Hal Yang Membatalkan Puasa: Memotong Rambut dan Kuku?

Puasa di bulan ramadhan merupakan wujud ketaatan kita sebagai seorang muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT . Puasa memiliki aturan-aturan yang telah ditetapkan melalui utusannya yaitu Nabi Muhammad SAW . Hal-hal yang membatalkan puasa adalah makan minum atau memasukkan sesuatu kedalam lubang yang ada di seluruh tubuh , berhubungan badan secara sengaja , muntah disengaja (Sakit Tidak Masalah), Haid , Gila atau hilang kewarasan , dan terakhir muratad atau meninggalkan agama islam .

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa

Apakah Memotong Rambut dan Kuku Membatalkan Puasa ?

Jawabannya adalah tidak . Tidak ditemukan adanya hadist yang menyebutkan kurangnya pahala atau bahkan sampai membatalkan puasa dengan memotong rambut , kuku , rambut ketiak , dan juga rambut kemaluan .

Sebagai tambahan informasi untuk hal-hal yang membatalkan puasa . Kita terkadang sering lupa ketika berpuasa dan memakan sesuatu . Disaat kita lupa dan memakan sesuatu , apakah hal ini membatalkan puasa? . Mungkin hadits dibawah ini sudah dapat menjelaskannya ,

“Barang siapa lupa  berpuasa, kemudian ia makan dan minum,  hendaklah ia menyempurnakan puasa, karena sesungguhnya Allah yang memberikan makan dan minum  tersebut”. (H.R. Bukhari)

Jadi, jika kamu sebelumnya mendapati kondisi dimana tidak sengaja minum atau makan sesuatu, ada baiknya untuk kamu melanjutkan atua menyempurnakan puasa tersebut hingga sampai berbuka.

Apakah Ngupil atau Korek Kuping Membatalkan Puasa ?

Pada dasarnya, sesuatu benda yang terlihat apabila dimasukkan kedalam lubang tubuh seperti hidung, kuping, dan lain-lain dapat menyebabkan puasa anda batal. Hal ini merupakan sebuah aturan yang telah ditetapkan. Apalagi ngupil dan korek kuping adalah suatu tindakan yang anda sadari.

Namun beberapa ulama berpendapat bahwa mengkorek kuping atau hidung selagi tidak terlalu dalam tentu tidak masalah. Hal ini bertujuan untuk menghindari masuknya benda-benda asing yang dapat mengganggu kondisi anda. Selagi tujuan untuk hal tersebut, tentu tidak masalah.

Namun apabila anda memiliki intensitas waktu yang terlalu lama ( menikmati ), maka tindakan seperti ini bisa berujung pada batalnya puasa .

Apakah Transfusi Darah Membatalkan Puasa ?

Tentu saja membatalkan puasa, pasalnya aktifitas transfusi darah merupakan tindakan yang memasukkan suatu benda kedalam tubuh. Oleh sebab itu, bagi orang yang sedang sakit, Allah tidak mewajibkan baginya untuk berpuasa di bulan ramadhan. Kamu dapat menggantinya di bulan berikutnya.

Baca Juga Apakah Menangis, Ngupil, dan Suntik Membatalkan Puasa ? Ini Penjelasannya

Demikian penjelasan terkait hal-hal yang membatalkan puasa. Semoga ramadhan kali ini kita mendapatkan kemenangan sepenuhnya. Amin

Hal Yang Membatalkan Puasa: Memotong Rambut dan Kuku? | Siopung | 4.5