10 Negara Di Dunia Yang Tidak Pernah Dijajah Dan Lihatlah Sekarang

Penjajahan sendiri terjadi jika suatu negara menguasai negara atau bangsa lain . Pada era perang dunia pertama , kebanyakan negara seperti di Asia dan Afrika dan beberapa negara di dunia dikuasai negara-negara yang berasal dari Eropa . Di Asia sendiri , negara yang memiliki banyak negara jajahan adalah negara matahari terbit atau Jepang ( Japan ) . Pada masa itu , Jepang memang memiliki kemampuan dan peralatan tempur yang mempuni . Sehingga , banyak negara-negara lemah pada masa itu dijajah oleh mereka .

Daftar Negara Di Dunia Yang Tidak Pernah Dijajah

Lalu bagaimana dengan negara-negara yang sama sekali tidak pernah dijajah ? . Tentu ada , negara-negara tersebut akan kita rangkum dan kita bahas secara singkat dibawah ini . Berikut beberapa negara di dunia yang tidak pernah dijajah .

Liberia

Liberia Negara Yang Tidak Pernah Dijajah

Liberia resmi menjadi sebuah negara pada tahun 1847 . Namun sebelum itu , beberapa negara pernah datang dan mendirikan tempat perdagangan di wilayah tersebut . Beberapa negara yang pernah datang adalah Inggris , Portugal ( Portugis ) , dan Belanda . Amerika Serikat mengklaim pernah mendirikan pemerintahaan kolonial di negara Liberia , namun hanya beberapa periode saja .resmi menjadi sebuah negara pada tahun 1847, tapi sebelum itu, beberapa negara telah mendirikan pos perdagangan di seluruh wilayah, termasuk Inggris, Portugal, dan Belanda.

Beberapa pihak mengklaim AS telah mendirikan pemerintahan kolonial di Liberia untuk suatu periode. Cape Mesurado adalah sebuah bukti tempat yang pernah didirikan untuk mengirim mantan budak dari Amerika pada masa itu . Walaupun Amerika pernah mendirikan pemerintahaan kolonial , namun tetap saja pengaruh Amerika tidak begitu luas di negara Liberia dan membuat negara ini memenuhi syarat sebagai negara yang tidak pernah dijajah .

Jepang

Jepang Termasuk Negara Yang Tidak Pernah Dijajah

Jepang adalah satu-satunya negara di Asia yang memiliki pengaruh besar dan juga memiliki banyak negara jajahan . Selain itu juga , Jepang merupakan satu-satunya negara di Asia yang tidak pernah dijajah oleh bangsa barat . Hanya sedikit negara saja yang berhasil masuk untuk mendirikan perdagangan di pelabuhan-pelabuhan Jepang . Negara-negara tersebut adalah Belanda dan China .

Bahkan Jepang sempat menjajah Indonesia kurang lebih 3 tahun , setelah pihak kolonial Belanda dipaksa mundur dari tanah Indonesia . Jepang mengalami kekalahan terbesar , setelah jatuhnya bom atom di kota di Hiroshima dan Nagasaki . Serangan nuklir tersebut atas perintah dari Presiden Amerika Serikat Harry S Trauman .

“Little Boy” adalah nuklir pertama yang dijatuhkan ke kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 . Dan nuklir kedua yaitu “Fat Man” dijatuhkan di kota Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945 . Akibat serangan tersebut , sebanyak 140.000 orang di kota Hirhoshima meninggal dunia dan sebanyak 80.000 orang meninggal di Nagasaki . Kebanyakan korban meninggal diakibatkan sakit karena radiasi yang dikeluarkan oleh Nuklir tersebut .

Thailand

Thailand Negara Yang Tidak Pernah Dijajah

Thailand menjadi satu-satunya negara yang di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah . Walaupun begitu , Thailand tetap mendapatkan tekanan besar dari bangsa Eropa seperti Inggris dan Prancis yang juga telah berkuasa di beberapa negara tetangga lainnya di Asia Tenggara . Walaupun demikian , Thailand berhasil lolos dari tekanan tersebut .

Bhutan

Bhutan adalah Negara yang tidak pernah dijajah

Bhutan adalah salah satu negara yang sangat terasing dan kurang pembangunan di dunia . Bhutan sangat mengandalkan pariwisata sebagai pendapatan negara . Bhutan termasuk negara yang sama sekali tidak pernah dijajah atau mendapatkan pengaruh kolonial .

