Mitos Kejatuhan Cicak Beserta Arti dan Pertandanya

Banyak berbagai mitos yang dikaitkan dengan kehadiran hal- hal aneh yang akan menghampiri kehidupan kita, seperti halnya hewan yang ada di sekitar kita. Salah satunya adalah cicak yang merupakan hewan yang tidak asing lagi bagi kita. Hewan kecil ini sering kita jumpai menempel di dinding dan langit-langit rumah kita. Bahkan saya rasa hampir tidak ada rumah yang didalamnya tidak ada cicaknya.

Mitos Kejatuhan Cicak

Gambar Cicak Yang Dianggap Memiliki Mitos Berbahaya

Adanya cicak yang berkeliaran di dalam rumah kita memang tidak mengganggu, namun kita perlu berhati- hati. Karena konon menurut masyarakat yang umumnya berasal dari suku Jawa beranggapan bahwa cicak adalah makhluk yang membawa sihir dan akan membawa keburukan bagi manusia pada kondisi tertentu. Sejak dahulu secara turun temurun, mitos kejatuhan cicak ini dianggap sebagai pertanda buruk akan datangnya musibah atau mara bahaya.

Oiya, Coba Simak Inilah Penyebab Kuntilanak Takut Sama Gunting

Mungkin sebagian dari kita percaya akan mitos tersebut, sebagian lagi juga mungkin tidak percaya dan masih ada sebagian dari kita juga yang merasa bingung apakah harus percaya atau tidak dengan mitos tentang hewan reptil sang pemangsa nyamuk ini. Berikut adalah beberapa hal yang dipercaya akan dialami ketika ada seekor cicak yang jatuh di tubuh kita. Baik itu diatas kepala, bahu, tangan ataupun bagian tubuh lainnya

Kejatuhan Cicak Pertanda Akan Mendapat Sial Dalam Hidup

Ada sebuah pepatah yang menyatakan bahwa “sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan terjatuh juga”. Begitu pula hal nya dengan cicak yang merupakan hewan yang sangat pandai merayap didinding dan berlari lincah di langit-langit rumah pasti bisa terjatuh juga. Namun apabila tupai terjatuh bukanlah perkara yang dikhawatirkan oleh masyarakat, tetapi jika cicak yang jatuh akan menjadi satu kejadian yang bisa dibilang kramat bagi kita dan sangat-sangat dihindari yang namanya kejatuhan cicak.

Menurut primbon jawa, apabila ada seekor cicak yang terjatuh menimpah anggota tubuh kita, maka itu pertanda bahwa kesialan akan segera terjadi pada diri kita. Karena dianggap bahwa cicak itu adalah hewan yang jahat, bahkan dalam sudut pandang islami disunnahkan bagi kita untuk membunuh cicak. Seperti dalam sebuah hadist dinyatakan bahwa “ Barang siapa membunuh cicak dalam sekali pukul, maka ditulis untuknya seratus kebaikan, dan dalam dua kali pukulan kurang dari itu (seratus kebaikan) dan dalam tiga kali pukulan kurang dari itu” (H.R Muslim).

Sehingga cicak yang terjatuh di tubuh kita menjadi lambang akan sebuah kesialan. Kesialan yang akan diperoleh saat kita kejatuhan cicak misalnya seperti apapun yang sedang kita harapkan pada hari itu tidak akan kita peroleh, berbagai hal akan menimpah kita dan membuat kita merasa dirugikan. Sebagian masyarakat jawa khususnya para tetua mengatakan bahwa jika sudah kejatuhan cicak, apapun yang kita lakukan untuk menghindari kesialan yang akan menghampiri kita tidak bisa dihindarkan.

Maka dari itu ternyata perlu juga bagi kita untuk berhati – hati ketika berjalan di rumah ataupun disebuah gedung. Karena bukan hanya berjalan dijalan raya saja yang bisa membuat kita tersandung , tapi di dalam rumah juga sama bahayanya loh kalau kita sudah kejatuhan yang namanya cicak.

