Ngantuk Setelah Makan? 5 Makanan Ini Mampu Menangkalnya

Cara Mengatasi Ngantuk Setelah Makan

Gambar Ilustrasi Mengkonsumsi Makanan Via Google.co.id

Jika kamu tidak memiliki riwayat keluarga penderita diabetes, kamu pasti bertanya-tanya alasan kamu ngantuk setelah makan. Hal ini terjadi karena makanan yang kamu makan mengandung terlalu banyak glukosa, sehingga menyebabkan lonjakan glukosa dalam darah.

Makanan yang kamu konsumsi mengandung glukosa lebih tinggi dari rata-rata kebutuhan glukosa tubuh. Terlalu banyak kadar glukosa dalam darah tidak akan membuat kamu lebih berenergi, tetapi justru sebaliknya.Tingkat gula darah yang tinggi secara konstan dapat menyebabkan disfungsi insulin dalam tubuh kamu dan akhirnya menyebabkan diabetes.

Oleh karena itu, pastikan gula darah kamu tetap pada tingkat yang sehat setiap saat, kamu akan dapat mengurangi resiko terkena diabetes di hari tua kamu.

Mengapa Gula Darah Yang Tinggi Harus Diwaspadai ?

Sebagai hasil dari makanan kaya karbohidrat dan tidak seimbang, lonjakan gula darah pada orang non-diabetes pada dasarnya dikirimkan oleh pankreas ke overdrive. Ketika gula (dari karbohidrat, minuman manis, atau makanan) pertama menyentuh aliran darah, pankreas melepaskan insulin yang disimpan untuk melawan dan menurunkan kadar glukosa darah.

Jika kamu secara terus-menerus mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, maka pankreas harus membuat lebih banyak insulin. Apabila hal ini terus menerus terjadi pankreas akan stress dan pankreas akan berada pada titik di mana ia tidak bisa membuat lebih banyak insulin dan inilah penyebab orang sehat menjadi diabetes.

Gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Dalam jangka pendek akan menyebabkan kerugian, seperti lesu, kelelahan, haus yang berlebihan, dan buang air kecil yang tidak wajar.
Berikut adalah makanan yang dapat dikonsumsi untuk menstabilkan kadar gula darah Anda

1. Daun hijau

Makanan padat nutrisi dengan kadar kalsium dan vitamin yang tinggi terdapat dalam sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, lobak, sawi, dan paprika adalah beberapa sayuran yang berguna untuk tubuh dan mudah ditemukan. Anda dapat menambahkan sayur-sayuran tersebut pada makanan kamu sehari-hari.

Dapat dikreasikan menjadi salad atau sandwich. Kadar gula yang rendah dalam makanan-makanan tersebut akan membuat kamu lebih berenergi dan gula darah kamu akan tetap konstan.

2. Konsumsi Protein

Sistem pencernaan kita harus bekerja keras untuk memecah baik protein tanpa lemak, seperti ikan, telur, dan ayam. Sedangkan makanan tinggi protein dipecah menjadi asam amino dan juga menjaga produksi insulin agar tetap pada tingkat optimal, menjaga pasokan protein dalam tubuh dapat membuat kamu menjadi energik sepanjang hari dan tingkat gula darah akan tetap stabil.

3. Makanan Kaya Serat

Makanan berserat bereaksi dalam dua cara – pertama, makanan berserat ini membantu kita merasa kenyang lebih cepat, sehingga kita akhirnya makan lebih sedikit. Kedua, makanan berserat akan menambahkan serat untuk usus. Dengan cukupnya asupan serat dalam usus kamu, akan menjaga sistem pencernaan yang sehat dan gula darah pada tingkat yang stabil.

4. Konsumsi Biji-bijian

Biji-bijian adalah karbohidrat kompleks dan memiliki indeks glikemik rendah – yang berarti bahwa makanan ini akan memecah menjadi glukosa atau energi, tubuh harus bekerja keras untuk pemecahnya dan prosesnya lambat. Pemecahan karbohidrat yang lambat ini mengarah kepada slow release glukosa ke dalam aliran darah, dengan demikian tingkat gula darah dalam tubuh akan tetap optimal.

5. Kopi & Kayu Manis

Kopi dapat meningkatkan metabolisme, yang berarti dapat membuat tubuh membakar glukosa darah. Jika kamu sudah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, merupakan ide yang baik apabila setelahnya kamu meminum kopi untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Kayu manis juga memiliki dampak yang sama seperti kopi pada tubuh, dan juga dapat membantu dalam mengurangi trigliserida, serta, kadar kolesterol dalam tubuh.

Oiya, Baca Juga Tanpa Disadari Aktifitas Sederhana Ini Justru Menyehatkan Tubuh

Dengan mengkonsumsi beberapa makanan atau minuman diatas, ngantuk setelah makan tidak akan kamu dapati kembali . Jadi, sudah tahu kan harus bagaimana jika mendapatkan masalah seperti ini? .

Ngantuk Setelah Makan? 5 Makanan Ini Mampu Menangkalnya | Siopung | 4.5