Mengetahui Ciri-Ciri Batu Belimbing Aceh Super

Batu belimbing adalah jenis idocrase yang memiliki warna hijau kekuningan . Karena warnanya tersebut , membuat jenis ini disebut sebagai batu belimbing . Walaupun banyak yang menyebut batu ini sebagai idocrase , namun kandungannya justru lebih mengarah ke batu Nephrite . Dimana kandungannya hampir sama yaitu memiliki kalsium dan magnesium dalam jumlah yang lebih dominan . Namun karena kandungan mineral kalsium yang sangat banyak , membuat batu ini memiliki kekerasan yang sangat rendah atau rapuh antara 3 – 3.5 Skala Mohs .

Batu Belimbing Aceh Super

Untuk belimbing yang memiliki kekerasan yang lebih tinggi dari biasanya , disebut sebagai batu belimbing super . Hal ini dapat dilihat dari warna dan juga kepadatan dari tekstur batunya . Untuk mengetahui apakah batu tersebut super atau tidak , anda dapat melakukan pengujian atau pengetesan dengn cara sederhana yang kami rekomendasikan dibawah ini .

Mengetes Batu Belimbing Aceh Super

Untuk mengetes apakah batu tersebut termasuk super , maka anda perlu memperhatikan beberapa hal yaitu warna , tekstur , dan kekerasan . Cara sederhana dibawah ini , bisa menjadi acuan bagi anda untuk mengetahui batu belimbing aceh super atau tidak .

Warna

Warna untuk jenis yang super yaitu kuning kehijauan . Jika batu tersebut lebih dominan ke hijau , maka belum dianggap super . Namun jika batu tersebut lebih dominan ke kuning , barulah bisa dianggap super . Para gemslover sering menyamakan warna batu dengan buah belimbing yang asli . Saat buah belimbing sudah kuning , maka buah tersebut sudah bisa dipanen atau dianggap matang .

Tekstur

Untuk tekstur belimbing super , anda dapat mengenalinya dengan menyenter batu tersebut . Untuk yang super , tekstur akan terlihat jernih ( kristal ) atau tembus cahaya dan kabut dalam terlihat sangat tipis . Saat kabut dalam terlihat tebal , hal ini menandakan bahwa batu memiliki kandungan kapur ( Kalsium ) yang sangat dominan . Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa batu tersebut sangat rapuh .

Kekerasan

Jika anda tidak memiliki alat pengukur kekerasan , maka anda dapat melakukan pengetesan sederhana dengan menjatuhkan batu dari ketinggian 2 meter ke lantai . Untuk jenis yang super , maka batu tersebut tidak akan pecah . Namun untuk belimbing yang belum super , maka batu akan retak atau pecah berserakkan .

Dengan menjadikan ketiga acuan sederhana tersebut , anda sudah dapat menentukan bahwa batu tersebut sudah bisa dianggap super atau tidak . Selain itu , anda juga dapat membawa batu tersebut ke laboratorium untuk dibuatkan memo atau sertifikatnya . Pada saat ini , sudah banyak pihak swasta dan negeri yang membuka jasa pembuatan sertifikat batu akik . Selain itu , anda juga dapat menyimak Cara Merawat Batu Belimbing .

Mengetahui Ciri-Ciri Batu Belimbing Aceh Super | Siopung | 4.5