5 Daftar Hewan Peliharaan Yang Cocok Untuk Orang Sibuk

Daftar Hewan Peliharaan Yang Cocok Untuk Orang Yang Sibuk

Gambar Hewan Peliharaan Via Pixabay.com

Memelihara hewan peliharaan yang jinak, lucu dan menghibur akan sangat menyenangkan. Hewan peliharaan yang layaknya seperti boneka hidup ini akan banyak mengajak anda untuk bercanda ria, membantu anda agar menjadi lebih tenang, serta meningkatkan rasa kepeduliaan anda terhadap makhluk hidup yang satu ini.

Terkadang, hewan peliharaanlah yang pertama kali kita lihat atau kita tuju saat pulang ke rumah dan itu membuat kita ingin bermain dengannya, walaupun itu hanya sebentar dan sedang sangat lelah. Bukankah mengasyikkan saat bermain bersama hewan peliharaan? . Jadi, bagaimana jika anda ingin pelihara namun anda terhambat akan kesibukan yang anda miliki? Anda takut tidak dapat menjaga dan merawat kesehatan hewan peliharaan anda karena sering pergi dinas ke luar kota? Bahkan anda cenderung takut lupa & tidak sempat hanya untuk memberi makanannya saja? .

Mungkin beberapa hewan peliharaan dalam daftar ini dapat memecahkan masalah anda . Mari kita simak .

1. Tokek

Hewan peliharaan yang satu ini terbilang cocok untuk anda yang sibuk karena memiliki sifat tahan lapar serta tahan cuaca. Jadi, tidak masalah jika anda tidak sempat memberinya makan selama 1 – 2 minggu atau membiarkannya berkeliaran di taman rumah anda yang rindang. Jangkrik, udang kering, dan telur rebus adalah makanan berprotein tinggi yang sangat cocok untuk Tokek.

Baca Juga: Mitos Kejatuhan Cicak Beserta Arti dan Pertandanya

Namun, jika anda berminat memelihara lebih dari satu, sebaiknya saat anda berpergian dalam waktu yang lama, kadal yang satu ini jangan digabungkan di dalam satu kandang, karena hewan ini memiliki sifat agak kanibal. Sebelum anda membeli atau memelihara hewan yang satu ini, sebaiknya pilih jenisnya terlebih dahulu. Ada tokek lokal yang mampu tumbuh hingga besar, memiliki kemampuan memanjat dinding dan dapat berlari dengan cepat, namun sifatnya cukup agresif.

Berbeda dengan tokek import yang pertumbuhannya tidak sebesar tokek lokal, tokek ini terbilang jinak, lebih tenang dengan gerakan yang relatif lamban, namun harga belinya cukup mahal. Kemudian pilihlah kandang berbahan plastik, tetapi sebenarnya jauh lebih baik jika anda memilih kandang yang berbahan kayu atau bambu karena kandang tersebut akan terasa lebih mirip dengan habitat aslinya dan membuat tokek anda nyaman. Contohnya lemari pakaian anda.

Kemudian, jangan memilih kandang yang berbahan dari kawat, besi atau platinum dan jika sudah mendapat kandang yang tepat, sebaiknya jangan sekali – kali anda memindah – mindahkan tokek anda ke tempat yang lain, bahkan kandangnya sekalipun karena itu akan membuat binatang yang tidak menyukai cahaya ini menjadi stres dan dapat mengakibatkan kematian.

2. Kelomang

Hewan Peliharaan Kelomang

Gambar Kelomang Via Google.co.id

Hewan bercapit yang memiliki habitat asli di pantai ini terbilang cukup cocok untuk anda yang sibuk. Pasalnya, hewan ini tidak memerlukan perhatian lebih namun lebih cenderung memenuhi kebutuhan hidupnya saja. Hewan ini memiliki jenis yang bermacam – macam dan merupakan hewan peliharaan yang indah. Namun untuk memiliharanya, anda seorang yang sibuk sebaiknya memilih yang berukuran kecil saja, karena lebih jinak dan cubitan capitnya tidak akan melukai anda.

Memang pada dasarnya hewan ini memerlukan makanan dan air baru setiap hari, namun jika anda berpergian beberapa hari, anda cukup menyediakan air yang banyak. Sebaiknya air matang atau air PAM yang sudah diendapkan 2 – 3hari, karena air yang mengandung kaporit/klorin & zat metal berat dapat menyebabkan kelomang sakit dan sangat sukar untuk disembuhkan sehingga menyebabkan kematian. Untuk kandangnya, sebaiknya anda memilih akuarium dan menjadikan pasir pantai bebas silika, batu – batuan sungai, dan hancuran pasir koral laut sebagai alasnya.

