5 Negara Termiskin Di Dunia Berdasarkan Data Bank Dunia 2017

Untuk mendapatkan sebuah data tentang negara mana saja yang memiliki ekonomi yang lemah, maka perhitungannya dapat diambil dari pendapatan perkapita penduduknya ( GDP ) . Hal ini sangat lazim dijadikan sebagai sebuah acuan untuk melihat tingkat ekonomi suatu negara . Berdasarkan data Bank Dunia, inilah beberapa negara termiskin di dunia pada tahun 2017 .

1. Malawi

Malawi

Malawi adalah sebuah negara republik yang berada di wilayah daratan Afrika bagian selatan . Negara ini memiliki perbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Tanzania, Zambia, dan Mozambik . Walaupun termasuk dalam negara yang sangat miskin, ternyata negara ini memiliki seorang pemain sepak bola yang bermain di Atletiko Madrid usia muda yaitu Robin Ngalande . Indonesia bagaimana ?

Walaupun sebuah negara dengan pendapatan penduduk perkapita terendah, Malawi merupakan sebuah negara yang sangat indah . Negara ini memiliki sebuah danau yang mengisi seperlima wilayahnya . Bahkan, kata “Malawi” dipercaya berasal dari penduduk asli yang tinggal disepanjang pinggiran danau yang artinya “Menyinari Danau”.

Pendapatan perkapita penduduk dari Malawi adalah $226.50/tahun . Jika dikalkulasikan dengan rupiah 13.500 . Maka penghasilan penduduknya sekitar 3 juta . Ingat, angka ini adalah penghasilan selama satu tahun bukan satu bulan . Masih mau mengeluh dengan gaji anda sekarang ?

2. Burundi

Burundi

Burundi adalah sebuah negara yang berbatasan langsung dengan Rwanda, Tanzania, dan Republik Demokrasi Kongo . Negara ini termasuk kedalam negara di afrika yang memiliki lautan . Perlu anda ketahui, tidak semua negara di afrika memiliki laut .

Negara ini memiliki beragam masalah . Mulai dari politik, perang suku, hingga minimnya sumber daya alam. Negara ini memiliki luas wilayah yang sangat kecil . Walaupun kecil, pemerintahannya sama sekali belum memiliki cara untuk meningkatkan ekonomi negara nya .

Berdasarkan data terbaru dari Bank Dunia, Burundi memiliki pendapatan perkapita $267.10/tahun . Tidak lebih dari 4 juta jika dirupiahkan . Jika dibandingkan dengan kemiskinan di indonesia, ternyata negara ini jauh lebih miskin 400 kali dibandingkan negara kita . Alhamdulillah .

3. Central African Republic

Afrika Tengah

Gambar Wilayah Afrika Tengah

Centra African Republic atau Afrika tengah merupakan sebuah negara yang memiliki perbatan langsung dengan negara Samuel Etoo alias Kamerun . Selain berbatasan langsung dengan kamerun, negara ini juga berbatasan langsung dengan Sudan . Dahulunya, negara ini merupakan bekas jajahan Francis . Hingga mencapai kemerdekaan pada tahun 1960-an .

Berdasarkan data dari Bank Dunia, negara ini memiliki pendapatan perkapita penduduknya sebesar $333.20/ tahun. Atau sekitar 4,5 juta rupiah setiap tahunnya . Dengan uang segitu, apakah kamu bisa bertahan hidup di indonesia selama setahun ? .

4. Niger

Negara Miskin Niger

Niger merupakan sebuah negara republik yang tidak memiliki lautan alias landlocked . Negara ini berada wilayah afrika bagian tengah . Selain itu, niger berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Nigeria, Aljazair, Libya, Mali, dan lain-lain . Ini adalah negara di afrika yang memiliki perbatan wilayah yang sangat banyak .

Oleh sebab itu, negara ini merupakan wilayah yang mudah untuk diserang. Karena memiliki geografis yang tidak menguntungkan . Sejak Niger merdeka , negara ini baru memakai sistem demokrasi dalam pemerintahaannya setelah melakukan kudeta pada tahun 2000 .

Berdasarkan data dari Bank Dunia, Niger memiliki GDP per capita sebanyak $415.40 . Tidak lebih dari 5 juta rupiah pertahun . Hal inilah yang menjadi penyebab banyaknya kerusuhan dan kejahatan di negara ini . Sebagian rakyatnya bahkan hidup didalam garis kelaparan .

5. Liberia

Liberia

Untuk negara yang satu ini, mungkin tidak asing lagi di telinga kita . Liberia adalah sebuah negara dengan sistem pemerintahaan Republik yang berada di pesisir barat Afrika . Negara ini memiliki perbatasan langsung dengan beberapa negara diantaranya adalah Pantai Gading dan Guiniea . Oh iya, Guinea juga termasuk 10 negara termiskin di dunia .

Hal yang paling mendasar yang menyebabkan negara ini memiliki ekonomi yang lemah adalah perang saudara yang berkepanjangan . Pada tahun 1999-2003, negara ini ditinggalkan oleh penduduknya . Dengan banyaknya penduduk yang pergi dari Liberia, otomatis menghancurkan kegiatan ekonomi disana .

Oiya, Baca Juga 10 Negara Di Dunia Yang Tidak Pernah Dijajah Dan Lihatlah Sekarang

 

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh PBB, hampir 90% penduduk Liberia berada dibawah garis kemiskinan . Oleh sebab itu, pemerintahaan yang sekarang sedang berusaha untuk meningkatkan ekonomi negaranya .

5 Negara Termiskin Di Dunia Berdasarkan Data Bank Dunia 2017 | Siopung | 4.5