Tips Gemslover: Mengetahui Kualitas Bongkahan Batu Akik

Berburu batu akik tentunya sangat mengasikkan . Apalagi jika kita berburu bongkahan batu akik yang sama sekali belum diolah , pastinya memiliki kenikmatan tersendiri dibandingkan membeli yang sudah dibuat menjadi cincin . Salah satu kenikmatan yang didapatkan adalah dapat mengetahui step by step proses pembuatan batu akik yang bakalan anda pakai kelak , sehingga mengurangi resiko bagi anda membeli barang yang palsu .

Kualitas Bongkahan Batu Akik

Gambar Bongkahan Panca Warna via Google.co.id

Memilih Bongkahan Batu Akik Yang Berkualitas

Dalam berburu bongkahan batu akik , tentunya diperlukan ketelitian dan pengetahuan dasar anda dalam mengenal berbagai jenis dan karakteristik batu yang akan anda beli . Untuk beberapa jenis yang memiliki kandungan dasar Mineral Kuarsa , memang tidak diperlukan banyak pengetahuan . Yang terpenting adalah bongkahan dalam keadaan baik dan tidak memiliki kecacatan seperti retakkan dan sebagainya . Untuk jenis permata tertentu yang sudah memiliki kekerasan diatas 7 Skala Mohs , anda membutuhkan alat khusus untuk dapat mengetahui keasliannya .

Untuk jenis bongkahan batu akik seperti panca warna , ati ayam , idocrase , dan berbagai jenis yang memiliki motif dan warna banyak , tentunya dibutuhkan ketelitian dalam memilih bahan tersebut . Salah satunya adalah panca warna , para gemslover sering mengalami kesulitan saat mengidentifikasi dan mengetahui kualitasnya . Hati-hati terhadap bagian-bagian yang mengalami reduksi atau pelapukan . Jangan sampai hasilnya akan buruk setelah dipoles .

Untuk jenis panca warna , kualitasnya ditentukan oleh perpaduan warnanya . Semakin banyak warna , maka kualitas batu tersebut bisa dianggap super . Selain itu , beberapa jenis panca warna memiliki bagian-bagian yang sangat rapuh , jadi perhatikan bagian tersebut . Ciri-cirinya adalah memiliki warna hitam kecoklatan dan terjadi pelapukan dini yang bakalan menjadi pelapukan besar .

Untuk jenis tertentu seperti Idocrase , maka diperlukan alat seperti senter untuk mengetahui apakah batu tembus cahaya atau tidak . Jika batu dalam kedaaan tembus , maka batu tersebut dianggap memiliki kualitas yang baik . Bahkan untuk memiliki jenis Idocrase yang sudah memiliki kandungan kristal yang baik , para gemslover rela mengeluarkan uangnya lebih banyak dari biasanya .

Simak juga: Proses Terbentuknya Batu Idocrase

Salah satu jenis yang dipercaya masuk kedalam kategori Idocrase adalah bio solar aceh . Bio Solar Aceh memiliki penggemar yang banyak , dan batu ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi

Bongkahan Bio Solar

Bongkahan Bio Solar Aceh via Google.co.id

Senter adalah salah satu alat sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengidentifikasi struktur batu akik . Para gemslover cenderung lebih menyukai jenis yang tembus cahaya dibandingkan yang tidak sama sekali . Menurut mereka , jenis yang tembus cahaya lebih pantas untuk disebut sebagai batu mulia daripada yang tidak sama sekali .

Selengkapnya: Gambar Bongkahan Batu Akik Yang Belum Dibuat

Hal yang paling penting dalam memilih bongkahan batu akik yang bagus adalah bahan dalam keadaan baik dan tidak memiliki kecacatan sama sekali . Seperti adanya retakan , dan juga adanya bagian yang telah mengalami pengeroposan . Bagian tersebut bisa saja berhimbas kepada bagian lainnya , yang membuat bahan anda sama sekali tidak dapat digunakan . Selain itu , dalam pemilihan bongkahan batu akik bersifat relatif . Dimana setiap gemslover memiliki misi berbeda-beda .

Tips Gemslover: Mengetahui Kualitas Bongkahan Batu Akik | Siopung | 4.5