Duke Kahanamoku: Penemu Olahraga Selancar ( Surfing )

Duke Kahanamoku adalah seorang pria yang pernah mendapatkan medali emas di Olimpiade dan lebih dikenal sebagai penemu olahraga surfing atau selancar . Selain itu , Kahanamoku adalah seorang aktor , pernah beramain voli pantai , dan juga menjadi seorang penegak hukum. Ia dilahirkan di Honalulu Hawai pada 24 Agustus 1890 dan meninggal pada 22 Januari 1968 . Pada saat meninggal Kahanomoku berusia 77 tahun .

Ulang tahun ke 125 Duke Kahanamoku

Ulang tahun ke 125 Duke Kahanamoku Via Google Doodle

Catatan Karir Duke Kahanamoku

Duke Kahanamoku ikut andil dalam tim renang Amerika Serikat di Olimpiade Stockholm 1912 . Pada saat itu , ia memenangkan medali emas untuk nomor 100 meter gaya bebas dan mendapatkan medali perak bersam tim AS pada nomor estafet 4×200 gaya bebas . Pada tahun 1920 di Olimpiade Antwerp , beliau juga mendapatkan medali emas cabang olahraga renang dengan nomor 100 meter . Dengan cabang perlombaan yang sama pada Olimpiade 1924 di paris , ia mendapatkan medali perak . Duke Kahanamoku pernah bergabung dengan tim polo air Amerika Serikat di Olimpiade 1932 .

Setelah pensiuan dari Olimpiade , Kahanamoku melakukan perjalanan internasional untuk melakukan sosialiasi cabang Olahraga renang dan selama perjalanan tersebut , ia memperkenalkan olahraga selancar atau surfing kepada masyarakat dunia . Sebelumnya olahraga tersebut hanya dikenal oleh masyarakat Hawaii . ( en.wikipedia.org )

Duke Kahanamoku Penemu Olahraga Selancar

Duke Kahanamoku

Gambar Duke Kahanamoku Via Google.co.id

Pemilik nama lengkap Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku , tercatat dalam sejarah sebagai manusia yang menemukan olahraga surfing atau selancar . Ia merupakan cucu seorang kepala tinggi d Hawaii , dan ia termasuk berasal dari keluarga terpandang . Berdasarkan Biografi beliau , Kahanamoku merupakan anak tertua dari 6 bersaudara dan diberi nama “Duke” karena beliau lahir bertepatan saat kunjungan Duke Of Edinburgh .

Papan Surfing pertama kali diperkenalkan secara terbuka kepada dunia luar pada tahun 1915 di Australia , pada saat kunjungan Kahanamoku ke negara kanguru tersebut . Pada tahun 1917  saat kunjungan ke Jepang terjadi sebuah gempa dan terciptalah gelombang tinggi di pantai , saat semua orang berlindung , Duke justru mendorong papan surfing-nya untuk mengejar ombak .

Pada tahun 50-an , Olahraga Surfing mendapatkan predikat buruk bagi mereka para Sosiolog Amerika . Karena pada era tersebut , Olahraga surfing dianggap sebagai budaya orang malas . Namun , kini olahraga selancar telah banyak digemari diseluruh dunia .

 

Duke Kahanamoku: Penemu Olahraga Selancar ( Surfing ) | Siopung | 4.5