Bisa dengan pasir lainnya yang bersih dengan tambahan batuan sungai, karena membuat kandang menyerupai habitat aslinya akan membuat kelomang nyaman dan berumur panjang. Untuk makanannya, anda bisa berikan makanan pokok kering yang tidak cepat habis seperti beras, pelet, ikan, dan sayur.

3. Kucing

Kamu pasti berpikir hewan ini manja sekali bukan? Namun sebenarnya tidak ada masalah untuk anda yang sibuk memelihara hewan manis favorit dunia yang satu ini. Terlebih manfaat yang diberikan hewan berbulu ini sangat banyak untuk anda yang memiliki resiko stress yang tinggi.

Dengkuran kucing yang berukuran sekitar 25 – 150 Hertz ini sudah banyak diteliti dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi depresi. Kucing mungkin salah satu yang hewan yang sanggup anda tinggal berpergian atau berdinas. Walaupun merupakan hewan rumahan, tetapi ia sangat pandai mencari pertemanan. Sangat disarankan menitipkannya ke tempat penitipan ataupun ke saudara anda, namun jika kuncing anda adalah kucing kampung yang cukup tangguh dan sudah memiliki kebiasaan yang baik, tidak masalah meninggalkannya di dalam atau diluar rumah.

Untuk makanannya, anda bisa membeli makanan kucing instan kering dalam pack sehingga tentu anda tidak akan keberatan hanya untuk menuangkan makananya ke box pakannya saja bukan? Menyediakan wadah air juga sangat penting untuk kucing. Pernahkan anda melihat, bahwa kucing lebih lama menghabiskan waktu untuk minum daripada makan? Itu sebabnya, air mineral sangat dibutuhkan olehnya. Untuk perawatan bulu, dan kesehatannya, anda bisa membawanya ke salon petshop ataupun memandikannya sendiri di rumah.

Kapan jadwal memandikannya, anda bisa menentukannya sendiri. Jika saat memeluk dan bermain dengannya anda merasa gatal, mendapati bulu rontok yang banyak, atau mencium bau yang tidak nyaman, sebaiknya segera mandikan dia dengan air hangat.

4. Ayam

Memilahara unggas yang satu ini tidak memiliki kesulitan yang berarti dan biaya perawatan serta pakannya terbilang murah. Namun pastikan anda memlihara hewan ini dengan legalitas lingkungan tempat tinggal anda. Jika memang diperbolehkan, tidak apa – apa memeliharanya, bahkan memelihara ayam import akan membuat anda lebih senang memeliharanya.

Perawatan ayam import memang memiliki perbedaan dari segi konsumsinya, namun tidak akan masalah jika makanan sederhana memiliki kandungan gizi yang cukup untuk ayam import tersebut. Jika anda suka berkontak langsung dengan ayam tersebut, yang perlu anda lakukan adalah meluangkan sedikit waktu untuk sering memandikannya.

Bayangkan gimana lucunya jika anda bahkan harus mandi bersama hewan ini ditengah – tengah waktu yang sempit.

5. Ikan Hias

Ikan hias seperti koi, mas koki dan ikan laga/cupang adalah hewan peliharaan yang paling simpel, mudah merawatnya, dan tentu bisa anda tinggal dalam waktu yang cukup lama. Tetapi, cukup pelihara beberapa ekor saja karena ikan juga melakukan perkelahian apabila lapar dan dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu mengganti air aquarium ikan juga tidak perlu dilakukan sering – sering. Terlebih lagi ikan peliharaan biasa hanya diberi pakan pelet kering saja.

Mungkin untuk kontak langsung terhadap hewan yang satu ini dapat menyebabkan ikan tersebut sakit yang kemudian malah membahayan anda. Tetapi memelihara hewan ini cocok sekali untuk anda yang suka menghias – hias dan malas melakukan perawatan yang ribet. Menghias aquarium itu adalah kegiatan yang mengasyikkan yang dapat menambah kreatifitas dan pengetahuan anda.

Oiya, Baca Juga Buaya Terbesar di Dunia Yang Pernah Ditemukan

Jadi, dari 5 hewan tersebut anda ingin pelihara yang mana? Jika anda tidak bisa merawat satu, maka rawatlah dua. Memelihara makhluk hidup baik itu tumbuhan ataupun binatang, akan baik untuk anda agar lebih dekat dengan alam.

5 Daftar Hewan Peliharaan Yang Cocok Untuk Orang Sibuk | Siopung | 4.5