Jenis Batu Akik Kalimantan Termahal: Daftar Ulasan Lengkap

Kalimantan adalah salah satu pulau yang memiliki kekayaan batu akik permata terbaik di Indonesia . Sebelum trend batu akik naik pada tahun-tahun terakhir ini , jenis batu akik kalimantan sudah terlebih dahulu ngetrend dikalangan para gemslover tanah air dibandingkan jenis lainnya . Bahkan terdapat banyak sekali komunitas batu mulia yang bisa kita temukan di daerah ini . Seperti halnya dengan jenis batu akik yang berasal dari daerah lain , Kalimantan juga memiliki macam-macam varian batu mulia yang tidak kalah bagus-nya dengan daerah lain . Berikut beberapa jenis batu akik kalimantan termahal berdasarkan harga pasarannya saat ini .

Jenis Batu Akik Kalimantan

Gambar Peta Wilayah Kalimantan via id.wikipedia.org

Macam-Macam Jenis Batu Akik Kalimantan Dengan Harga Termahal

Jenis batu akik yang berasal dari Kalimantan memang banyak diincar oleh para kolektor . Salah satu ciri khas jenis batuan yang berasal dari daerah ini adalah memiliki pilihan ragam warna yang menarik . Salah satunya adalah red borneo , jenis batu rhodonite merah ini menjadi salah yang diincar oleh para penikmat batu permata dalam negeri . Bahkan saat ini , harga pasarannya merangkak naik seiring permintaan dari luar daerah yang cukup tinggi . Apakah red borneo menjadi jenis yang memiliki harga termahal ? Tunggu dulu , kami akan mencoba mengurutkan beberapa jenis batu akik kalimantan yang memiliki harga termahal berdasarkan data terbaru dari berbagai sumber seperti situs jual beli dan beberapa situs yang menjual batu asli dari Kalimantan .

1. Kecubung Ungu (Amethyst)

Batu Akik Kecubung Ungu Kalimantan

Jenis batu kecubung ungu ( asihan ) menampati urutan pertama dalam daftar batu permata kalimantan dengan harga termahal . Jika dibandingkan dengan jenis batuan lainnya , jenis ini memiliki konsistensi harga selama beberapa tahun belakangan ini . Jika anda membelinya langsung di Kalimantan , untuk ukuran kecil sebuah mata cincin ( small size ) , setidaknya anda harus merogoh kocek sebesar Rp 300 ribu – Rp 400 ribu . Untuk ukuran medium atau normal , setidaknya anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 700 ribu – Rp 800 ribu untuk dapat memilikinya .

Kecubung ungu adalah bentuk dari mineral kuarsa ( Quartz ) yang memiliki kekerasan 7 Skala Mohs . Dalam perkembangannya , gemslover lebih menyukai jenis kecubung wulung ungu , yang memiliki ciri-ciri berwarna hitam ( gelap pekat ) namun saat disenter terlihat warna ungu yang indah . Selain keindahannya , penyebab lainnya mengapa gemslover menyukai jenis yang satu ini adalah terkait kepercayaan bahwa batu tersebut berkhasiat untuk pengasihan .

Simak juga : Jenis Batu Akik Yang Bagus Untuk Usaha dan Karir

Beberapa daerah di kalimantan yang menghasilkan jenis batu kecubung ungu terbaik adalah Ketapang ( Kalimantan Barat ) , Pangkalan Bun ( Kalimantan Tengah ) , Martapura ( Kecamatan sekaligus Ibu kota Kabupaten Banjar , Kalimantan Selatan ) , dan beberapa daerah lainnya . *Kami sedang mencoba untuk melengkapi data ini

Tahukah anda bahwa selain di Kalimantan (Indonesia), negara lainnya yang merupakan penghasil jenis Batu Kecubung terbaik di Dunia adalah Brazil .

Jika dalam waktu dekat ini anda berencana untuk membeli batu ini , kami akan membeberkan beberapa tips sederhana yang dapat membantu anda mengetahui kualitas dari batu kecubung yang akan anda beli . Pertama adalah pastikan bahwa batu tidak memiliki kecacatan seperti crack dalam ( retakkan ) , dan jalan air ( hairline ) .

Jika batu kecubung tersebut memiliki crack dalam , maka ketahanan batu akan berkurang. Jika batu memiliki model cutting , maka perhatikan keseimbangannya . Kedua adalah kualitas kekristalannya . Jenis kecubung yang memiliki kualitas terbaik , memiliki bentuk kristal jernih tanpa adanya senyawa pengotor didalamnya .

2. Kecubung Teh ( Citrine )

Batu Kecubung Teh Kalimantan

Gambar Batu Kecubung Teh Kalimantan via Batukecubungkalimantan.com

Jenis batu akik kalimantan yang berada di posisi kedua adalah kecubung teh . Batu kecubung teh ( Citrine ) atau Yellow Quartz ( Mineral Kuarsa Warna Kuning ) yang tidak jauh berbeda dengan jenis kecubung ungu ( Amethyst ) dengan kekerasan 7 Skala Mohs . Harga yang ditawarkan juga hampir sama , hanya saja kecubung teh sedikit lebih murah daripada kecubung ungu . Jenis ini merupakan yang paling diincar di Kalimantan setelah jenis kecubung ungu .

