4 Makanan Yang Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Kesehatan Paru-Paru

Gambar Ilustrasi Yang Merusak Paru-Paru Via Pixabay.com

Selain dengan mengkonsumsi banyak air, terdapat beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi yang juga dapat membuat paru-paru kamu menjadi sehat.

Bagaimana makanan dapat mempengaruhi paru-paru kita?

Ada begitu banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar paru-paru kita tetap sehat, berolahraga secara teratur, tinggal di daerah yang jauh dari polusi dan pencemaran udara, tidak merokok dan sebagainya. Namun, banyak justru cenderung mengalami gangguan paru-paru akut atau kronis karena mereka tidak peduli dengan gaya hidup mereka. Hal ini sering terjadi karena banyak dari kita tidak menyadari betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk terhindar dari kerusahan paru-paru.

Makanan yang kita konsumsi juga sangat mempengaruhi tingkat kesehatan paru-paru kita. Nutrisi yang sehat yang kita dapatkan dari makanan sangat penting untuk menjaga berfungsinya semua organ tubuh kita termasuk juga paru-paru. Meskipun makanan yang kita konsumsi sehari-hari tidak secara langsung memberi makan paru-paru kita tetapi makanan yang kita konsumsi mempengaruhi paru-paru secara tidak langsung melalui sistem kardiovaskular dan dengan memberikan perlindungan antioksidan.

Seperti halnya organ lain dalam tubuh kita, kesehatan paru-paru kita akan menderita akibat makanan yang tidak sehat, lemak dan gula, sedangkan makanan segar dan alami akan memberikan banyak manfaat.

Berikut adalah pilihan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru kita . Terkhusus untu kamu yang kuat merokok, artikel ini harus kamu simak baik-baik .

1. Apel

Apel merupakan buah kaya serat, antioksidan dan flavonoid, menurut penelitian apel sangat disarankan untuk dikonsumsi karena merupakan buah sehat karena apel memberikan manfaat bagi banyak proses di dalam tubuh kita. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa apel memiliki efek positif pada fungsi organ paru-paru, lebih daripada makanan lainnya yang mengandung vitamin C, E dan beta-karoten.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria yang makan lima atau lebih apel seminggu, memiliki fungsi paru-paru lebih tinggi 138ml daripada non-konsumen ketika diukur untuk FEV1 (volume ekspirasi paksa dalam satu detik).

2. Ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang membuatnya menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk menjaga hati, otak dan kulit sehat kita. Namun, kebanyakan orang tidak akrab dengan manfaat ikan bagi paru-paru kita. Sebuah penelitian dilakukan dengan menganalisis hubungan antara asupan ikan sebagai bahan makanan dengan fungsi paru pada sampel 2.526 orang dewasa.

FEV1 (volume ekspirasi paksa dalam satu detik) secara signifikan menunjukkan bahwa fungsi paru orang dewasa lebih tinggi apabila secara rutin mengkonsumsi ikan untuk konsumsi sehari-hari dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi ikan. Para peneliti menghubungkan efek positif dari ikan dengan fungsi paru dengan senyawa eicosapentaenoic acid (EPA) yang terkandung di dalam ikan laut yang membantu dalam mengatur kadar asam arakidonat di paru-paru, senyawa ini yang kemudian melindungi paru-paru dari asma dan penyakit paru-paru lainnya.

3.Paprika merah, wortel dan jeruk

Makanan yang kaya beta-cryptoxanthin seperti merah paprika, wortel dan jeruk sangat bermanfaat agar paru-paru kita tetap sehat. Menurut sebuah penelitian di Shanghai, Cina, yang berlangsung selama 5 tahun yang dilakukan dengan mempelajari 63.257 pria dan wanita China yang secara rutin mengkonsumsi paprika merah, wortel dan jeruk untuk konsumsi mereka sehari-hari. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sekitar 15-40% terhindar dari risiko terkena kanker paru-paru apabila dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi makanan kaya akan beta-cryptoxanthin.

4. Jahe

Selain manfaat jahe yang kita kenal sebagai salah satu makanan yang memberikan efek positif terhadap saluran pencernaan kita, jahe juga efektif dalam menjaga paru-paru kita agar tetap sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti Columbia University, yang melakukan uji efisiensi terhadap senyawa jahe 6-gingerol, 8-gingerol dan 6-shogaol dan diperoleh hasil bahwa senyawa-senyawa tersebut sangat efisien dalam membantu mengatasi penyakit asma.

Oiya, Baca Juga: Ngantuk Setelah Makan? 5 Makanan Ini Mampu Menangkalnya

Demikian beberapa makanan yang telah terbukti bermanfaat dan bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru . Dengan menjaga makanan yang kita konsumsi setiap hari nya, kita akan menambah usia harapan hidup kedepannya.

4 Makanan Yang Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru | Siopung | 4.5