Melihat Kandungan Batu Giok Salju Aceh ( Nephrite Putih )

Aceh adalah daerah destinasi bagi anda yang sangat gemar dengan jenis batu kelas giok , idocrase , dan nephrite . Berbagai jenis batu akik lainnya juga akan banyak anda temukan . Salah satunya adalah Giok Salju alias Nephrite Putih , yang akhir-akhir ini mulai naik daun . Giok Salju Aceh memiliki keunikan yang bisa anda lihat pada warnanya yang putih dan saat disenter akan terlihat berwarna hijau . Batu ini sering disandingkan dengan jenis giok bao bao yang berasal dari Sulawesi .

Giok Salju Aceh alias Nephrite Putih

Daerah Penghasil Giok Salju Aceh

Jenis giok salju yang berkualitas berasal dari Gayo , Nagan Raya , Takengon , dan beberapa daerah lainnya yang ada di Aceh . Berdasarkan pengakuan para gemslover , Giok Salju yang berasal dari desa Gayo lebih memiliki kualitas yang terbaik . Walaupun bukan menjadi batu yang paling diunggulkan , Giok Salju tetap memiliki peminat yang cukup tinggi . Apalagi giok salju aceh saat ini sudah mulai diperkenalkan di dalam berbagai kontes batu skala nasional .

Proses terbentuknya Giok Salju Aceh sendiri diduga kuat merupakan turunan dari jenis Nephrite yang telah mengalami metamorfosis warna menjadi putih . Namun anda akan tetap melihat keindahaan dari batu tersebut walaupun sudah berubah warna . Walaupun spesiesnya berbeda , Nephrite menjadi salah satu dari dua spesies batu yangtetap disebut dan dimasukkan kedalam kelas Giok ( Jadeite ) .

Selain berwarna hijau dan putih , batu yang masuk kelas Nephrite sendiri memiliki warna abu-abu , kuning , coklat . Untuk spesies yang sangat langka , anda juga akan menemukan Nephrite yang memiliki warna pink , hitam , violet . Kandungan dari batu giok salju aceh sama halnya dengan Nephrite , memiliki berbagai kalsium dan magnesium , dan rumus kimia untuk jenis batu ini sendiri adalah Ca2(Mg, Fe)5Si8O22(OH)2 .

Kekerasan Batu Giok Salju / Nephrite

Batu giok salju aceh atau Nephrite pada umumnya memiliki kekerasan 6 – 6.5 Skala Mohs , dan juga memiliki Spesifik Gravitasi 2.95 . Spesifik gravitasi adalah nilai perbandingan antara kepadatan jenis benda tersebut dengan kepadatan jenis benda yang dijadikan standar acuan .

Selain di Aceh , batu Nephrite sendiri akan banyak anda temui di Cina , Kanada , Selandia Baru , disepanjang pesisir Atlantik dan Pasifik Amerika Utara , beberapa di Negara Eropa dan juga di Asia Tenggara . Masyarakat Aceh tentunya sangat beruntung , karena dari berbagai wilayah di Dunia , Aceh termasuk didalamnya .

 

Melihat Kandungan Batu Giok Salju Aceh ( Nephrite Putih ) | Siopung | 4.5