10 Rahasia Dibalik Lagu Lingsir Wengi Yang Jarang Diketahui

Lingsir wengi adalah salah satu satu lantunan syair lagu jawa yang dipercaya memiliki kekuatan magis bila dinyanyikan . Lagu ini mulai populer dikalangan seluruh masyarakat indonesia sebagai lantunan pemanggil hantu setelah menjadi salah satu backsound di Film “Kuntilanak” yang sangat populer dikala itu . Namun , ternyata makna lagu ini tidak seseram apa yang kita bayangkan . Ada pergantian makna yang membuat lagu ini disalah artikan sebagai syair untuk memangil hantu.

Misteri Lagu Lingsir Wengi

Gambar Ilustrasi Sunan Kalijaga Pencipta Lagu Lingsir Wengi

Misteri Lagu Lingsir Wengi

Konon , lagu lingsir wengi sebenarnya bermakna seseorang yang tidak bisa tidur dikarenakan rasa jatuh cintanya kepada seseorang . Namun ada banyak versi diantara masyarakat yang menganggap bahwa lagu ini sebenarnya telah berubah syair mengikuti jaman . Perubahaan syair dilakukan , agar tidak terjadi sesuatu hal yang buruk bagi yang menyanyikannya .

Ada yang menganggap bahwa lagu lingsir wengi yang asli berisi permohonana agar dilindungi dari bala bencana . Namun hanya sebatas persepsi dan masih menjadi misteri saat ini . Setelah kemunculan film dari Kuntilanak , berubahlah persepsi tentang syair ini yang dipercaya mampu memanggil hantu secara khusus Kuntilanak. Hal ini dikarenakan sosok hantu wanita yang satu ini dipercaya sangat suka dengan lantunan ini.

Berdasarkan versi Film Kuntilanak , inilah syair dari lagu lingsir wengi yang dipercaya mampu memanggil hantu . Sebaiknya anda bijak dan berpikiran positif dengan syair ini . Jangan sampai dapat memberikan anda sugesti negatif yang dapat memperburuk suasana batin anda.

Lirik Lagu Lingsir Wengi Versi Film Kuntilanak

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Arti lagu diatas dalam bahasa indonesia adalah ” menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna , jangan terbangun dari tidurmu . awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri) . Aku sedang gelisah, jin setan ku perintahkan . jadilah apapun juga, namun jangan membawa maut ” . Berdasarkan arti dari syair jawa tersebut , terbukti isinya sebenarnya tidak memanggil hantu atau sejenisnya untuk datang . Hanya berisi permohonan agar tidak diganggu oleh makhluk halus.

Lagu Lingsir Wengi Versi Berbeda

Jika diperhatikan dengan seksama , syair lagu tersebut benar-benar sangat menyeramkan . Hal ini dikarenakan kita telah tersugesti jika lagu tersebut menyeramkan melalui film kuntilanak . Namun bagi anda yang belum menyaksikan film tersebut , mungkin tidak akan merasakan kengerian sedikitpun . Berdasarkan informasi dari berbagai sumber , lagu lingsir wengi ternyata tidak seseram apa yang kita bayangkan . Berikut ini adalah syair yang dipercaya asli diciptakan oleh Sunan Kalijaga .

Lingsir Wengi
Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi

Arti dari lirik lagu diatas adalah “Menjelang Tengah Malam saat menjelang tengah malam , sepi tidak bisa tidur, tergoda bayanganmu di dalam hatiku , permulaanya , hanya bercanda kemudian terjadi tidak mengira akan jadi cinta , kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku menderita sakit cinta(jatuh cinta) aku harus mengeluh kepada siapa , siang dan malam , yang saya cinta jangan lupakan ku , janjinya kuharap tak diingkari”. Apakah anda melihat satu lirikpun berisi tentang Kuntilanak ?.

Simak juga: Inilah Penyebab Kuntilanak Takut Sama Gunting

Misteri lagu lingsir wengi sampai saat ini belum terpecahkan . Banyak yang percaya dengan makna bahwasanya lagu ini diperuntuhkan untuk memanggil setan atau hantu . Namun , kembali kepada anda untuk menyikapinya . Syair ini merupakan bagian dari kekayaan bangsa yang sebaiknya diluruskan dan dijaga dengan sebaik-baiknya . Demikian artikel misteri lagu lingsir wengi yang telah kami ambil dari berbagi sumber . Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda .

10 Rahasia Dibalik Lagu Lingsir Wengi Yang Jarang Diketahui | Siopung | 4.5