Membuat Batu Badar Besi Tembus Cahaya

Batu badar besi atau Hematite adalah jenis batu yang memiliki kadar besi (Fe) yang sangat dominan. Batu ini sendiri menjadi salah satu terpopuler dikalangan para gemslover , mengingat ada banyak cerita dan mitos yang berkembang tentang khasiat dan manfaatnya . Salah satu manfaat batu badar besi yang dipercaya oleh para gemslover adalah dapat membuat tubuh si pemiliknya menjadi kebal .

Cara Membuat Batu Badar Besi Tembus Cahaya

Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang mitos yang berkembang . Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat batu badar besi meniadi tembus cahaya . Namun , apakah ada perawatan yang bisa membuat batu tersebut berubah ? .

Batu Hematite Memiliki Kadar Besi

Batu badar besi mengandung serbuk dan lempengan besi yang sangat banyak . Sehingga , sangat sulit untuk membuat batu ini menjadi tembus cahaya . Walaupun sudah mengkristal , anda akan tetap melihat seperti ada kotoran berbentuk motif hitam didalamnya .

Apakah badar besi sama dengan badar lumut aceh ?

Ternyata badar besi dan badar lumut hijau aceh sangatlah berbeda . Badar lumut adalah sebutan untuk jenis batu yang tembus cahaya namun saat disenter akan terlihat motif lumut . Sedangkan badar besi sendiri , anda tidak akan melihat motif lumut sedikitpun . Walaupun begitu , para gemslover tanah air sering menyamakan badar besi dengan jenis batu badar lumut karena sama-sama bisa lengket dengan magnet .

Berdasarkan kutipan yang kami ambil dari sebuah buku tentang ilmu dasar pengenalan batu mulia , disebutkan bahwa Badar Besi ( Hematite ) adalah bentuk besi yang telah mengalami oksidasi  menjadi batuan mineral dan dituliskan dalam rumus (Fe2O3) , memiliki ciri-ciri berwarna hitam seperti baja , dan terkadang berwarna perak abu-abu , coklat kemerah-merahaan , hingga warna merah .

Dengan ciri-ciri yang disebutkan , maka Badar Lumut bukanlah termasuk kedalam kategori Hematite . Kami lebih percaya jika Badar Lumut lebih pantas masuk kedalam kategori fosil . Fosil lumut sendiri terbentuk akibat endapan dari berbagai mineral . Sehingga memiliki mineral yang merupakan turunan dari senyawa organik . Namun tidak menghilangkan struktur dari kandungan organic tersebut . Sehingga anda masih bisa melihat bentuk lumut yang ada didalam batu .

Sulit Membuat Batu Badar Besi Menjadi Tembus Cahaya

Sebenarnya , batu badar besi telah mengalami kristalisasi dan memiliki bentuk asli yang sangat jernih . Namun zat pengotor yang berasal dari senyawa besi ,membuat batu ini tidak tembus atau tertutup kandungan besi . Jika anda ingin mendapatkan bentuk badar besi tembus cahaya , maka anda harus melakukan pencairan untuk memisahkan kandungan besi yang ada didalamnya . Saat kandungan besi berhasil dipisahkan , maka batu anda tidak bernama badar besi lagi .

Baca juga : Cara Mengkilapkan Batu Badar Besi

Metode perendaman yang banyak dipakai oleh para gemslover saat ini , nyatanya tidak akan membuat badar besi menjadi tembus cahaya . Justru akan membentuk senyawa baru , dan menciptakan reduksi terhadap kandungan kimia yang ada didalamnya .

Membuat Batu Badar Besi Tembus Cahaya | Siopung | 4.5