5 Mitos Cegukan Beserta Arti Dan Pertandanya Bagi Kehidupan

Mitos Cegukan

Foto Dalam Keadaan Cegukan Via juicing-for-health.com

Cegukan menurut kedokteran merupakan sebuah kondisi yang sangat umum terjadi bagi siapa saja. Mulai dari anak bayi hingga orang dewasa sering mengalami hal ini . Penyebab terjadinya cegukan dikarenakan adanya wilayah membran otot yang memisahkan antara rongga dada dan perut dalam kondisi kontraksi . Sehingga menciptakan sebuah dorongan atau tarikan diafragma alami.

Cegukan sendiri sering diartikan macam-macam . Mulai dari tentang adanya seseorang yang rindu, menceritakan diri kita, hingga berkaitan dengan gangguan makhluk halus yang ada disekitar kita . Ada banyak mitos cegukan yang ada khususnya di negara kita indonesia yang memiliki berbagai macam budaya dan tradisi .

Mitos Cegukan Menurut Berbagai Sudut Pandang

Jika berbicara tentang mitos tentu kita berbicara tentang sebuah kepercayaan yang sudah ada sejak dahulu . Tidak jelas darimana asal-usul mitos tersebut . Namun yang pasti, ada yang percaya ada juga yang tidak percaya . Tergantung pribadi anda dalam memandangnya . Berikut beberapa mitos tentang cegukan yang sengaja kami kumpulkan khusus untuk anda .

Cegukan Pada Malam Hari

Tidak semua daerah di indonesia pernah mendengar mitos ini . Konon, jika anda dalam kondisi cegukan di malam hari , hal ini menandakan bahwa ada seseorang yang sedang keras memikirkan anda . Ini berkaitan dengan rasa rindu atau rasa sayang dari lawan jenis .

Selain itu, ada yang menyebutkan bahwa jika tengah malam kita mengalami ecgukan, hal ini menandakan bahwa kita sedang diganggu oleh makhluk halus . Kalau orang tua dulu menyebutnya adanya makhluk yang usil terhadap kita atau ingin bercanda . Walaupun mitosnya bercanda, tapi kondisi seperti ini sangat mengganggu jika terjadi di malam hari .

Mitos Cegukan Sebelum Makan

Jika anda mengalami hal ini, maka hal ini menandakan bahwa anda melupakan sesuatu . Disaat makan kita seharusnya berdoa atau mengingat orang tua, saudara tentang keberedaannya . Dalam tradisi batak, hal ini dikenal sebagai “tondi” atau jiwa seseorang yang mengalami kontak batin terhadap kita . Disaat kita akan menikmati sebuah makanan, kita harus memastikan bahwa saudara kita juga sudah dalam keadaan kenyang .

Jika dilihat dari filosofinya, maka kita tidak boleh menikmati sesuatu hanya sendiri saja . Mengajak atau menawarkan makanan yang hendak kita makan merupakan sebuah kegiatan basa-basi di kebudayaan indonesia. Namun hal ini tidak boleh dilewatkan . Walaupun kesannya hanya sekedar, namun menawarkan makanan kepada orang lain adalah tindakan atau tradisi kekeluargaan yang baik di indonesia .

Mitos Cegukan Sebelum Melakukan Perjalanan atau Berpergian

Disebagian daerah, mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini . Cegukan sebelum melakukan perjalanan merupakan sebuah peringatan untuk menahan diri beberapa menit atau jam untuk tidak segera pergi . Untuk menghilangkan bahayanya, seseorang harus permisi atau meminta ijin kepada semua orang yang dia tinggalkan .

Di indonesia, ada banyak mitos yang berkaitan dengan seseorang yang hendak melakukan perjalanan . Seperti memakai baju atau celana terbalik, bersin, dan termasuk juga cegukan . Saran, sebaiknya mitos seperti ini tidak boleh dipercaya begitu saja . Yakin dan berdoalah kepada Tuhan YME untuk keselamatan anda disepanjang perjalanan .

Mitos Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada bayi bisa berarti bahwa sang bayi dalam keadaan yang sehat . Di india, ini menandakan bahwa ibu atau ayah sang bayi dalam keadaan lupa atau tidak mengingat bayi tersebut (tidak fokus atau dalam keadaan memikirkan yang lain). Berbeda dengan mitos sebelumnya yang sudah kita bahas tentang pengertiannya yang menandakan bahwa seseorang sedang kangen, untuk bayi ternyata kondisinya sebalinya .

Di Indonesia, cegukan yang terjadi pada anak kecil menandakan bahwa anak tersebut akan cepat besar . “Cepat Besar” atau “Sudah Besar” merupakan sebuah kalimat tradisi yang terjadi jika seseorang anak dalam keadaan jatuh dan menangis . Untuk menenangkannya, orang tua sering kali menyebut kalimat tersebut .

Mitos Cegukan Saat Bangun Tidur

Ini merupakan pengalaman yang jarang terjadi . Mungkin anda juga salah seorang yang jarang mendapati pengalaman cegukan disaat pagi hari . Jika anda mendapati pengalaman seperti ini, beruntunglah . Pasalnya, menurut mitosnya, cegukan di pagi hari menandakan bahwa keberuntungan akan menghampiri anda sepanjang hari.

Baca Juga Mitos Kejatuhan Cicak Beserta Arti dan Pertandanya

Di beberapa negara di dunia termasuk jepang, cegukan cenderung merupakan pertanda adanya gangguan makhluk halus . Untuk menghilangkan hal tersebut, seseorang akan meminum air suci .

 

5 Mitos Cegukan Beserta Arti Dan Pertandanya Bagi Kehidupan | Siopung | 4.5