Jenis Batu Akik Solar Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Batu solar adalah jenis bebatuan dengan ciri khas warna coklat kekuningan , kehitaman , dan abu-abu . Batu Akik Solar bukanlah merujuk kepada batuan tertentu , melainkan hanya sebutan untuk ciri khas tertentu saja dan anda tidak bisa untuk memastikan kesamaan kandungan mineral yang ada pada tiap-tiap batu solar dari seluruh daerah di Indonesia . Jenis batu akik solar yang ada di berbagai daerah di Indonesia merupakan varian dari berbagai jenis bebatuan yang berbeda-beda . Untuk memperluas wawasan anda tentang pengetahuan batu solar dari seluruh Indonesia , berikut kami sertakan daftar dan ulasan singkatnya untuk anda .

1. Jenis Batu Akik Solar Aceh

Jenis Batu Akik Solar Aceh

Gambar Batu Giok Solar Aceh Via Google.co.id

Batu Solar Aceh adalah jenis varian dari Idocrase yang memiliki warna coklat atau sering disebut ” Giok Solar Aceh “. Saat ini , batu solar menjadi yang termahal mengalahkan varian bebatuan lainnya yang berasal dari Aceh . Bio Solar adalah batuan Idocrase super dengan ciri khas warna coklat kuning kehijauan . Dan jenis inilah yang memiliki harga tertinggi di Aceh sampai saat ini . Harganya mengalahkan Nephrite , Lavender , Kecubung Api , dan jenis bebatuan lainnya di Aceh . Batuan ini menjadi kebanggaan masyarakat Aceh sendiri mengingat jenis Idocrase dengan warna coklat sangat jarang dijumpai di negara-negara luar .

Simak juga : Batu Giok Aceh Termahal Berdasarkan Pasaran Harga

2. Batu Solar Padang

Batu Solar Solok Selatan Padang Sumbar

Gambar Solar Solok Selatan ( Batu Solar Padang ) Via Google.co.id

Batu solar padang adalah jenis Mineral Kuarsa dan lebih dikenal dengan istilah Smoky Quartz atau Kecubung Asap . Berasal dari daerah Solok Selatan yang sudah dikenal lama menghasilkan bergam jenis batu akik . Kekerasan dari batu solar bisa mencapai 7 Skala Mohs . Dengan kualitas kekerasan tersebut , membuat banyak para gemslover di Indonesia khususnya di Pulau Sumatera mengincar batuan yang masih memiliki harga jual yang sangat murah ini . Ada rumor yang menyebutkan jenis batu akik solar padang adalah obsidian , namun sampai saat ini kami belum mendapatkan datanya .

3. Batu Solar Baturaja

Batu Solar Baturaja juga merupakan jenis mineral kuarsa ( Smoky Quartz ) . Sumber data berasal dari pedagang batu akik Baturaja . Namun ada juga varian lain yang berasal dari jenis Chalcedony . Hampir menyerupai Cempaka Sulaiman , namun memiliki warna dominan kecoklatan dan sering disebut Batu Solar Madu oleh gemslover lokal . Kualitas batu akik dari Baturaja sendiri memang sangat terkenal di seluruh indonesia . Bahkan , batu akik dari Kabupaten Ogan Kemering Ulu tersebut sering menjuarai kontes di berbagai daerah .

Batu akik berasal dari Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, seperti spritus, merah darah, sankis, solar, dan lavender, tersohor lantaran sering menjuarai kontes di Pulau Jawa ( Antaranews.com )

4. Batu Solar Kalimantan

Batu Solar Kalimantan

Gambar Batu Solar Kalimantan ( Kecubung Teh ) Via Google.co.id

Batu Solar Kalimantan ( Borneo ) merupakan varia dari Mineral Kuarsa ( Quartz ) . Di Kalimantan , tidak hanya disebut sebagai jenis batu akik solar . Ada juga yang menyebut batuan ini dengan sebutan Kecubung Teh . Varian warna coklat dengan tambahan warna kuning merupakan jenis Kecubung Teh atau lebih dikenal dengan istilah Citrine . Namun banyak beredar kabar jika jenis Kuarsa yang berasal dari Kalimantan merupakan hasil treatment .

Simak juga : Jenis Batu Akik Kalimantan Termahal

Selain ke-4 daerah indonesia tersebut , ada daerah lainnya yang juga menghasilkan jenis batu akik solar . Seperti Garut , Pacitan , Bengkulu , Jambi , Lampung , Banten , Halmahera , Sulawesi , Kupang , Bone , Langkat , Ternate , Sumbawa , Wonogiri dan lain-lain .

Jenis Batu Akik Solar Dari Berbagai Daerah Di Indonesia | Siopung | 4.5