Tips dan Cara Mewujudkan Bisnis Online Impianmu Dari Sekarang

Pasti kamu bahkan sudah sering memikirkan bisnis online dari waktu ke waktu. Seperti “hal besar selanjutnya yang akan saya kerjakan” dan ide-ide itu terus berubah-ubah seiring dengan perkembangan waktu. Kebanyakan ide-ide muncul didasarkan oleh sesuatu yang sangat sebenarnya sederhana namun bernilai atau terinspirasi dari seseorang yang sudah terkenal yang sudah merubah mereka menjadi sosok jutawan yang dikagumi banyak orang. Atau mungkin ide-ide itu muncul dari pemikiran kamu sendiri. Akan tetapi permasalahannya adalah bagaimana cara kamu untuk membuat ide-ide kreatif itu menjadi sebuah peluang bisnis?

Cara Memulai Mewujudkan Bisnis Online Sendiri

Gambar Ilustrasi Proses Mewujudkan Bisnis Online Pribadi Dari Rumah Via Pixabay.com

Mungkin kamu akan berfikir bahwa langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat sebuah jaringan aplikasi atau website yang besar, tetapi taukah kamu ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum kamu mulai bekerja. Kamu harus mengerti pasar dan pastikan ide yang akan kamu jadikan bisnis adalah sesuatu yang sebenarnya dibutuhkan oleh banyak orang. Jika kamu mengikuti empat langkah sederhana ini, kamu akan dapat memulai perjalanan bisnis kamu dan menjadikan ide-ide kreatif kamu menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Temukan Pengguna Untuk Mewujudkan Bisnis Online Kamu

Apa yang biasanya orang-orang lakukan ketika mencari sesuatu di internet? “They turn to google!” Yap, mereka akan buka Google sebagai jalan keluar dari pencarian mereka. Taukah kamu bahwa google sebenarnya merekam semua kegiatan yang dilakukan para pengguna google dan kamu dapat mengakses data-data tersebut untuk mencari tau sebenarnya apa sih yang mereka cari ketika mereka online? Kamu bisa mengetik Google di pencarian kamu. Lalu ketik ketik Google AdWords, kamu akan dapat mengaksesnya dengan log in ke Google AdWords, dengan cara mengklik “tools and Analysis, followed by “keyword planner.” dan Google sudah mempersiapkan helpful guide atau petunjuk khusus buat kamu untuk memulai pencarian.

Di Google AdWords, kamu dapat mengakses dan mengetahui sebenarnya ada berapa banyak orang yang melakukan pencarian ke salah satu situs dalam satu bulan. Contohnya, ketika kamu ingin membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat selalu membuat jadwal kerja mereka sehari-hari. Kamu akan menemukan ada ribuan bahkan jutaan orang yang melakukan pencarian terkait “work schedule planner” atau “pengatur jadwal kerja” setiap bulannya.

Ini hanya sebuah contoh sederhana, akan tetapi dengan menggunakan fitur ini kamu akan dapat melihat sebenarnya apa yang dicari dan dibutuhkan oleh pengguna internet. Ini akan memberikan peluang mewujudkan bisnis online buntuk kamu untuk memastikan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar di internet .

Memikirkan Konsep Produk Yang Ingin Kamu Buat

Sekarang! Setelah kamu mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen kamu nantinya, saat nya kamu untuk membuat persiapan dan perencanaan terkait produk yang akan kamu tawarkan. Bagaimana caranya? Ingatlah selalu tentang sebenarnya masalah apa yang pelanggan coba untuk selesaikan. Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis, kamu harus menemukan cara untuk menyelesaikan masalah mereka se-sederhana dan se-efektif mungkin.

Teruslah melakukan inovasi pada langkah ini untuk memastikan ide-ide yang kamu miliki adalah ide yang sangat dinantikan-nantikan banyak orang di luar sana. Jangan fokus kepada hal-hal yang terlalu besar, seperti membuat Facebook versi terbaru atau membuat Google versi terbaru. Tujuan kamu hanya harus membuat atau membangun sesuatu yang dapat memperbaiki cara kita melakukan komunikasi satu sama lain. Ingat! Melewatkan tahap ini akan membuat produk yang akan kamu keluarkan menjadi di bawah standar, dan akan membuat bisnis kamu menjadi gagal.

Membuat  Produk Yang Sudah Kamu Konsepkan

Pada tahap ini kamu dapat memulai konsep kamu dan mengubahnya menjadi produk nyata. Ingatlah, kamu harus fokus pada konsep utama yang sudah kamu kembangkan pada tahap dua. Kamu sudah mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen, dan kamu sudah punya metode-metode khusus dan jitu bagaimana cara untuk memenuhi keinginan konsumen. Melihat ide yang dulu hanya ada didalam pikiran kamu dan sebentar lagi akan menjadi kenyataan, kamu akan terinspirasi pada dirimu sendiri.

Promosikan Produk Yang Kamu Punya

Akhirnya, kamu siap untuk GO PUBLIC untuk mewujudkan bisnis online yang kamu punya. Saatnya, kamu untuk menunjukkan produk kamu kepada orang-orang di luar sana. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai media partner kamu. Gunakan Facebook, instagram, twitter dan bahkan LinkedIn. Pastikan tempat dimana kamu melakukan promosi terhadap produk kamu adalah tempat dimana orang-orang memang sedang membutuhkan produk kamu sebagai jalan keluar.

Contohnya, jika kamu ingin membangun sebuah gym schedule app, kamu harus membuat sebuah grup yang didalamnya adalah orang-orang dengan rutinitas sehari-hari adalah olahraga. Tunjukkan kepada mereka bagaimana cara menggunakan aplikasi kamu dan mereka dapat melihat perkembangan rutinistas mereka dengan menggunkan aplikasi kamu. Ingat, tujuan akhirnya bukanlah menghimpun orang sebanyak-banyaknya untuk menggunakan aplikasi kamu. Tetapi temukanlah orang yang benar-benar memiliki ketertarikan dengan apa yang kamu tawarkan.

Nikmati Setiap Prosesnya, Jika Menemukan Masalah Carilah Solusinya, Jangan Menyerah

Marlon Wayans pernah berkata “Sukses bukanlah sebuah tujuan, tetapi jalan yang harus kamu lalui”. Jika kamu memulai sebuah bisnis yang berorientasi kepada uang, kamu tidak akan meraih kesuksesanmu. Selama kamu melakukan pekerjaan mu dengan memberikan inspirasi kepada orang lain setiap hari, percayalah kamu akan dapat mengubah dunia menjadi lebih baik. Menjadi wirausaha tidak hanya bicara tentang angka, akan tetapi berbicara tentang bagaimana cara memperbaiki kehidupan mu dan kehidupan banyak orang.

Tips dan Cara Mewujudkan Bisnis Online Impianmu Dari Sekarang | Siopung | 4.5