7 Langkah Rahasia Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat

Cara Mengajari Anak Membaca

Gambar Ilustrasi Anak Via Pixabay.com

Sebagai orang tua tentu anda menginginkan bahwa anak anda mampu membaca saat tk atau masih beranjak di usia 5 tahun . Sebagian orang tua juga menyarankan bahwa proses belajar membaca pada anak harus sudah dimulai sejak ia berusia 3 tahun . Lalu apakah semua strategi yang telah anda lakukan telah berhasil untuk membuat anak anda bisa membaca dengan cepat ?

Perhatikan, proses belajar tidak bisa dipaksakan . Beberapa strategi yang kami urutkan dibawah ini bukanlah sebuah dorongan kepada anda untuk menerapkan semuanya . Anda dapat menggunakan beberapa strategi yang menurut anda cocok dengan budaya dan kebiasaan anda dirumah .

10 Cara Mengajari Anak Membaca

Proses belajar membaca tidak bisa dilakukan dalam satu malam . Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk anda membuat anak anda dapat menerapkannya . Karakter anak tentu berbeda-beda . Disini, kamu mengajak anda untuk mengenali bagaimana karakternya . Pahami dan perhatikan apa yang membuat anak anda malas untuk belajar dan apa yang membuatnya menjadi rajin.

Untuk itu, kami memberikan 10 langkah atau strategi yang bisa anda gunakan untuk mengajari anak membaca dengan cepat . Mari kita simak langkah-langkahnya .

1. Membacalah Untuk Anak Anda

Anda dapat membacakan beberapa kisah yang menarik untuk didengar . Seperti kisah cinderela, putri salju, atau cerita-cerita nabi . Buat anak anda menemukan minat yang kuat untuk bisa membaca . Pada tahap ini, anda tidak membiarkan si anak untuk membaca, tetapi menumbuhkan minat yang kuat pada dirinya untuk bisa membaca .

Pastikan bahwa anda menarik ulur keinginannya untuk mendengarkan anda membacakan buku untuknya . Keresahan yang ditimbulkan akibat penolakan yang anda lakukan, membuat dirinya semakin kuat untuk bisa membaca dengan cepat . Perhatikan, murid yang memiliki minat belajar atau tertarik untuk mengetahui sesuatu, memiliki prestasi yang baik di sekolah .

Sama halnya seperti anda dahulu waktu di sekolah . Anda tentu saja malas untuk belajar sebuah mata pelajaran yang tidak anda suka . Permasalahannya ada pada “minat” dan kurangnya rasa “ingin tahu”. Hal ini bisa anda terapkan pada anak anda untuk belajar apapun . Termasuk belajar membaca .

Pada usia antara 2 – 3 tahun, perkenalkan ia dengan buku yang memiliki gambar nyata . Pada saat ini sudah banyak dijual diberbagai minimarket, sebuah buku bacaan anak yang memiliki gambar 3 dimensi atau timbul . Ini memberikan kebahagiaan yang besar untuk anak anda . Mulailah memberikan buku-buku yang ringan . Bercerita tentang dongeng atau buah-buahan .

2. Menanyakan Beberapa Pertanyaan

Saat anda membacakan sebuah buku, coba lakukan pertanyaan interaktif kepadanya . Hal ini sangat bermanfaat dalam mengembangkan kemampuannya dalam memahami sebuah buku bacaan . Di masa depan, tentu hal ini sangat bermanfaat . Kebiasaan memahami akan membuat anak anda tidak hanya sekedar pintar membaca, tetapi memahami apa yang ia baca .

Jangan lupakan, dunia anak adalah dunia main . Permainan membuat seorang anak memiliki minat yang besar . Lakukan permainan ringan seperti menanyakan “ada berapa orang penjaga putri salju ?” dan “Apakah kamu melihat pohon kelapa ?” . Pertanyaan seperti ini membuat dirinya menjadi fokus memahami .

