4 Mitos Tentang Diet Yang Dilakukan Banyak Orang Ternyata Salah Total

Mitos Tnteng Diet Yang Ternyata Salah

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Ada begitu banyak cara yang sering dilakukan orang-orang saat melakukan proses penurunan berat badan. Contohnya dengan mengurangi asupan karbohidrat, mengurang konsumsi pada produk susu atau melakukan olahraga ketat demi memperlancar proses penurunan berat badan. Namun kenyataannya, ada begitu banyak cara diet yang salah yang biasanya diterapkan oleh orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan mereka.

Berikut ini adalah beberapa mitos tentang diet yang ternyata salah .

Mitos Tentang Diet #1: Anda harus menahan rasa lapar untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu langkah pertama yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang saat melakukan program diet adalah dengan secara drastis mengurangi asupan makanan mereka. Hal ini memang sangat membantu dalam hal menurunkan berat badan Anda apabila dilakukan secara konsisten dan konstan. Menurut FitnessHealth101.com, mengurangi asupan makanan Anda akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi hanya dalam bentuk berat air.

Setelah berat air Anda hilang, berat badan Anda akan melambat secara eksponensial.
Dengan mengurangi porsi makan yang biasanya Anda konsumsi, secara otomatis lemak yang merupakan sumber energi tubuh akan berkurang. Hal ini kemudian akan menyebabkan energi menurun, lesu, perubahan suasana hati, dan metabolisme yang melambat, yang akan membuat badan Anda menjadi tidak bugar dan fit.

Sebaliknya, makanlah makanan sehat yang tinggi protein dalam porsi kecil sepanjang hari agar metabolisme tubuh Anda bekerja terus menerus dan tingkat energi Anda tetap tinggi.

Mitos Tentang Diet # 2: Anda Harus Hindari Karbohidrat

Ini adalah kesalahpahaman umum tentang diet karena banyak orang percaya bahwa karbohidrat menyebabkan kenaikan berat badan. Diet populer seperti Paleo, Atkins, ketogenik, dan South Beach yang semuanya dirancang untuk mengurangi beban karbohidrat Anda dan membantu mengurangi massa otot.

Mengurangi jumlah karbohidrat sederhana (seperti: soda, jus buah, kue, dll) dalam menu diet Anda tentu menunjukkan dampak, Anda tidak perlu berpikir untuk tidak memakan karbohidrat sama sekali sebagai konsumsi sehari-hari. Bahkan, menurut Health.com, termasuk karbohidrat kompleks tertentu dalam diet Anda benar-benar dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Makananlah makanan ringan yang tinggi karbohidrat seperti sayuran, kacang-kacangan, kentang, dan biji-bijian sebagai menu diet Anda sehingga Anda akan makan lebih sedikit sepanjang hari, membantu Anda mengendalikan gula darah Anda dan mempercepat metabolisme Anda.

Mitos Tentang Diet # 3: Anda Bisa Makan Apa Pun Yang Anda Inginkan jika Anda Olahraga

Kebanyakan orang berfikir bahwa selama Anda berolahraga secara teratur, Anda dapat makan apapun yang Anda inginkan dan masih dapat menurunkan berat badan. Sayangnya, hal ini tidak terjadi. Berat badan bergantung pada rasio kalori yang dikonsumsi dibandingkan kalori yang terbakar, jadi jika tujuan Anda adalah untuk mengurangi berat badan Anda, Anda perlu untuk mengetahui jumlah kalori yang Anda makan dan lakukan pengurangan kalori dengan berolahraga melebihi kalori yang Anda konsumsi.

Mitos Tentang Diet # 4: Semua Kalori Diciptakan Sama

Anda mungkin berfikir kadar kalori dari semua makanan adalah sama. Seperti 100 kalori dari pasta sama dengan 100 kalori dari tuna? Salah! Tubuh Anda memproses segala sesuatu yang Anda konsumsi dalam cara yang sangat berbeda. Menurut AuthorityNutrition.com, tubuh Anda menggunakan lebih banyak energi untuk metabolisme protein daripada lemak dan karbohidrat yang bertugas untuk mempercepat metabolisme Anda dan membakar lebih banyak kalori.

Makanan yang tinggi protein juga dikenal dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda akan makan lebih sedikit dalam satu hari. Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah yang tepat dari protein setiap hari, Anda dapat melengkapi diet Anda dengan menambahkan protein-protein sehat.

Intinya adalah bahwa Anda tidak perlu melakukan diet ketat dengan mengurangi porsi makan secara derastis untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya, makanlah makanan yang dapat mencakup kebutuhan tubuh Anda sehari-hari seperti: protein, dan karbohidrat kompleks, kemudian lakukan olahraga secara teratur dan perbanyak konsumsi air.

Oiya, Baca Juga 6 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Minum Obat

Buatlah perubahan gaya hidup Anda menjadi gaya hidup sehat, selain tubuh Anda sehat Anda juga akan mendapatkan bentuk tubuh ideal.

4 Mitos Tentang Diet Yang Dilakukan Banyak Orang Ternyata Salah Total | Siopung | 4.5