Kurang Minum Air Putih Berbahaya Bagi Pernapasan, Ini Alasannya

Bahay Kurang Minum Air Putih

Gambar Ilustrasi Minum Air Putih Via Pixabay.com

Apakah Anda disarankan untuk melakukan detoksifikasi paru-paru? Mungkin Anda kurang mengkonsumsi air putih apabila sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Apa hubungannya air dengan sistem pernapasan Anda? Mari menyimak beberapa fakta-fakta berikut ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi akan sangat mempengaruhi semua sistem yang ada dalam tubuh Anda termasuk sistem pernapasan Anda. Dengan meminum air, akan membantu untuk mengencerkan lendir yang melapisi saluran udara dan paru-paru Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan lendir menjadi menebal dan lengket, yang kemudian akan memperlambat respirasi secara keseluruhan dan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit, alergi dan masalah pernapasan lainnya.

1. Dehidrasi Membuat Sulit Membersihkan Lendiri Didalam Tenggorokan

Bila Anda tidak minum cukup air, lendir yang berlebihan akan membangun dan menghasilkan sejumlah efek samping bagi tubuh Anda. Lendir yang terbentuk di bagian belakang tenggorokan Anda (meskipun mungkin dalam hidung) akan memicu batuk, batuk merupakan reaksi pertahanan yang dilakukan tubuh Anda untuk membuang lender yang berlebihan di dalam tenggorokan. Lendir yang menumpuk memang tidak berbahaya, tetapi menjengkelkan.

Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa seperti Anda tersedak atau Anda akan sulit untuk bernafas. Kelebihan lendir di paru-paru akan membuat paru-paru menjadi meradang. Lendir yang terlalu berlebihan di dalam paru-paru dapat menjadi kental dan lengket yang kemudian akan menimbulkan penyakit dalam tubuh dan sistem pernapasan Anda akan menjadi kacau.

2. Kurang Minum Dapat Menyebabkan Bronkitis Kronis

Bronkitis disebabkan oleh peradangan dari selaput lendir yang melapisi paru-paru, yang menumpuk pada saluran udara dan menyebabkan batuk. Bronchitis menyebabkan hilangnya sejumlah besar air dari tubuh. Mereka yang menderita dengan bronkitis kronis, paling sering berurusan dengan dehidrasi juga.

Menu makanan penderita bronkitis harus mencakup banyak cairan agar tubuh tidak kekurangan cairan. Cairan ini juga dapat membantu tubuh untuk membuang racun dalam tubuh.

3. Dehidrasi Kronis Dapat Menyebabkan Masalah Pernapasan

Dehidrasi menyebabkan beberapa sel darah putih mengkonversi histadine asam amino menjadi histamin, yang memicu reaksi alergi. Kemudian setelah tubuh kembali normal dan terhidrasi, sel-sel ini akan menurunkan produksi histamin mereka, dan gejala masalah pernapasan pun akan menghilang.

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh pada bagian hidung, tabung bronkial, dan paru-paru agar daerah-daerah tersebut tetap lembab. Tetapi ketika Anda bernapas, uap air dari jaringan ini akan dikeluarkan dan setiap Anda menarik napas udara akan masuk melalui bagian hidung sehingga hidung akan menjadi kering. Dalam kondisi terhidrasi atau pasokan air cukup air akan dengan cepat terganti.

4. Dehidrasi Dapat Memperburuk Asma

Asma ditandai dengan kondisi pernapasan kejang pada bronkus paru-paru yang akan menyebabkan kesulitan untuk bernafas. Biasanya hasil dari reaksi alergi atau bentuk lain dari hipersensitivitas. Ketika asma terjadi saluran pernapasan seseorang menjadi meradang, sempit dan membengkak, dan menghasilkan lendir tambahan, sehingga sulit untuk bernapas. Hidrasi yang tepat membuat lendir berkurang dan penumpukan lendir akan berkurang.

5. Dehidrasi Dapat Memicu Alergi

Alergi disebabkan oleh reaksi histamin dalam tubuh. Jika Anda alergi terhadap serbuk sari, tubuh Anda akan memberikan sinyal bahwa serbuk merupakan sesuatu yang berbahaya dan akan bereaksi secara berlebihan, dan tubuh akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan histamines untuk melawan iritasi.

Antihistamin juga memiliki fungsi lain, termasuk mengatur pasokan air tubuh. Sebuah penelitian pada tahun 1995 di Belanda mengatakan bahwa dehidrasi akan memicu produksi histamin sebagai mekanisme defensif untuk menahan air yang tersisa di dalam tubuh.

Oiya, Baca Juga Minum Air Putih Pagi Hari Memberikan Manfaat Luar Biasa

Ketika kita mengalami dehidrasi, produksi histamin meningkat dan dapat menyebabkan kita terkena gejala alergi musiman seperti pilek, bersin, dan mata gatal. Kelebiahan produksi histamin ini untuk mengatasi kekurangan air dalam tubuh, hal ini sangat mudah untuk dihindari yaitu cukup dengan hanya minum air agar kebutuhan tubuh akan air dapat tercukupi dengan baik.

Kurang Minum Air Putih Berbahaya Bagi Pernapasan, Ini Alasannya | Siopung | 4.5