Walaupun begitu , Bhutan pernah berjuang untuk berperang melawan Inggris pada abada ke 18 dan 19 . Kemudian , wilayah negara ini semakin kecil setelah adanya pengaruh politik dari luar perbatasan . Namun , Bhutan tetaplah menjadi negara yang berdaulat pada era kolonial .

Iran

Iran adalah Negara Yang Tidak Pernah Dijajah

Iran termasuk negara yang tidak pernah dijajah . Tetapi negara ini pernah menderita pada tahun 1800 an , akibat perang melawan Rusia dan Inggris . Setelah itu , mereka terus berjuang untuk membangun kerajaan meraka . Secara resmi , Iran sama sekali tidak pernah dijajah oleh bangsa manapun . Namun , negara ini pernah kehilangan beberapa wilayahnya setelah perang melawan Rusia dan Kerajaan Inggris pada masa itu

Iran juga berkongsi Teluk Parsi dengan Kuwait, Iraq, Arab Saudi, Bahrain, Oman, Qatar dan juga Emiriah Arab Bersatu. Agama rasminya ialah Islam Syiah dan bahasa rasminya ialah Bahasa Parsi.

Nepal

Nepal

Nepal menjadi salah satu yang masuk dalam daftar negara yang tidak pernah dijajah . Lokasinya yang terisolasi di dekat Pegunungan Himalayah , dipercaya menjadi penyebab negara ini tidak mendapatkan pengaruh kolonial . Sejak Nepal dipersatukan oleh Raja Prithvi Narayan Shah pada 21 Desember 1768, secara resmi menjadi negara yang berdaulat .

Tonga

Tonga

Tonga adalah sebuah negara yang berada di kepulauan Samudra Pasifik bagian selatan, sekitar sepertiga perjalanan antara New Zealand dan Hawaii. Tonga terletak di sebelah selatan Samoa dan timur Fiji. Negara ini terdiri dari 176 pulau, 36 di antaranya berpenghuni. Pulau terbesarnya ialah Tongatapu.

Tonga menjadi sebuah negara yang dilindungi oleh Inggris pada 18 Mei 1900 berdasarkan Perjanjian Persahabatan. Status ini berakhir pada 4 Jun 1970 ketika Tonga mengisytiharkan kemerdekaannya. Komisen Tinggi United Kingdom di Tonga yang telah didirikan sejak 1901 telah ditutup pada tahun 2006.

China

China Adalah Negara Yang Tidak Pernah Dijajah

Cina, tidak termasuk Hong Kong dan Makau, sama sekali tidak pernah dijajah . Namun selama beberapa abad , China tidak diikutkan dalam perjanjian perdagangan oleh sebagian besar negara barat pada waktu itu . Termasuk Inggris , Perancis , Jerman , Rusia , dan juga negara Asia lainnya yaitu Jepang .

Sehingga membuat China merasa dirugikan oleh monopoli perdagangan tersebut . Monopoli perdagangan ini sering dianggap semi-kolonialias . Walaupun begitu , tidak ada satu negara yang memiliki kontrol penuh terhadap China . Dan China pantas masuk kedalam daftar negara di dunia yang tidak pernah dijajah .

Ethiopia

Ethiopia

Terlepas selama 5 tahun negara ini jatuh ke tangan diktator Italia yaitu Benito Amilcare Andrea Mussolini . Negara ini dapat mempertahankan kedaulatannya secara penuh . Italia berhasil dikeluarkan oleh inggris pada tahun 1941 dan kemudian Ethiopia mendapatkan status independe penuh pada tahun 1944 . Bahkan pasukan Italia yang berada dibawah perintah Mussolini mendapatkan hadangan dari gerilyawan Ethiopia .

Bahkan pasukan dari Mussolini belum sempat menguasai seluruh wilayah di Ethiopia dan hal inilah yang menybabkan Ethiopia pantas masuk dalam daftar ini .

Arab Saudi

Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara yang sangat kaya akan minyak , walaupun kaya tetapi nyatanya tidak pernah ada pengaruh kolonialisasi dari Eropa . Walaupun negara ini memiliki sejarah Purba yang sangat terkenal , namun Kerajaan Arab Saudi diasaskan pada tahun 1744 .

Oiya, Baca Juga Daftar Negara Di Dunia Yang Memiliki Hutan Terluas

Hingga sampai saat ini , Arab Saudi merupakan destinasi beribadah untuk umat muslim yang ingin melaksanakan Haji . Demikian beberapa negara di dunia yang tidak pernah dijajah

10 Negara Di Dunia Yang Tidak Pernah Dijajah Dan Lihatlah Sekarang | Siopung | 4.5