Jenis Batu Akik Sulaiman Yang Dikenal Gemslover Indonesia

Batu Akik Sulaiman dipahami berbeda-beda oleh tiap gemslover tanah air . Ada yang menggap jika batuan tersebut adalah jenis batu cincin yang dipakai oleh Nabi Sulaiman dan ada juga yang menggap nama tersebut hanya sebagai istilah atau penyebutan saja untuk batuan dengan ciri-ciri tertentu . Umumnya , jenis batu akik sulaiman yang dikenal oleh gemslover indonesia berasal dari batuan Chalcedony . Dibawah ini kami akan menuliskan berbagai jenis nama batu sulaiman yang dikenal oleh gemslover tanah air .

Jenis Batu Akik Sulaiman

Gambar (1) Batu Cempaka Madu Dan Sering Disebut Batu Akik Sulaiman Via Google.co.id

Jenis Batu Akik Sulaiman

Dalam pemahaman gemslover luar , batu sulaiman merujuk pada sebuah batuan yang berasal dari Israel . Batuan tersebut dikenal dengan nama Batu Eilat atau Stone Of King Salomo . Batuan ini merupakan campuran dari berbagai mineral seperti Azurite , Chrisocolla , Malachite , Pseudomalachite , dan Turquosie . Batu Eilat atau Batu Raja Sulaiman berasal dari Semenanjung Sinai , Israel , disebuah daerah yang bernama Eilat . Tercatat dalam sejarah bahwa penambangan batu tersebut dahulunya berada dibawah pengawasan Raja Sulaiman .

Batu Eilat Raja Sulaiman

Gambar Batu Eilat “Stone Of King Salomo” Via Mindat.org

Tidak ada catatan sejarah khusus di Indonesia kenapa batuan dari jenis Chalcedony disebut Batu sulaiman . Namun hal ini dipercaya berawal seiring dengan adanya kepercayaan khusus terhadap mitos dari sebuah batu akik . Berikut ini kami akan lampirkan beberapa jenis batu akik sulaiman yang sering disebut oleh gemslover tanah air .

1. Batu Akik Sulaiman Madu

Batu akik sulaiman madu merujuk pada penggambaran warna dari batuan tersebut . Bentuk batuan Chriptocrystaline Silica yang banyak ditemukan diberbagai Indonesia ini memiliki penyebutan berbeda-beda di berbagai daerah di Indonesia . Di Aceh , batuan tersebut lebih dikenal dengan istilah Cempaka Madu . Di Bengkulu jenis batuan yang sama dikenal dengan istilah Raflesia . Di Jawa dan beberapa daerah lainnya mengenal batuan yang satu ini dengan istilah Batu Akik Sulaiman Madu . Lihat gambar ( 1 ) .

2. Batu Akik Sulaiman Junjung Drajat

Batu Akik Sulaiman Junjung Drajat

Gambar Batu Akik Sulaiman Junjung Drajat Via Google.co.id

Jika pada jenis yang pertama mengarah pada penggambaran warna , maka pada jenis batu akik sulaiman yang kedua mengarah pada penggambaran motif-nya . Batu Akik Sulaiman Junjung Drajat memiliki macam-macam varian warna . Diantaranya adalah putih , merah , madu atau kuning , dan hitam . Ada juga Junjung Drajat yang memiliki bolongan atau biasa disebut Combong . Jenis ini berasal dari daerah Sumatera seperti Aceh , Bengkulu , Baturaja , Jawa seperti Banten , Garut , dan Papua . Di Sumatera Utara juga memiliki batu akik sulaiman junjung drajat dengan warna merah . Namun disana batuan tersebut lebih dikenal dengan istilah Sijago-jago .

Simak juga : Khasiat Batu Akik Sulaiman Madu Motif Junjung Drajat

3. Batu Akik Sulaiman Wulung

Batu akik sulaiman wulung merujuk pada penggambaran sebuah batuan yang memiliki keunggulan baik itu bentuk , warna , dan juga motif . Ada beberapa jenis batu akik sulaiman wulung yang sempat membuat heboh para gemslover Indonesia . Salah satunya adalah batu akik sulaiman wulung sembahyang . Batuan tersebut memiliki keunggulan yang bisa dilihat dari motif atau gambar-nya yang menyerupai seseorang yang sedang dukuk bersembahyang . Bahkan beredar banyak cerita dan mitos terkait batu tersebut .

Batu Akik Sulaiman Wulung Sembahyang

Gambar Batu Akik Sulaiman Wulung Sembahyang Via www.webpermata.com

Ada juga sulaiman wulung combong yang memiliki keunggulan yang terlihat dari bolongan alami pada strukturnya . Sulaiman Wulung Combong lebih dikenal memiliki aura mistis dibandingkan jenis sulaiman lainnya . Dan dipercaya mempunyai banyak khasiat bagi si pemilik batu . Apalagi jika bentuk combong benar-benar asli dan alami .

Batu Akik Sulaiman Combong

Gambar Batu Akik Sulaiman Wulung Combong Via Google.co.id

Jenis batu akik sulaiman wulung lebih mengarah kepada penyebutan dan penggambar dari kelebihan dan keunikan batuan tersebut . Bukanlah jenis yang berbeda dari opsi pertama dan kedua , melainkan merupakan bagian dari penyebutan untuk mengenal batu akik sulaiman dengan ciri khas tersendiri di tiap-tiap daerah di Indonesia .

Simak juga : Jenis Batu Akik Panca Warna Terbaik Di Indonesia

Selain beberapa jenis batu akik sulaiman yang sudah disebutkan diatas , gemslover indonesia juga mengenal istilah batu akik sulaiman mata , kurung , daud , pancawarna ( memiliki banyak gabungan warna ) , angka 8 ( memiliki motif angka 8 ) , anggur , api , air , susu , badar , bulu macan , limau manis , lavender , lumut , pecah seribu , dan lain-lain .

Jenis Batu Akik Sulaiman Yang Dikenal Gemslover Indonesia | Siopung | 4.5