Tips Mengamankan Seluruh Data Pribadi Anda Di Internet

Sekarang ini, hampir semua orang pernah melakukan pembelanjaan produk atau jasa melalui online. Ketika kamu melakukan transaksi pembelian secara online kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi. Pastikan bahwa informasi pribadi yang kamu berikan merupakan situs terpercaya.

Pencurian Data Pribadi Di Internet

Gambar: Semakin Maraknya Pencurian Data Pribadi Via Pixabay.com

Mengamankan Data Pribadi Anda Di Internet

Sayangnya, informasi pribadi yang kita berikan tidak selalu aman dan penjahat cyber bisa saja dengan mudah mengakses informasi-informasi penting kita. Untuk membantu, berikut merupakan 7 cara agar informasi kamu aman di internet.

1. Amankan akun Social Media kamu

Media sosial mungkin tampak seperti tempat yang aman untuk berbagi beberapa kegiatan yang kamu lakukan, tetapi sebenarnya kamu harus sedikit waspada dengan apa yang kamu posting di pada media sosial kamu. Bahkan informasi yang tampaknya tidak berbahaya, seperti ulang tahun atau alamat, dapat digunakan oleh penjahat untuk aplikasi yang lebih berbahaya.

Untuk menghindari hal ini, personalisasi pengaturan keamanan di akun jejaring sosialkamu. Jika kamu ingin berbagi postingan informasi pribadi (PII), pastikan untuk membagikannya hanya kepada orang-orang yang kamu kenal saja.

2. Lindungi Kartu Kredit Anda

Ketika melakukan pembelian secara online, selalu pastikan bahwa situs tempat kamu memasukkan informasi kartu kredit kamu adalah situs yang aman. URL yang digunakan harus dimulai dengan “HTTPS”, bukan hanya “HTTP”.

Oiya, Simak Juga 4 Teknologi Yang Meningkatkan Bisnis Kamu Dengan Cepat

Jangan melakukan pembelian di jaringan yang tidak aman dan ingat untuk logout dari situs transaksi kamu saat kamu menggunakan perangkat umum.

3. Gunakan Cloud untuk Backup

Gunakan cloud untuk melakukan back-uping terkait informasi-informasi penting yang ada di dalam perangkat kamu. Salah satu contoh back-uping adalah dengan menggunakan Gmail dan Google Drive, di mana saja dan kapan saja kamu dapat meng-upload file dan mengaksesnya dari mana saja di dunia.

Satu-satunya hal penting yang harus kamu perhatikan adalah koneksi internet yang kamu gunakan harus lancer dan tidak sulit untuk menemukan internet sekarang ini.

4. Menghapus laman history setelah browsing

Seringlah untuk menghapus laman history kamu setelah kamu melakukan browsing. Dengan cara ini orang lain tidak akan mengetahui informs-informasi apa saja yang baru saja kamu akses. Lakukan juga penghapusan data ketika kamu ingin menjual atau membuang perangkat komputer atau smartphone kamu.

Pastikan bahwa drive sepenuhnya dihapus dan tidak ada file tentang informasi penting dari data privasi anda.

5. Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi Ketika Tidak di Gunakan

Setiap kali kamu tidak menggunakan Bluetooth atau WiFi pada perangkat komputer atau perangkat mobile, pastikan untuk selalu mematikannya. Jika kamu tidak melakukan hal ini sebagai tindakan pencegahan, perangkat lain di sekitarnya perangkat kamu mungkin akan dapat memperoleh akses ke perangkat kamu; termasuk akses untuk membuka jaringan file sharing.

6. Gunakan Password Yang Aman

Membuat Password Yang Aman

Membuat Password Yang Aman Untuk Data Pribadi Anda Via Google.co.id

Sekarang ini banyak situs yang mengharuskan kamu untuk memiliki password sebelum mendaftar. Inglahlah selalu untuk menggunakan password yang sulit untuk ditebak.

Gunakan password dengan kombinasi huruf dan angka yang kompleks. Kamu tidak harus menggunakan tanggal ulang tahun, nama-nama anggota keluarga, atau tanggal jadian kamu dengan pacar karena hal itu akan sangat mudah ditebak.

7. Dua Langkah Authentication Untuk Mengamankan Data Pribadi Anda

Beberapa perusahaan besar dan terpercaya seperti Google, Facebook, Paypal dll semuanya menawarkan 2-langkah otentikasi, yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan kode yang dikirim ke perangkat mobile mereka agar dapat masuk.

Oiya, Simak Juga Tips Ampuh Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android

Ada beberapa perusahaan melakukan langkah otentifikasi dengan meminta nomor ponsel atau alamat email alternatif alternatif, jadi jika seseorang mencoba untuk login ke akun kamu dari perangkat yang tidak dikenal, sebuah pesan peringatan akan dikirimkan kepada kamu dan hal tersebut membutuhkan verifikasi tambahan.

Tips Mengamankan Seluruh Data Pribadi Anda Di Internet | Siopung | 4.5