9 Hal Yang Terjadi Jika Seandainya Manusia Punah Dari Muka Bumi

9 Hal Yang Terjadi Jika Seandainya Manusia Punah Dari Muka Bumi

Gambar Permukaan Bumi Dari Luar Angkasa Via Pixabay.com

Pada dasarnya, makhluk hidup memiliki masa hidup yang beragam. Beberapa hewan dan tumbuhan pernah hidup di bumi ini dengan ukuran dan bentuk yang jauh berbeda dengan yang saat ini, sebelum pada akhirnya mereka mengalami kepunahan akibat perilaku bumi dan bencana alam. Beberapa hal serupa mungkin saja bisa terjadi kepada manusia. Entah itu akibat bencana alam maupun ulah manusia itu sendiri. Kemajuan teknologi yang semakin pesat, bisa jadi merupakan penyebab semakin cepatnya manusia mengalami kepunahan.

Walaupun belum dapat dipastikan kapan hal itu terjadi atau bagaimana cara mengatasinya, tetapi beberapa hal ini diduga akan terjadi jika manusia sudah mengalamin kepunahan. Ini hanya sebatas wawasan mengenai keadaan bumi jika tidak ada manusia. Sejauh penelitian dan pengetahuan Sains, bumi telah berputar selama lebih dari 4.5 milyar tahun. Manusia menyebut bumi sebagai tempat tinggal dan rumah yang layak selama 200.000 tahun.

Wajar saja kita menyebut bahwa planet bumi ini sudah jauh berkembang sebelum manusia ada dan akan tetap berkembang setelah manusia tidak ada.

1. Beberapa Jam Setelah Manusia Punah

Semua Mesin Akan Mati Disaat Manusia Tidak Ada Di Bumi

Semua Mesin Akan Mati Disaat Manusia Tidak Ada Di Bumi Via Pixabay

Apabila manusia telah menghilang dari dataran bumi, efeknya akan terjadi dalam beberapa jam setelahnya. Hanya berjarak beberapa jam saja, akan terjadi perubahan yang mengejutkan, dan planet bumi yang kita ketahui ini akan berubah secara total dalam jangka waktu yang lama bahkan selamanya. Semenjak banyaknya stasiun kereta yang mengitari daratan di bumi ini dengan memanfaatkan bahan bakar fosil yang diproduksi oleh manusia hingga memanfaatkan tumbuh – tumbuhan, tenaga mesin apapun yang bekerja di muka bumi, seketika akan mati.

Beberapa hal seperti lampu, dan mesin yang bergerak dengan memanfaatkan energy fosil dan tumbuhan, akan berhenti bekerja. Bumi perlahan – lahan akan menjadi sangat gelap, tetapi beberapa sumber listrik masih tetap akan menyala berkat bantuan panel surya dan kincir angin.

2. Beberapa Hari Setelah Manusia Punah

Kareta Api Bawah Tanah

Gambar Terowongan Kereta Api Bawah Tanah Via Detik.com

Dalam 48 jam atau sekitar 2 hari tanpa adanya perawatan yang tepat, kincir angin dan panel surya yang masih aktif tersebut akan mengalami kerusakan dan planet bumi ini telah resmi tidak memiliki sumber tenaga apapun lagi. Hewan – hewan peliharaan akan mulai kelaparan dan menderita karena dehidrasi akibat tidak mendapatkan perhatian sedikitpun oleh pemiliknya, manusia. Hewan – hewan tersebut lambat laun akan mengalami kematian dan memang pada dasarnya mereka tidak memiliki kemampuan untuk hidup di bumi tanpa adanya manusia.

Selain itu, stasiun bawah tanah akan mulai kebanjiran karena pompa yang mampu membiarkan lokasi itu kering sudah tidak lagi ditenagai oleh manusia hingga tak akan ada satupun yang dapat mengoperasikan maupun memperbaiki mesin pompa tersebut.

3. Beberapa Minggu Setelah Manusia Punah

Karena perkembangbiakkan, dan ketidak mampuan fisik untuk bertahan hidup di alam liar, hewan – hewan peliharaan yang terbiasa berkunjung ke salon seperti bulldogs dan terries, akan menghadapi kematiannya. Anjing – anjing yang berukuran besar akan mulai berusaha mencari makan sendiri untuk bertahan hidup dengan memburu hewan – hewan berukuran kecil. Sama halnya dengan hewan – hewan domestic lainnya, mereka akan menjadi sumber makanan yang lebih besar untuk satwa liar yang sudah ada.

Dalam beberapa minggu pula, hewan – hewan yang berada di dalam taman hewan maupun yang berada di dalam kandang, memliki kesempatan untuk bisa melarikan diri dan menjadi predator yang ganas sekali lagi.

4. Beberapa Bulan Setelah Manusia Punah

Air yang sangat berfungsi untuk membantu pembangkit listrik tenaga nuklir dingin, akan menguap hingga menyebabkan ledakan nuklir yang menghancurkan. Jutaan hewan – hewan dan kehidupan di alam liar lainnya akan mati karena kaker yang disebabkan oleh radiasi yang berasal dari ledakan nuklir tersebut. Sistem pembuangan drainase yang mengandalkan kekuatan pembangkit listrik maupun tenaga manusia turut serta akan berhenti bekerja.

