwf.or.id , Indonesia memiliki hutan seluas 99,6 juta hektar atau 52,3 % dari total luas wilayah Indonesia .

Daftar Negara Di Dunia Yang Memiliki Hutan Terluas | Siopung | 4.5