Kejatuhan Cicak Berarti Akan Kehilangan Sang Pacar

Kalau sudah ngomongin yang namanya pacar pasti ujung-ujunnya bawa perasaan. Lalu apa hubungan cicak dengan pacaran ya? Ternyata kesialan yang ditimbulkan dari tragedi jatuhnya cicak di tubuh kita itu bisa berdampak juga pada hubungan kita dengan seseorang yang kita sayang. Salah satunya adalah pacar kita. Konon katanya apabila ada cicak yang jatuh di tangan kanan kita, maka bagi kita yang sudah mempunyai pacar akan kehilangan pacarnya alias “putus” dan bagi kita yang akan menyatakan cinta pada calon pacar usahanya akan sia- sia, karena bakalan ditolak. Sakit nggak tuh?? .

Tangan kanan adalah tangan yang selalu digunakan untuk menggenggam, membelai dan melakukan apapun untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Maka ketika sang cicak jatuh di tangan kanan kita, maka kesialan dari hewan reptil ini lagi-lagi pertanda buruk yang akan merusak hubungan yang telah ataupun akan kita jalani dengan pacar kita.

Kejatuhan Kotoran Cicak Berarti Akan Sakit

Masih berkaitan dengan yang namanya hewan pembawa sial yaitu “cicak”, ternyata kotorannya juga memiliki makna ketika jatuh diatas anggota tubuh kita. Selama ini kita sangat menghindari kotoran cicak karena baunya yang tidak sedap dan juga menjijikkan, yang bisa membuat tubuh kita kotor dan terasa bau tidak sedap jika terkena kotoran cicak, bahkan bagi kita yang muslim dapat membatalkan air wudhu.

Namun bagi budaya Jawa beranggapan bahwa apbila ada kotoran cicak yang jatuh diatas kepala kita, maka itu pertanda bahwa kita akan mengalami sakit. Mereka mengibaratkan bawha kotoran cicak itu adalah sesuatu yang kotor yang dikelurkan oleh hewan yang dianggap sebagai hewan jahat dan membawa sihir. Sehingga kotoran itu melambangkan suatu benih penyakit yang akan diberikan kepada kita yang bisa berasal dari sumber manapun, baik itu penyakit secara medis maupun penyakit nonmedis (seperti dari ilmu sihir).

Selain beberapa mitos tersebut , kami juga merangkum beberapa mitos kejatuhan cicak berdasarkan area tubuh yang didapati . Hal ini tentunya memiliki pengertiannya tersendiri . Mitos ini sebaiknya tidak dianggap serius . Dikhawatirkan, akan memberikan sugesti yang buruk bagi kehidupan anda .

Kejatuhan Cicak Di Kaki atau Paha – Hal ini merupakan pertanda bahwa anda akan mendapatkan gangguan di jalan . Bisa saja dari orang lain atau dikarenakan perbuatan anda sendiri . Pastikan jika anda lebih berhati-hati jika ingin mendatangi sebuah daerah . Jika di kanan , hal ini merupakan pertanda bahwa anda akan mendapatkan gangguan dari teman atau sahabat . Jika berada di kiri, hal ini merupakan pertanda bahwa anda akan mendapatkan gangguan dari orang asing .

Oiya, Baca Juga Mitos Tentang Letak Jerawat Di Wajah Dengan Keberuntungan

Kejatuhan Cicak di Pundak – Kejatuhan cicak di pundak merupakan pertanda buruk bagi keluarga atau orang-orang yang anda sayangi . Selain itu, keadaan ini juga pertanda bahwa hilangnya tanggungjawab atau pekerjaan anda saat ini. Cenderung jika anda kejatuhan di pundak, hal ini merupakan pertanda bahwa anda akan mendapatkan sebuah permasalahan dan beban yang berat .

Mitos Kejatuhan Cicak Beserta Arti dan Pertandanya | Siopung | 4.5