5 Mitos Kesaktian Bambu Kuning Yang Mungkin Tidak Kamu Percaya

Mitos Bambu Kuning

Gambar Bambu Kuning Via Pixabay

Bambu kuning merupakan tanaman yang banyak tumbuh di kondisi geografis seperti indonesia . Pohon ini sendiri banyak tumbuh disekitaran sungai atau sawah yang memiliki curah hujan yang tinggi. Dikalangan masyarakat kita, tumbuhan ini dianggap spesial, karena memiliki berbagai macam manfaat yang sulit untuk diterima oleh akal logika kita.

Negara kita sendiri memiliki berbagai macam kebudayaan . Mitos tentang bambu kuning cenderung banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa . Bagi masyarakat khususnya mereka yang tinggal di Jawa, pasti tidak asing atau sudah pernah mendengar istilah mitos ini . Tentang bukti dan kebenarannya kami serahkan kepada anda secara pribadi dalam menilainya .

Berikut beberapa mitos pohon bambu kuning yang perlu kamu ketahui :

1. Bambu Kuning Sebagai Pagar Gaib

Pagar gaib adalah sebuh pertahanan yang dilakukan dengan memanfaatkan benda-benda mistik agar terhindar dari serangan yang bersifat astral . Serangan yang bersifat astral antara lain adalah pelet, gendam, atau santet . Di beberapa daerah memiliki perbedaan penyebutan dalam menyebut serangan gaib.

Adapun tanaman ini sendiri sering dijadikan sebagai kursi teras atau pagar rumah . Hal ini dimaksudkan agar rumah yang sedang dihuni tidak mendapatkan gangguan dari orang-orang yang tidak senang . Konon, hanya dengan memperlihatkan bambu kuning, banyak ilmu mistik yang tidak berdaya dibuatnya .

Bambu kuning juga sering kali disebut sebagai penetral aliran energi astral . Sifatnya bukan melindungi , tetapi menetralisir aliran energi negatif yang ada di lingkungan tersebut . Sehingga tujuan dari tanaman tersebut sering disebut sebagai pertahanan .

Pada tahun 98 saat presiden Soeharto berhasil digulingkan, banyak beredar isu tentang kemarahan penguasa pantai selatan . Untuk menangkal tersebut, banyak orang yang menanam tumbuhan ini dirumahnya .

2. Sebagai Jimat Pertahanan Diri dan Keberuntungan

Jika sebelumnya kita telah menjelaskan bahwa tanaman tersebut mampu menetralisir aliran energi negatif, kini mitos dari tanaman tersebut adalah dijadikan sebagi jimat yang dibawa kemana-mana untuk pertahanan diri . Bahkan mitosnya, bambu kuning khusus seperti (petuk) sering diperjual-belikan dengan harga yang sangat mahal . Pasalnya, benda tersebut dapat dijadikan penglaris dari bisnis si pemakainya .

Untuk dijadikan sebagai jimat pribadi, tanaman tersebut seringkali disulap menjadi sebuah gelang atau mata kalung. Konon, banyak rumah makan yang menjadikan bambu kuning sebagai bahan bangunan atau properti miliknya . Bukan tanpa alasan, bambu yang dibuat untuk properti tersebut merupakan pohon pilihan yang sudah melewati proses ritual .

Di luar negerti tumbuhan ini sering disebut “Lucky Bamboo” atau Bambu Keberuntungan . Hal ini dikarenakan banyaknya aliran di dunia yang mengadopsi budaya China Kuno .

3. Pengusir Makhluk Astral

Dahulu kita sering kali mendengar istilah makhluk jadi-jadian . Makhluk mitologi tersebut seringkali mengganggu pemilik rumah atau seorang anak bayi yang baru dilahirkan . Dengan menggunakan tumbuhan ini, konon makhluk-makhluk astral tersebut tidak berani untuk mendekat . Seperti yang sudah dijelaskan, sifatnya yang mampu menetralisir energi negatif ke positif, membuat makhluk tersebut tidak berdaya .

Percaya atau tidak, di beberapa daerah indonesia masih percaya dengan mitos seperti ini . Tanaman ini banyak anda temukan di halaman rumah mereka yang masih tinggal di perkampungan . Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang ada di perkotaan masih menjalankan mitos ini .

4. Mengusir Ular

Bukan seperti mengusir ular yang saat ini anda bayangkan . Dengan menggunakan tongkat dari bambu kuning, kamu bisa menjadikannya pertahanan diri dikala diserang oleh hewan tersebut . Dengan menggunakan tongkat tersebut, kamu bisa memukulnya atau mengusirnya . Tetapi faktanya tidak sesederhana itu . Bambu kuning merupakan benda yang sangat ditakuti oleh ular .

Baca Dulu 5 Mitos Cegukan Beserta Arti Dan Pertandanya Bagi Kehidupan

Konon, ular merupakan hewan yang sering dijadikan oleh makhluk halus untuk menampakkan wujudnya . Dengan menggunakan bambu kuning, kamu menjaga diri dari kemungkinan menghadapi ular gaib bukan ular biasa . Banyak cerita dan legenda terkait hal ini . Mungkin kamu lebih tahu atau memang sudah pernah mendengar sebelumnya .

 

5 Mitos Kesaktian Bambu Kuning Yang Mungkin Tidak Kamu Percaya | Siopung | 4.5