Tips dan Cara Merawat Batu Badar Emas Sederhana

Batu badar emas ( GoldStone ) adalah jenis batuan yang mengandung senyawa beberapa senyawa logam , termasuk adanya logam emas didalamnya . Kandungan mineral yang terdapat didalam batu badar emas berbeda-beda di tiap daerah . Umumnya terdapat campuran besi oksida , aluminium , dan lain-lain . Jika anda kebetulan memiliki batuan ini dan bingung dengan metode perawatan ( treatment ) yang cocok , kali ini kami akan membeberkan rahasianya . Berikut ulasan singkatnya untuk anda bagaimana merawat batu badar emas yang aman dan sederhana .

Cara Merawat Batu Badar Emas

Gambar Berbagai Macam Batu Akik Badar Emas Via Google.co.id

Merawat Batu Badar Emas ( Treatment )

#Ada beberapa hal penyebab tampilan dari batu badar emas milik anda tidak menarik . Seperti memiliki warna kusam , tidak mengkilap , bahkan tidak keluar warnanya . Hal ini disebabkan karena proses penggosokkan yang kurang lama atau kurang rapi . Untuk menciptakan warna dan bentuk kilapan yang sempurna , anda dapat menggunakan kertas pasir ( Amplas ) grid 5000 atau lebih tinggi lagi . Proses pengkilapan adalah penentu dari penampilan batu akik anda .

Selain menggunakan amplas , anda juga bisa menggnakan serbuk intan . Tuangkan secukupnya serbuk intan keatas permukaan kulit , dan kemudian lakukan penggosokkan dengan arah yang sama . Proses pengkilapan yang dianjurkan setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit . Hal ini berguna untuk mendapatkan kekilauan yang merata dan struktur batu yang sempurna .

#Jika anda sudah mendapati tampilan batu yang baik , maka kita masuk dalam tahap perawatan harian . Banyak yang beranggapan bahwa teknik Waxing atau meminyaki badar besi merupakan proses treatment yang baik . Namun untuk batu badar emas , kami menganjurkan untuk tidak menggunakan metode treatment tersebut . Dalam beberapa kasus , minyak justru membuat badar besi anda menjadi terlihat kusam .

Untuk perawatan harian , anda dapat menggunakan autosol yang banyak dijual di pasar atau bengkel sepeda motor . Gunakan kain lap yang memiliki daya serap tinggi dan tekstur yang keras . Anda dapat menggunakan kain jeans atau kain sejenis .

Metode Perawatan Yang Harus Dihindari

Beberapa bahan perawatan tradisional yang seharusnya dihindari adalah minyak , asam ( jeruk nipis ) . Dalam kasus yang berbeda , kami menemukan bahwa badar besi akan berubah warnanya apabila anda menggunakan bahan2 tersebut . Tentu hal ini harus dihindari untuk tetap menjaga tampilan dari batu kesayangan anda .

Simak juga : Batu Akik Badar Emas Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Dalam merawat batu badar emas sebaiknya dihindari untuk menggunakan cairan-cairan kimia yang mungkin anda gunakan dalam eksperimen . Adapun sebaiknya badar emas sesering mungkin digosok menggunakan kain biasa untuk tetap menjaga kekilauannya . Hindari juga proses perendaman dengan menggunakan air yang terlalu lama . Dikhawatirkan jika air akan mengikis mineral pada lapisan permukaan batu , dan menyebabkan tekturnya menjadi berlubang .

Tips dan Cara Merawat Batu Badar Emas Sederhana | Siopung | 4.5