Nama Batu Akik Warna Putih Bening Kristal Tembus Cahaya

Nama batu akik berbeda-beda disetiap daerah . Umumnya , penamaan batu akik diambil dari warna dan coraknya . Seperti batu panca warna , disebut panca warna karena memiliki motif 5 warna yang menghiasianya . Namun , kali ini kita akan membahas tentang nama batu akik yang memiliki ciri-ciri berwarna putih bening dan tembus cahaya . Penamaan ini tentunya berbeda-beda disetiap daerah . Misalnya batu tersebut disebut kecubung es di beberapa wilyah . Namun di wilayah lain , justru batu tersebut disebut kecubung air .

Nama Batu Akik Warna Putih Bening

Nama Batu Akik Warna Putih Bening

Batu permata yang memiliki tektur seperti yang disebutkan , mungkin diantaranya adalah intan dan mineral kuarsa ( Quartz ) . Namun jika batu tersebut memiliki kekerasan dibawah atau sama dengan 7 Skala Mohs , kemungkinan besar batu tersebut adalah jenis mineral kuarsa . Karena intan umumnya memiliki kekerasan 9 – 10 Skala Mohs . Yang paling umum dimiliki oleh kebanyak gemslover indonesia adalah jenis mineral kuarsa . Sebab intan mempunyai harga yang sangat mahal dibandingkan dengan jenis mineral kuarsa .

Batu Akik Kecubung Air ( Quartz )

Nama Batu Akik Kecubung Air

Gambar Batu Kecubung Air via Google.co.id

Kecubung air adalah nama batu akik warna putih bening yang masuk kedalam jenis mineral kuarsa ( Quartz ) dan memiliki kekerasan 7 Skala Mohs . Batu ini merupakan bentuk dari mineral kuarsa murni yang tidak memiliki perubahan warna sama sekali . Beberapa jenis batu yang mungkin anda kenal dan masih bersaudara dengan kecubung air adalah kecubung teh ( Smoky Quartz ) , citrine ( Yellow Quartz ) , dan jenis kecubung ungu ( Amethyst ) yang juga memiliki kandungan mineral kuarsa didalamnya .

Pada saat ini , jenis kecubung air banyak dipalsukan oleh sebagian pelaku industri . Bentuk dari kecubung air asli dan palsu memang sulit dibedakan . Hal ini dikarenakan tekstur kejernihan dari kecubung air benar-benar hampir menyerupai kaca . Jika tanpa bantuan alat pengukur kekerasan mineral , tentunya kita akan mengalami kesulitan dalam membedakan jenis yang asli dan yang palsu . Untuk mengetahui yang asli dan yang palsu , anda dapat melihat serat dalamnya .

Umumnya kaca akan memiliki tekstur yang sama disemua sisinya . Berbeda dengan kecubung air , yang memiliki variasi tekstur kabut yang beragam disetiap sisinya .

Simak selengkapnya: Cara Melihat Batu Kecubung Air Asli atau Palsu

Demikian artikel singkat mengenai penjelasan nama batu akik yang berwarna putih bening . Kecubung air sering disebut juga kecubung es oleh sebagain gemslover , dan disebut juga kinyang air atau mustika air . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda .

Nama Batu Akik Warna Putih Bening Kristal Tembus Cahaya | Siopung | 4.5