Terbukti ! Kopi Ampuh Mengubah Warna Batu Akik Dengan Cepat

Warna batu akik merupakan hasil perpaduan dari senyawa kimia yang terproses ratusan bahkan ribuan tahun lamanya . Untuk mengubah warna batu akik dengan metode sederhana , tentu dibutuhkan beberapa bahan yang mampu untuk masuk kedalam struktur batu dan merangsang perubahan warnanya . Salah satu bahan yang akan kita gunakan kali ini adalah Kopi . Kopi sendiri memiliki kandungan asam yang tinggi . Kandungan tersebut ternyata mampu membuat batu akik anda terlihat lebih baik . Pengen coba? Berikut ini caranya .

Cara Mengubah Warna Batu Akik

Memanfaatkan Kopi Untuk Mengubah Warna Batu Akik

Cara Mengubah Warna Batu Akik Dengan Kopi

Jika anda memiliki batuan yang tampilannya kurang menarik dari segi warna , maka cobalah salah trik berikut ini . Metode ini sebenarnya memanfaatkan zat asam pada kopi untuk mengstimulasi elemen kimia yang terdapat pada sebuah batu . Stimulasi tersebut ternyata mampu membuat warna batu akik menjadi lebih indah dan kuat . Metode ini banyak digunakan oleh para gemslover yang sering nongkrong di kedai kopi .

Metode sederhana ini sebenarnya tidak memberikan perubahan yang cukup signifikan . Karena anda membutuhkan waktu yang sedikit lama dengan cara ini . Namun , tak lantas hasil yang didapat akan buruk . Jika anda rutin melakukan treatment dengan menggunakan bahan ini selama 2 bulan lebih , maka anda akan merasakan perubahaan dari batu akik milik anda . Jika anda tidak melihat perubahan , maka metode ini tidak cocok dengan jenis batu akik anda.

Adapun cara membuat ramuan treatment batu akik menggunakan kopi adalah dengan menyiapkan segelas air panas yang dicampur dengan 3 sendok kopi . Tidak cukup sampai disitu , anda harus menunggu suhu pada kopi kembali mendingin . Saat suhu pada kopi kembali mendingin , maka masukkanlah batu akik anda kedalamnya . Kemudian gunakanlah penutup gelas untuk mempercepat reaksi kimianya .

Selain mampu mengubah warna batu akik , treatment batu menggunakan kopi juga mampu membuat struktur tampilannya lebih mengkilap dan halus . Bahkan , metode ini juga mampu mempercepat proses kristalisasi pada batu akik . Selama ini , kita mengenal proses heating atau memanfaatkan suhu panas dalam memberikan stimulan perubahan warna pada batu . Namun , metode tersebut sangat beresiko untuk beberapa jenis batu di indonesia yang memiliki kekerasan rendah . Salah satunya adalah Giok Belimbing Aceh yang memiliki kekerasan dibawah 4 Skala Mohs.

Resiko Yang Didapatkan Menggunakan Proses Treatment Heating

Cara Merawat Batu Akik Dengan Bara Api

Tungku Pemanasan Batu Safir di Myanmar via Quora.com

Jika anda menggunakan peralataan yang sederhana dalam menerapkan metode heating , maka anda tidak akan mengetahui tinggi suhu yang sedang membakar batu anda . Hal inilah yang dikhawatirkan memicu keretakan dan membuat batu menjadi rusak . Untuk jenis batu yang memiliki kekerasan yang tinggi , proses heating tentu sangat bagus untuk digunakan . Salah satunya adalah batuan safir di myamanr yang banyak terkena treatment heating .

Dengan menggunakan kopi , batu kesayangan anda tentunya terbebas dari resiko kecacatan atau rusak . Karena menggunakan bahan alami yang tidak terlalu ekstream dan mudah untuk diterapkan . Selain itu , proses perawatan menggunakan kopi juga sangat efisien . Anda dapat menggunakan kopi sisa atau kopi yang masih baru . Harga kopi di indonesia masih tergolong murah . Sehingga , anda tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk perawatan.

Simak juga: Cara Merawat Batu Akik Dengan Memanfaatkan Suhu Panas

Demikian ulasan kami terkait cara mengubah warna batu akik dengan memanfaatkan kopi sebagai medianya . Ada banyak trik treatment yang sebenarnya banyak belum terbongkar . Oleh sebab itu , ikut selalu perkembangan update informasi batu akik di situs Siopung.com

Terbukti ! Kopi Ampuh Mengubah Warna Batu Akik Dengan Cepat | Siopung | 4.5