Warna kuning dari Batu Citrine tercipta dikarenakan adanya kandungan besi didalamnya . Dalam komunitas gemstone internasional , Citrine atau kecubung teh merupakan salah satu jenis batuan yang dikenal bertuah atau membawa keberuntungan . Tidak heran jika batu ini sangat dihincar oleh para gemslover lokal . Salah satu yang membedakan kecubung teh kalimantan ( Indonesia ) dengan negara lain adalah kepekatan warnanya . Umumnya kecubung teh kalimantan memiliki warna kuning kecoklatan ( pekat ) .

Batu kecubung teh ( Citrine ) sangat populer dikalangan tokoh dan selebritis terkenal yang ada di luar negeri . Salah satunya adalah istri dari Pangeran Charles yaitu Kate Middleton yang terlihat memakai anting berhiaskan batu citrine alias kecubung teh .

Kecubung Teh Kate Middleton

Gambar Kate Middleton Memakai Anting Kecubung Teh via blog.angara.com

Batu teh sangat cocok dipakai oleh mereka yang memiliki bulan lahir November . Warna kecubung teh mulai dari pucat kuning , hingga kuning kecoklatan ( pekat ) . Dalam perkembangannya , warna kuning pada batu Citrine yang banyak ditemukan di pasaran merupakan bentuk Heat Treatments atau pemanasan , sehingga warna yang dihasilkan lebih menarik . Kelemahan dari metode pemanasan adalah dapat mengurangi ketahanan dari bentuk kristal . Untuk mengetahui jenis yang asli atau tidak , anda dapat mengukur kekerasannya .

Pada umumnya , jenis batu Citrine yang berkualitas memiliki kekerasan 7 Skala Mohs . Anda dapat menemukan batu palsu yang memiliki tampilan yang sangat sama . Kecubung Teh palsu memiliki kekerasan 5 – 5.5 Skala Mohs bahkan bisa lebih rendah lagi , karena merupakan bentuk proses pabrikasi dari bahan kaca atau sintetis .

3. Red Borneo ( Rhodonite )

Batu Red Borneo Kalimantan

Jenis batu akik kalimantan termahal berikutnya adalah red borneo . Batu red borneo adalah jenis Rhodonite yang memiliki perpaduan warna merah , merah muda ( pink ) , hitam , putih . Warna merah yang terlihat ada bentuk dari kandungan zinc oxyde yang telah mengalami metamorfosis . Sedangkan untuk red borneo super , memiliki warna merah muda dominan tanpa adanya warna putih , hitam , atau coklat yang sering terlihat pada jenis biasa .

Red borneo berada di posisi ketiga untuk jenis batu akik termahal di Kalimantan . Hal ini dianggap pantas , karena jenis red borneo memiliki pasaran harga yang sangat dinamis . Di daerah tertentu , anda dapat menemukan jenis red borneo dengan harga yang murah , namun di daerah lainnya anda akan menemukan red borneo dengan harga yang tinggi . Walaupun begitu , red borneo adalah jenis terpopuler saat ini dibandingkan jenis kecubung ungu dan kecubung teh . Anda dapat melihatnya dari banyaknya media lokal yang meliput tentang batu red borneo saat ini .

Untuk harganya sendiri , red borneo dengan ukuran medium biasanya dibandrol dengan harga Rp 200 ribu – Rp 400 ribu . Jika batu dalam bentuk super atau memiliki warna dominan ke merah , maka harganya bisa lebih tinggi lagi . Namun saat ini , gemslover lebih menyukai jenis rhodonite semi super , atau yang masih memiliki warna campuran hitam . Disebutkan bahwa dengan adanya warna hitam , ciri khas dan keaslian dari red borneo akan lebih terlihat .

Simak juga : Mengetahui Kualitas Batu Red Borneo Super Dari Kalimantan

Selain ketiga jenis batu akik kalimantan diatas , ada banyak lagi sebenarnya jenis-jenis lainnya . Jenis-jenis lainnya yang juga memiliki harga yang tinggi adalah zamrud kalimantan ( green obsidian ) , safir kalimantan ( blue obsidian ) , kecubung air atau es / kinyang ( Quartz ) , Kecubung Karang ( Red Phantom Quartz ) , dan lain-lain . Demikian artikel tentang jenis batu akik kalimantan yang terkanal memiliki harga yang tinggi di pasaran . Apakah anda sudah memiliki ketiga jenis tersebut ? , mungkin setelah ini anda bisa mencoba mencarinya .

Jenis Batu Akik Kalimantan Termahal: Daftar Ulasan Lengkap | Siopung | 4.5