3 Jenis Batu Akik Bengkulu Yang Paling Banyak Dicari

Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia penghasil beragam jenis batu akik . Batu akik bengkulu dikenal memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dibandingkan daerah lainnya . Hal ini lah yang menyebabkan banyak diantara gemslover indonesia sangat suka untuk mengoleksi jenis batu akik dari Bengkulu . Kami akan mencoba memberikan gambarannya kepada anda , jenis mana saja yang terpopuler dan paling banyak dicari oleh mereka .

Jenis Batu Akik Bengkulu

Peta Provinsi Bengkulu Via Google.co.id

Macam-Macam Jenis Batu Akik Bengkulu Populer

Ada banyak beragam jenis batu akik yang dihasilkan oleh salah satu Provinsi di Sumatera ini . Kebanyakan merupakan jenis Chalcedony , Wood Fossil , dan jenis Kuarsa lainnya . Diantara berbagai jenis batu akik bengkulu , kami hanya akan membeberkan 3 saja yang menurut kami memiliki peminat yang cukup tinggi . Tidak hanya di sekitar Provinsi Bengkulu , namun memiliki peminat dari seluruh Indonesia .

1. Red Raflesia Bengkulu

Batu Red Raflesia Bengkulu

Gambar Batu Red Raflesia Bengkulu Via Google.co.id

Red Raflesia Bengkulu layak berada pada urutan pertama dalam jenis batu akik yang paling banyak dicari . Batu akik red raflesia merupakan jenis Red Chalcedony yang tidak banyak ditemukan di daerah lain di Indonesia . Mungkin hanya beberapa daerah saja yang menghasilkan Red Chalcedony berkualitas . Seperti Aceh yang disana lebih dikenal dengan sebutan Cempaka Merah , dan juga di Pacitan yang lebih sering disebut sebagai Red Baron .

Kelebihan dari Red Raflesia Bengkulu terletak pada warna dan bentuk kristal-nya . Adapun berbagai jenis red raflesia yang paling banyak dicari adalah Fanta Super , Cat Eye atau Mata Kucing ( memiliki giwang ) , Serat Kura , Junjung Drajat , dan Model Combong . Bongkahan atau bahan dari Red Raflesia Super , dijual dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah .

2. Batu Akik Teratai Bengkulu

Batu Akik Teratai Sarang Tawon

Gambar Batu Akik Teratai via Google.co.id

Batu Akik Teratai dari Bengkulu pada para urutan kedua dalam jenis batu akik terpopuler di Provinsi tersebut . Akik Teratai atau lebih sering disebut Sarang Tawon ( Lebah ) merupakan batuan fosil yang mengalami perubahaan kuran lebih jutaan tahun lamanya , bermetamorfosis dan berubah menjadi senyawa mineral . Dan memiliki kandungan magnesium oxyde (MgO2) , Sodium aluminium silicate hydrate [Na(Si2Al)O6.H2O] , Si (Silika ) , dan beberapa senyawa kimia lainnya . Namun kandungan Kapur Ca (Calsium) dalam komposisi yang besar , membuat batu ini memiliki kekerasan yang rendah . Kekerasan dari batu akik sarang tawon berkisar antara 5 – 5.5 Skala Mohs .

Di Bengkulu , jenis ini tidak terlalu populer . Namun bagi gemslover dari daerah lain , ini adalah jenis yang unik dan sulit untuk ditemukan di daerah lain . Batu akik teratai atau sarang tawon memiliki beragam varian . Diantaranya adalah yang berwarna hitam , ungu , putih , merah , hijau , coklat dan biru abu-abu . Selain itu penamaan Batu Akik Teratai berdasarkan motif dan bentuknya yang paling populer adalah motif Lipan , Pancawarna , Serat Emas , Kembang , dan Air . Dan saat ini sedang booming adalah Batu Akik Teratai Wulung Api . Jenis ini terlihat seperti Kecubung Api Bengkulu .

Batu Akik Pink Lebong CIBI ( Cendana Indah Bengkulu Indonesia )

Batu Akik Pink Lebong CIBI

Gambar Batu Akik Pink Lebong Cibi Bengkulu Via Liputan6.com

Batu Akik Pink Lebong atau lebih sering disebut “Ruby Bengkulu” ini berada pada deretan ketiga dalam daftar jenis batu akik bengkulu yang paling banyak dicari oleh Gemslover . Ini adalah salah satu jenis batu permata terbaik yang dihasilkan oleh alam Bengkulu dan kemungkinan besar , Pink Lebong akan menunjukkan eksistensinya pada akhir 2015 mendatang . Pada saat ini , belum banyak yang mengetahui jenis batu berwarna pink tersebut . Karena pasar batu akik masih didominasi batuan yang berasal dari Jawa , Aceh , dan juga Maluku .

Keunggulan dari Pink Lebong terlihat dari Kekristalan dan kekerasannya yang sudah layak disebut sebagai Batu Mulia . Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari salah satu Gemslover , Pink Lebong memiliki kekerasan yang setara Quartz atau Mineral Kuarsa . Yakni memiliki kekerasan 7 Skala Mohs .

3 Jenis Batu Akik Bengkulu Yang Paling Banyak Dicari | Siopung | 4.5