5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Dan Sesudah Olahraga

5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Dan Sesudah Olahraga

Makan Sebelum dan Sesudah Olahraga Via Pixabay.com

Bukan suatu rahasia bahwa mengkonsumsi makanan tertentu bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, mungkin kamu tidak menyadari bahwa makan makanan tertentu sebelum dan / atau setelah berolahraga dapat mengoptimalkan penurunan berat badan.

Ada beberapa komposisi makanan yang baik dan ideal yang harus dikonsumsi sebelum olahraga seperti makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan konsumsi makanan yang mengandung protein pilihan setelah melakukan olahraga. Hal ini juga direkomendasikan oleh beberapa ahli bahwa kamu tidak perlu menunggu waktu selama 2 jam atau lebih setelah berolahraga hanya untuk makan sesuatu.

Baca Juga 6 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Minum Obat

Ilmu yang melatarbelakangi hal ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang sembarangan sebelum berolahraga dapat memaksa tubuh kamu memproses energy dari hati dan ginjal, sehingga menyebabkan berat badan menjadi sulit berkurang. Seperti halnya makan setelah melakukan olahraga, berolahraga menghabiskan cadangan glikogen yang ada pada otot kamu, sehingga kamu perlu mengisi cadangan glikogen yang hilang sesegera mungkin setelah berolahraga.

Hal ini sangat direkomendasikan untuk kamu lakukan setelah 30 menit usai berolahraga karena pada kondisi tersebut metabolisme tubuh bekerja sangat aktif, sehingga memunginkan membakar lemah tubuh secara maksimal. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga

1. Makanan Sebelum Berolahraga

Kacang

Kacang mempunyai banyak kandungan protein. Salah satu kacang yang baik dikosumsi sebelym olahraga adalah kacang almond yang juga mengandung lemak sehat dan serat yang baik untuk kesehatan jantung. 100 gram kacang almond biasanya mengandung sekitar 3,9 gram karbohidrat, takaran tersebut adalah jumlah energi yang ideal yang dibutuhkan tubuh untuk berolahraga.

Jika Anda tidak memiliki kacang Almond,mengkonsumsi kacang kenari juga sama baiknya. Selain itu harus selalu minum banyak air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi setelah mengkonsumsi kacang.

Oatmeal dan Buah Beri

Oatmeal selalu menjadi salah satu menu pilihan yang sehat, tetapi oatmeal akan sangat berguna jika dikonsumsi sebelum berolahraga karena oatmeal mengandung banyak protein. Namun, kita harus mencampur oatmeal dengan beberapa buah blueberry untuk menambah asupan karbohidrat. Buah beri memiliki manfaat tambahan karena beri mengandung vitamin C, kalium (baik untuk hati Anda) dan serat. Menggabungkan dua makanan ini menjadi satu akan memberikan nutrisi yang lengkap yang diperlukan tubuh untuk berolahraga secara optimal.

Roti Gandum dan Keju Rendah Lemak

Roti gandum dengan keju rendah lemak adalah pilihan yang sederhana dan mungkin menjadi pilihan yang paling disukai bagi mereka yang memiliki jadwal yang padat. Roti gandum dengan keju rendah lemak akan memberi kamu banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung protein yang sehat dan karbohidrat kompleks. Pilihan keju yang yang kamu konsumsi harus benar-benar keju yang rendah lemak.

2. Makanan Setelah Berolahraga

Milkshake dengan Susu Almond

Ada banyak pro dan kontra tentang pendapat mengkonsumsi susu berprotein setelah melakukan kegiatan olahraga, namun setelah Anda berolahraga milkshake akan dengan cepat dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang habis saat kamu melakukan olahraga. Milkshake merupakan pilihan ideal karena milkshake dapat diserap oleh tubuh dengan cepat. Disarankan untuk mencampur milkshake dengan susu almond karena kaya akan serat, kalium, vitamin E, dan magnesium.

Baca Dulu 10 Daftar Makanan Minuman Yang Baik Dan Dilarang Saat Perut Kosong

Telur Dengan Segelas Jus Jeruk

Telur adalah salah satu sumber protein yang paling mudah dijumpai di dunia; namun telur hampir bebas dari karbohidrat (1,1 gram per 100 gram telur). Itu sebabnya kami menyarankan mengkonsumsi telur dan konsumsi segelas kecil jus jeruk murni, sebaiknya memeras jeruk dari rumah. Kombinasi ini memberikan serat, vitamin A, C, dan D serta protein dan kalsium.

5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Dan Sesudah Olahraga | Siopung | 4.5