Mengenal Berbagai Macam Jenis Batu Akik Badar

Batu akik badar adalah sebutan umum para gemslover di Indonesia untuk batuan dengan kandungan dominan tertentu . Tidak hanya berupa kandungan mineral yang terdapat pada batu tersebut , tetapi warna dan juga motif ikut di dalamnya . Defenisi batu akik badar juga bermacam-macam . Ada yang menyebutkan bahwa kata “badar” memiliki pengertian “meniru-niru” . Sehingga , jika ada sebuah batuan dengan sebutan batu akik badar air , maka anda sudah dapat mengerti bagaimana wujud warna dari batu tersebut .

Jenis Batu Akik Badar

Gambar Batu Akik Badar Emas Via Google.co.id

Daftar Lengkap Jenis Batu Akik Badar

Pemahaman lainnya tentang batu akik badar adalah batuan yang memiliki keunggulan tertentu . Namun apapun persepsi gemslover di tiap daerah , poin utama dari sebuah batu akik badar adalah jenis batu mulia yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis lainnya . Untuk menambah wawasan anda mengenal berbagai jenis batu akik badar , kami akan merangkum beberapa jenis batu akik badar beserta gambar dan penjelasannya .

1. Batu Akik Badar Besi

Batu Akik Badar Besi Hematite

Gambar Batu Akik Badar Besi ( Hematite ) Via Google.co.id

Batu akik badar besi ( Hematite ) adalah jenis batuan yang memiliki kandungan besi ( Fe ) dominan . Ada beberapa jenis lainnya yang juga memiliki kandungan besi , namun tidak disebut Hematite . Contohnya saja adalah Black Jade yang juga memiliki kandungan besi oksida . Badar besi mengalami proses kristalisasi didalam sistem rombohedral . Badar besi yang masuk dalam kategori Hematite ( Fe2O3) umumnya memiliki warna hitam metalik hijau dan merah , serta memiliki kekerasan 5,5 – 6,5 Skala Mohs . Di Indonesia , badar besi dikenal sebagai batu akik bertuah . Yang memiliki khasiat bagi kesehatan dan juga untuk ilmu kekebalan . Bahkan beberapa waktu yang lalu , Bupati Kendal yaitu Widya Kandi Susanti melelang 3 buah batu akik yang ia beri nama Badar Besi Kinasih pada acara Kendal Expo 2015 . ( Okezone.com )

2. Batu Akik Badar Emas ( GoldStone )

Batu Akik Badar Emas

Gambar Batu Akik Badar Emas Via Google.co.id

Batu akik badar emas adalah jenis batuan mineral yang memiliki kandungan emas didalamnya . Umumnya badar emas yang ada di Indonesia tidak hanya memiliki kandungan emas , tetapi juga kandungan lainnya seperti besi , perak , dan lain-lain . Selain jenis batuan yang mengandung unsur logam emas , jenis batuan yang memiliki warna serat keemasan sering juga disebut badar emas . Sehingga , penyebutan badar emas pada batu akik tidak hanya merujuk pada kandungan mineralnya , tetapi juga motif dan warnanya .

Simak juga : Batu Akik Badar Emas Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Adapun beberapa daerah penghasil batu akik badar emas di Indonesia adalah Aceh , Nias , Bengkulu , Jambi ,Raja Ampat ( Papua Barat ) , Sulawesi , Bali , Sulawesi , Timika , Kalimantan , dan lain-lain .

3. Batu Akik Badar Lumut ( Moss Agate )

Batu Akik Badar Lumut

Gambar Batu Akik Badar Lumut Via Google.co.id

 

Batu akik badar lumut adalah salah satu yang sangat populer dikalangan gemslover Indonesia . Badar Lumut ( Moss Agate ) atau sering disebut juga batu Mocha merupakan batuan yang memiliki kandungan Silikon Dioksida . Adanya kandungan Cryptocrystalline Sillica yang berwarna hijau , membentuk filamen dan pola sugestif seperti lumut . Anda akan melihat bentuk dari mineral kuarsa yang sangat jernih dan terkadang memiliki warna putih susu tembus cahaya pada batu akik badar lumut . Hal itu disebabkan mineral kuarsa bertemu dengan beberapa mineral lainnya seperti besi oksida dan juga manganese . Manganese adalah salah satu unsur kimia dengan simbol Mn dan dengan nomor atom 25 . Salah satu jenis yang paling populer dan diincar oleh gemslover Indonesia adalah Batu Lumut Suliki , yang berasal dari Sumatera Barat .

Simak juga : Batu Lumut Suliki Harga Jenis dan Khasiat

Walaupun dalam penyebutannya disebut sebagai batu lumut . Namun sama sekali tidak memiliki kandungan organik dan bukanlah terbentuk dari turunan organik yang mengalami metamorfosis menjadi mineral . Tetapi nyatanya batu lumut suliki terbentuk dari batuan vulkanik.

Selain ketiga jenis batu akik badar diatas , sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis batu akik badar yang dikenal oleh gemslover indonesia . Diantaranya adalah batu akik badar perak , api , asem , wulung , air atau es , susu , bumi , bulan , cabe , inten dan lain-lain . Poin yang dapat anda ambil untuk mengenal berbagai jenis batu akik badar di Indonesia adalah nama dari tiap-tiap jenis badar , pasti merujuk kepada kandungan , warna dan motif

Mengenal Berbagai Macam Jenis Batu Akik Badar | Siopung | 4.5