3. Jadilah Contoh Pembaca Yang Baik

Jika pada fase kedua anak anda mulai memilik minat yang kuat, seiring perkembangan waktu minat tersebut akan hilang jika ia tidak melihat adanya budaya membaca didalam keluarga anda . Maka, jadilah sebagai contoh yang baik untuknya dengan menunjukkan seberapa seringkah diri anda membaca majalah, koran, atau al-quran .

Pada saat itu, anda tidak hanya berhasil membuat anak anda cepat membaca . Namun memiliki keinginan atau hobi yang kuat untuk membaca segala buku. Perlu anda ketahui, 100 dari anak-anak di indonesia, hanya 1 yang hampir menyelesaikan 1 buku . Hal ini menunjukkan bahwa minat membaca sangat kurang pada diri kita .

Proses mengajari anak membaca tidak anda lakukan sepenuhnya dirumah . Pasalnya, pada saat kelas 1 sd, di sekolah para murid mendapatkan pelatihan membaca yang baik . Anda tidak perlu memberikan strategi yang sama diterapkan disekolah, tugas anda hanyalah menumbuhkan minat yang kuat pada dirinya .

4. Klasifikasikan Beberapa Jenis Buku

Mengenalkan kepada dirinya jenis-jenis buku apa saja, membuat ia menemukan jati diri dari ketertarikan dirinya terhadap suatu hal. Hal ini seperti menjelaskan kepadanya permainan apa yang ingin ia mainkan . Terlihat tidak penting, namun tahukah anda bahwa pengetahuan kita terhadap genre sebuah buku sangatlah memprihatinkan . Apakah anda menginginkan anak anda juga buta terhadap hal itu ?.

Ada beberapa jenis buku seperti fiksi, non-fiksi, ilmiah, novel, atau lainnya . Buku-buku tersebut memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang lainnya . Selain menumbuhkan minat yang kuat, dengan cara ini membuat anak anda juga mampu memilah jenis buku apa saja yang seharusnya ia baca. Keterbukaan yang kuat antara orang tua dan anak sangat penting dalam hal ini .

5. Memasang Poster Tulisan Sederhana

Seperti poster dengan tulisan “Pintu” atau “Stop” bisa membuat anak anda tanpa disadari membaca sesuatu . Inilah contoh penerapan pembelajaran yang baik . Dimana sang objek tidak sadar bahwa ia sedang belajar sesuatu . Pada saat itu, mungkin saja anak anda akan bertanya tentang tulisan yang ada pada poster tersebut . Disitulah proses pembelajaran akan masuk kepadanya .

Anda juga dapat mengenalkannya sebuah lirik lagu . Dimana ia akan mudah memahami sebuah bacaan dengan diiringi oleh irama .

6. Perhatikan Waktu Dan Kondisi Si Anak

Hal inilah yang seringkali membuat orang tua gagal menerapkan berbagai jenis strategi dalam mengajari anak membaca . Pasalnya, anak kecil tidak bisa dipaksakan terhadap segala suatu hal . Apalagi jika anda sampai memarahinya karena tidak membaca sesuatu .

Metode tersebut merupakan cara lama yang sampai saat ini ternyata tidak membuat dirinya menjadi cepat membaca. Perasaan takut hanya akan menimbulkan pergolakan dan perlawanan pada dirinya kepada anda .

7. Menggunaan Aplikasi Android Untuk Belajar Membaca

Pada saat ini dengan seiring perkembangan teknologi, kamu dengan mudah untuk memanfaatkan dalam segala hal termasuk mengajari anak membaca . Selain mudah, kamu bisa mengenalkan kepada dirinya sebuah pemahaman pemanfaatan teknologi yang baik dalam hidup .

Berbagai macam aplikasi dapat kamu download dengan mudah di play store . Pastikan bahwa aplikasi tersebut mendukung untuk bahasa indonesia . Sehingga kamu tidak mengalami kesulitan dalam prosesnya .

Demikian beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk mengajari anak membaa dengan cepat . Beberapa strategi diatas dapat anda ubah seperlunya mengikuti kebutuhan anda .

 

7 Langkah Rahasia Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat | Siopung | 4.5