Jenis Batu Akik Extra Joss Dari Berbagai Daerah

Batu akik extra joss adalah nama batuan yang memiliki warna kuning benderang dan ditandai dengan tekstur kekristalan yang baik . Di Indonesia , umumnya jenis ini bisa didapatkan pada varian dari bebatuan Chalcedony , Idocrase , dan Quartz . Salah satu varian yang paling populer adalah jenis batu belimbing . Jenis ini bisa didapatkan dari Aceh dan beberapa daerah lainnya di Sumatera , Kalimantan , dan Pulau Jawa . Tidak menutup  kemungkinan juga , batu akik dengan ciri-ciri yang sama juga dapat anda temukan di daerah lainnya di Indonesia . Berikut beberapa jenis batu dengan sebutan batu akik extra joss yang kami himpun khusus untuk anda .

Jenis Batu Akik Extra Joss

Gambar Batu Akik Extra Joss Via Google.co.id

1. Batu Akik Extra Joss Aceh ( Giok Belimbing )

Batu belimbing aceh adalah varian dari Idocrase yang populer di Sumatera dan Jawa . Jenis ini memiliki warna unik dengan kekerasan sedang . Bahkan penyebutan lainnya untuk Belimbing Aceh adalah Giok Kuning atau Belimbing . Belimbing Aceh merupakan bebatuan yang sangat sensitif terhadap benda-benda keras , dan dikenal dengan bebatuan rapuh dan rawan retak . Walaupun demikian , tidak semua dari bebatuan ini memiliki tekstur kekerasan yang rendah . Ada juga varian belimbing super dengan kekerasan mencapai 6.5 Skala Mohs .

Simak juga : Cara Merawat Batu Belimbing Aceh

Varian dari belimbing aceh adalah kuning benderang , kuning kehijauan , kuning susu , dan lain-lain . Di Aceh , batu belimbing tidak memiliki harga jual yang tinggi . Jika anda penasaran , anda dapat berkunjung ke Aceh dan membeli batu belimbing dengan harga yang terjangkau . Selain di Aceh , jenis bebatuan yang memiliki warna yang sama di Sumatera , dapat anda temukan di daerah Mandailing Natal ( Madina ) , Bengkulu , dan Lampung .

2. Batu Akik Extra Joss Garut

Batu Akik Extra Joss Garut

Batu Akik Extra Joss Garut Via Google.co.id

Extra Joss Garut adalah jenis Chalcedony kuning dan terkadang batuan ini disebut cempaka garut . Varian super memiliki warna kuning kemerahaan , hampir sama dengan jenis cempaka madu Aceh . Hanya saja , warna dari Extra Joss garut  lebih pudar dan mengarah ke kuning ketimbang madu . Sebelumnya , Garut memang dikenal sebagai daerah penghasil beragam jenis batu akik . Di Daerah ini terdapat jenis-jenis yang sudah tidak asing lagi di telinga gemslover . Contohnya saja adalah Batu Pancawarna Garut .

3. Batu Akik Extra Joss Kalimantan

Jenis batu akik extra Joss yang berasal dari Kalimantan , mengarah kepada batuan mineral kuarsa ( Yellow Quartz ) atau Citrine . Jenis ini sering disebut Extra Joss dan Kecubung Teh oleh gemslover lokal . Disebut kecubung teh , karena bebatuan ini memiliki warna kuning kemerahaan berpaduan dengan warna gelap kecoklatan . Ini adalah jenis Extra Joss terbaik dibandingkan sebelumnya , dimana kekerasannya mencapai 7 Skala Mohs .

Simak juga : Batu Kecubung Teh Harga dan Khasiat

Varian super dari Kecubung Teh kalimantan , memiliki warna kuning dengan kekristalan yang baik . Jenis ini sering dibedakan dengan Smoky Quartz ( Kecubung Asap ) , walaupun kenyataannya jenis ini sama-sama varian dari mineral kuarsa .

Jenis Batu Akik Extra Joss Dari Berbagai Daerah | Siopung | 4.5