3 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menerbangkan Drone

Industri drone sedang mengalami kemajuan yang cukup tinggi. Saat ini konsumen sudah mulai menunjukkan ketertarikan terhadap drone, hal ini menjadikan drone sebagai salah satu barang yang memiliki potensi pengembangan yang tinggi. Pengguna drone mungkin akan mengalami kesulitan lebih dari apa yang kita bayangkan saat belajar menerbangkan drone dengan baik. Pastinya tidak semudah apa yang kita lihat tetapi tenang tidak ada yang tidak mungkin. Hal yang paling kamu butuhkan adalah kesabaran dan berikan waktu untuk berlatih.

Cara Menerbangkan Drone

Gambar Macam-Macam Drone Via Google.co.id

Cara Menerbangkan Drone Bagi Pemula

Untuk menerbangkan sebuah drone, kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat apa saja yang harus kamu penuhi untuk standarisasi keamanan dari drone yang kamu miliki . Sebaiknya, sebelum menerbangkan drone, perhatikan dengan baik buku manual petunjuk . Karena, setiap drone memiliki perbedaan tersendiri dalam mekanisme kontrol nya .

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus membeli sebuah drone yang baik. Ada begitu banyak merk drone dari berbagai perusahaan ternama, yang terpenting adalah kamu harus mengetahui type atau spesifikasi drone yang paling cocok untuk kamu pakai.

Contohnya, drone yang digunakan untuk kebutuhan militer adalah drone yang sangat kompleks dan mahal, dan perusahaan pembuat drone tidak membuat drone tersebut untuk masyarakat umum. Kemudian ada drone yang digunakan untuk kebutuhan rekreasi. Drone jenis ini adalah drone yang sangat sederhana dengan harga terjangkau.

Dalam satu drone dilengkapi dengan 4 mesin sayap/lengan dan terdapat baling-baling pada setiap ujung sayap. Dua diantara baling-baling tersebut akan berputar searah jarum jam dan dua lagi akan berputar berlawanan jarum jam.

Drone dapat membawa sebuah kamera HD, yang dapat digunakan untuk memotret atau merekam sebuah video pada saat drone sedang terbang. Biasanya drone juga dilengkapi dengan sistem sensor kecelakaan dan dilengkapi dengan jaringan GPS. Drone akan membantu kamu untuk melakukan pemotretan gambar dengan kualitas tinggi.

Belajar Menerbangkan Drone Secara Otodidak

Jangan pernah mencoba berlatih menerbangkan drone di dalam ruangan. Pergilah keluar rumah dan pilih lokasi terbuka untuk belajar menerbangkan drone. Ketika drone sudah terbang, hal penting selanjutnya adalah mencari tempat dengan angin yang tidak terlalu kencang.

Hal ini sangat penting khususnya untuk drone dengan bobot ringan dan agar sistem GPS yang terpasang pada drone tidak terganggu dan stabil. Akan lebih baik jika ketika kamu berlatih menerbangkan drone pastikan tidak ada hewan peliharaan atau manusia di sekitar kamu.

Pre-Flight Checks

Mengecek Kesiapan Drone Untuk Diterbangkan

Perhatikan Kesiapan Drone Yang Kamu Miliki Via Google.co.id

Lakukan pre-flight checks sebelum kamu menerbangkan drone kamu. Pre-flight checks akan membantu kamu terhindar dari kerusakan drone saat kamu menggunakannya.
• Cek baterai drone, pastikan baterai terisi penuh
• Cek baterai drone apakah baterai sudah terpasang dan terkunci pada tempatnya
• Lakukan pengecekan terhadap setiap aksesoris yang menempel pada drone dan pastikan tidak ada yang hilang
• Gunakan baling-baling yang layak pakai
• Periksa bagian pinggir baling-baling, pastikan baling-baling rusak
• Lakukan pengecekan berkala pada baling-baling drone

Hal Penting Kamu Perhatikan Dalam Menerbangkan Drone

Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah apabila drone menabrak sesuatu, segeralah matikan mesin drone sesaat setelah drone mengalami kecelakaan/kerusakan. Jika saat terjadi tabrakan dan mesin masih menyala akan memicu kebakaran pada mesin drone.

Ingat, sebelum lepas landas, pastikan mesin prosesor drone mengarah ke arah kamu. Apabila drone sudah mulai terbang, teruslah melaju dengan halus dan pelan. Ketika drone sudah terbang dengan stabil, cobalah untuk menggerakkan drone ke kanan dan kekiri. Ketika mendarat lakukan semulus dan sepelan mungkin agar drone tidak menabrak benda didepannya.

3 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menerbangkan Drone | Siopung | 4.5