Hal Yang Membatalkan Puasa: Memotong Rambut dan Kuku?

Puasa di bulan ramadhan merupakan wujud ketaatan kita sebagai seorang muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT . Puasa memiliki aturan-aturan yang telah ditetapkan melalui utusannya yaitu Nabi Muhammad SAW . Hal-hal yang membatalkan puasa adalah makan minum atau memasukkan sesuatu kedalam lubang yang ada di seluruh tubuh , berhubungan badan secara sengaja , muntah disengaja (Sakit Tidak Masalah), Haid , Gila atau hilang kewarasan , dan terakhir muratad atau meninggalkan agama islam .

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa

Apakah Memotong Rambut dan Kuku Membatalkan Puasa ?

Jawabannya adalah tidak . Tidak ditemukan adanya hadist yang menyebutkan kurangnya pahala atau bahkan sampai membatalkan puasa dengan memotong rambut , kuku , rambut ketiak , dan juga rambut kemaluan .

Sebagai tambahan informasi untuk hal-hal yang membatalkan puasa . Kita terkadang sering lupa ketika berpuasa dan memakan sesuatu . Disaat kita lupa dan memakan sesuatu , apakah hal ini membatalkan puasa? . Mungkin hadits dibawah ini sudah dapat menjelaskannya ,

“Barang siapa lupa  berpuasa, kemudian ia makan dan minum,  hendaklah ia menyempurnakan puasa, karena sesungguhnya Allah yang memberikan makan dan minum  tersebut”. (H.R. Bukhari)

Hal Yang Membatalkan Puasa: Memotong Rambut dan Kuku? | Siopung | 4.5