Sungai dan danau akan terisi kembali oleh berbagai jenis limbah. Akibatnya, banyak dari satwa liar yang mengandalkan sungai dan danau untuk kelangsungan ekosistem hidup mereka, akan menghadapi kematiannya. Berbagai macam bahan kimia dan gas alam dari tumbuhan (CO2) akan mempengaruhi lingkungan hidup di bumi. Bahan – bahan kimia tersebut akan timbul ke atmosfi, dan gas dari tumbuhan tersebut akan berkombinasi hingga menyebabkan timbulnya kebakaran hutan.

5. Beberapa Tahun Setelah Manusia Punah

Jika manusia telah punah, beberapa tahun setelahnya bumi akan mulai membangun pondasi tanahnya sendiri lagi karena tidak adanya perambahan oleh manusia. Untungnya, tidak memerlukan waktu yang lama untuk bumi dapat bangkit kembali akibat serangan nuklir, bahan – bahan kimia, dan gas alami dari tumbuhan (CO2) tersebut. Tidak mengherankan juga jika beberapa subtasi dan zat akan terdaur ulang, seperti plastic dan elektronik yang sekarang ini dapat ditemukan sedang berserakan di saluran air. Konstruksi baja besar seperti jembatan, bangunan dan gedung, hingga menara eifel akan mulai runtuh karena korosi.

6. 25 Tahun Setelah Manusia Punah

Beberapa proses hidup tumbuhan akan sangat berubah tanpa adanya manusia yang melakukan mutasi terhadap gen dari tumbuhan untuk membuat tumbuhan – tumbuhan tersebut tumbuh semakin banyak dan berkembang dengan sangat mudah. Membutuhkan waktu selama dua dekade, tetapi beberapa tumbuhan sayur – mayur, akan mulai kembali tumbuh seperti proses asalnya. Tumbuh – tumbuhan tersebut akan mulai mengambil alih seluruh kota dan jalanan – jalanan umum, terlebih lagi bangunan maupun gedung – gedung. Semuanya akan terselimutuin oleh rumput dan pepohonan.

Dengan ada banyaknya tumbuhan yang berkembang, hewan – hewan pun akhirnya memiliki sumber makanan yang tiada batas. Kota – kota pun akan beralih menjadi ekosistem hewan – hewan liar, dan bangunan serta rumah – rumah pada akhirnya runtuh dan tak terjaga. Kota – kota seperti Vegas dan Dubai akan kembali seperti kondisi aslinya dan akan tertutupi oleh badai pasir.

7. 300 Tahun Setelah Manusia Punah

Dalam kondisi ini, hewan – hewan sudah menduduki puncak dan menjadi penguasa di bumi. Bahkan, hewan seperti gajah yang sudah mulai langka pun pada akhirnya bisa bangkit kembali tanpa sedikitpun ancaman dari perdagangan gading. Hewan – hewan yang dulunya terkurung di dalam taman hewan, kini sudah memiliki populasi yang telah tersebar ke seluruh bumi. Singa dan gajah yang disebut pemilik dataran Africa, kini akan berkeliaran hingga ke Manhattan.

Bangunan – bangunan baja seperti jembatan, gedung, dan menara eifel akhirnya runtuh akibat korosi pada masa ini. Kehidupan hewan – hewan laut juga akan berkembang tanpa manusia, dan dunia lautan akan dilimpahkan – limpahkan dengan kehidupan yang liar.

8. 10.000 Tahun Setelah Manusia Punah

Semua penjuru kota termasuk indikasi – indikasi keberadaan manusia akan menghilang kecuali yang memiliki struktur batu. 10.000 tahun setelah kepunahan manusia, hanya piramida, tembok china, dan mt.rushmore yang akan selamat. Bangunan – bangunan dengan struktur batu tersebut memiliki kemampuan yang baik untuk lebih dari 10.000 tahun lamanya, dan mungkin adalah satu – satunya bukti bahwa manusia pernah hidup di bumi.

9. 50.000.000 Tahun Setelah Manusia Punah

Plastik

Gambar Plastik Via Pixabay.com

Satu – satunya yang akan selamat setelah 50.000.000 tahun masa kepunahan manusia adalah plastik. Alien dari masa depan akan mendatangi planet bumi dan tentunya mereka akan sangat bingung dengan adanya plastic yang mereka temukan diantara fosil – fosil kehidupan di bumi.

Membutuhkan waktu hingga lebih dari 50.000.000 tahun lagi untuk melepaskan bumi dari limbah plastik yang sebenarnya merupakan salah satu tanda bahwa manusia pernah menduduki dan hidup di planet bumi ini.

9 Hal Yang Terjadi Jika Seandainya Manusia Punah Dari Muka Bumi | Siopung | 4.5