3 Cara Mengetahui Seseorang Berbohong Atau Tidak Kepada Kita

Cara Mengetahui Seseorang Berbohong Atau Tidak

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan selalu bertemu dengan orang-orang yang berbohong. Berbohong adalah sebuah tindakan dimana pelakunya menyembunyikan kebenaran dengan menyampaikan informasi yang salah kepada kita . Hal ini tentunya sangat lumrah, dimana kamu juga pasti pernah berbohong walaupun dalam bentuk yang ringan.

Menurut ilmu psikologi, ternyata kita dapat mengetahui indikasi atau gela seseorang berbohong kepada diri kita . Hal ini tentunya sangat bermanfaat, dimana dengan mempelajari hal ini, kamu akan tehindar dari efek negatif atau berbahaya jika ada seseorang yang sedang berbohong kepada kamu .

Ada beberapa cara untuk mengetahuinya diantaranya adalah wajah dan gerak-gerik dari sikapnya . Mari kita simak penjelasan beriku ini.

1. Seseorang Yang Sedang Berbohong Cenderung Berbicara Lebih Lambat

Pada saat berbohong, seseorang akan mencoba mencari cara untuk meyakinkan anda . Karena berbohong adalah sesuatu yang tanpa dipersiapkan, biasanya cenderung mereka akan mencari-cari kalimat yang tepat untuk dibicarakan disaat berbohong. Faktanya, orang yang sedang mengarang sesuatu cenderung lebih fokus untuk berpikir dan cenderung lambat dalam menyampaikannya .

Faktor lainnya adalah kehati-hatian . Seseorang yang sedang berbohong sadar jika dirinya sedang berbohong . Sehingga ia akan lebih berhati-hati dalam berbicara . Mungkin khawatir jika ada satu kalimat yang menyalah dari apa yang ia sampaikan .

2. Orang Yang Berbohong Cenderung Menarik Nafas Lebih Dalam

Inilah gejala yang paling mudah untuk dipantau dari seseorang yang sedang berbicara . Mereka yang jujur atau berkata dengan informasi yang tidak dilebih-lebihkan atau disembunyikan cenderung akan lebih tenang dalam menyampaikan sesuatu . Faktanya, orang yang berbohong akan mendapat detakan jantung yang lebih tinggi atau tidak normal.

Hal ini wajar dikarenakan adanya tekanan dan perasaan takut . Untuk itu, mulai saat ini coba perhatikan bagaimana lawan bicara anda mengambil nafas . Menurut penelitian, mereka yang menarik nafas dalam sebelum berbicara cenderung tertekan atau berbhohong .

3. Mengulang Pertanyaan Yang Anda Sampaikan

Ini adalah indikasi bahwa seseorang sedang bersiap-siap untuk berbohong . Jika anda bertanya sesuatu kemudian ia mengulang pertanyaan anda, hal ini dikarenakan ia memberikan waktu jedah untuk berpikir dan mencari jawaban dari pertanyaan anda . Ini adalah gejala yang sangat umum dan sering terjadi setiap hari di lingkungan kita .

Salah satu contohnya adalah sebuah pertanyaan “darimana kamu semalam ?” , kemudian dia akan bertanya kembali ” semalam ?” . Ini adalah indikasi bahwa seseorang akan bersiap-siap untuk berbohong . Walaupun presentasenya lebih kecil, namun kecendrungan seseorang berbohong dengan gejala tersebut sangatlah bersar .

Oiya, Baca Juga 7 Trik Rahasia Ilmu Psikologi Ini Wajib Hukumnya Kamu Ketahui

Ketiga indikasi diatas kami rasa cukup untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak kepada dirimu . Dengan menguasai beberapa hal tersebut, kamu cenderung akan lebih aman bertemu dengan orang-orang yang suka berbohong .

3 Cara Mengetahui Seseorang Berbohong Atau Tidak Kepada Kita | Siopung | 4.5